Ini Kelebihan dan Kekurangan Suzuki APV, Apa Saja?

WEFIXCAR.ID – Suzuki APV, mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 silam dan dipersiapkan untuk melanjutkan kesuksesan kendaraan angkutan Suzuki yang sudah sangat melegenda, yakni Carry. Sebagai mobil keluarga yang multifungsi, mobil ini tidak meninggalkan ciri khas dari Carry atau Futura yang identik dengan posisi mesin yang berada di bawah jok depan.

Dengan posisi mesin di bawah jok depan ini, maka ruang kabin dapat berukuran besar, karena panjang mobil tidak didominasi oleh panjangnya kap mesin.

Di balik kap mesin hanya terdapat radiator, kondensor AC, booster rem, dan tempat menaruh dongkrak. Sedangkan mesin tetap berada di kolong mobil. Karena itulah maka mobil ini diberi nama APV, yang merupakan kepanjangan dari “All Purpose Vehicle”. Artinya, kendaraan serba guna.

Lalu, apa saja keunggulan dan kelemahan dari mobil minibus serba guna andalan Suzuki ini?

Berikut kami rangkum apa saja kelebihan dan kekurangan Suzuki APV yang ada di Indonesia dari generasi pertama hingga Luxury.

Kelebihan Suzuki APV

1. Kabin Sangat Luas.

Suzuki APV memiliki bentuk body yang mengotak dan bonet depan pendek, sehingga ruang kabin sangat maksimal dimensinya. Luas dan atapnya juga tinggi, sehingga untuk 8 penumpang tidak terasa sempit.

2. Jok Nyaman.

Busanya empuk dan kain pembungkus joknya juga berbahan beludru halus, sehingga sangat nyaman untuk perjalanan jauh. Ditambah lagi, suspensinya yang nyaman jika isi full penumpang. Namun sedikit keras jika hanya diisi satu atau dua orang.

3. Bertenaga Ketika di Jalan Menanjak.

Suzuki APV menggunakan mesin yang sama dengan Suzuki Carry Futura 1500. Mesin ini sudah terkenal dengan kehandalannya dalam hal kemampuan tenaga mesin untuk jalan yang menanjak (tanjakan) dan mengangkut beban berat.

4. Suspensi Nyaman.

Mulai generasi Arena, yakni tahun 2007 ke atas, suspensi belakangnya lebih nyaman karena sudah menggunakan per keong. Meski begitu, justru di beberapa daerah banyak penggemarnya yang lebih senang menggunakan per daun. Alasannya, karena dapat menganggkut beban lebih berat.

5. Spare part Melimpah.

Spare part Suzuki APV terkenal melimpah hingga ke pelosok daerah. Apalagi untuk spare part mesin sama persis dengan Carry Futura. Jadi harganya murah dan tentu mudah untuk di dapatkan.

Kekurangan Suzuki APV

1. Posisi Duduk Terlalu Tinggi.

Posisi duduk pada mobil ini sangat tinggi. Namun hal ini mungkin bisa menjadi keunggulan atau kelemahan, karena akan ada orang yang senang dan tidak. Tetapi posisi duduk yang tinggi itu akan menyulitkan saat bermanuver pada kecepatan di atas 60 km/jam, karena mobil akan terasa limbung.

2. Minim Fitur Keselamatan.

Belum dilengkapi Airbag, Rem ABS, EBD membuatnya sangat minim fitur keselamatan bagi pengemudi dan penumpangnya.

3. Ban Depan Cepat Aus.

Kelemahan utama yang sudah banyak diketahui pengguna Suzuki APV adalah ban depannya cepat aus, terutama pada sisi bagian dalam. Sudah spooring dan balancing pun tidak menghilangkan gejala tersebut. Solusinya, harus rajin rotasi ban, pindahkan posisi ban depan ke belakang dan sebaliknya agar keausan ban merata.

4. Tidak Sliding Door.

Suzuki APV masih menggunakan pintu model bukaan samping, bukan sliding door. Sehingga kurang memberi keleluasan karena bukaanya lebih terbatas.

5. Bemper Bahan Fiber dan berat pada Luxury.

Khusus untuk Suzuki APV tipe Luxury, bemper depan dan belakang adalah produksi lokal yang terbuat dari fiber, sehingga lebih berat dibandingkan bemper mobil lainnya yang biasa terbuat dari plastik ABS.

Kesimpulan

Dengan penjabaran di atas, maka Anda dapat menilai sendiri apakah mobil Suzuki APV ini memenuhi kriteria kebutuhan atau tidak? Namun yang namanya mobil, tentunya memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan.

Dengan fakta-fakta tersebut, maka Anda pun dapat membandingkan Kelebihan dan Kekurangan Suzuki APV. Mana yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda, silahkan dipertimbangkan dengan cermat.

Dan jangan lupa, jika saat ini mobil kesayangan Anda sedang mengalami kerusakan, dan Anda sedang mencari bengkel terbaik, maka Anda harus datang ke bengkel mobil yang tepat, terpercaya, dan juga aman.

Kami, WEFIXCAR.id, bisa menjadi salah satu jawaban untuk masalah pada mobil Anda yang rusak. Karena kami merupakan bengkel spesialis mesin mobil.

Jadi, jika mobil kesayangan Anda mengalami kerusakan, dan tidak ada jalan lain selain membawanya ke bengkel untuk diperbaiki, maka Anda dapat menyerahkan urusan mobil kesayangan Anda yang rusak tersebut pada kami. Dan Anda akan langsung mendapatkan respon yang cepat dan mudah dari kami.

Anda cukup menunggu di rumah, karena mekanik kami yang akan datang ke lokasi. Memberikan harga terbaik dan pelayanan yang memuaskan.

Silahkan cek saja mobil kesayangan Anda di kami untuk diagnosanya. Free biaya pengecekan, konsultasi, dan estimasi biaya. Kami menangani masalah-masalah mulai dari yang sederhana hingga yang berat. Jaminan biaya termurah!

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Wefixcar