Tak Perlu Ke Salon Mobil, Ini Cara Mengatasi Cat Mobil Yang Berjamur

WEFIXCAR.ID – Menjaga sisi eksterior mobil tentunya menjadi salah satu langkah penting dalam proses perawatan secara rutin yang harus selalu diperhatikan. Sebab, bodi mobil menjadi bagian eksterior yang mencerminkan apakah mobil tersebut dirawat oleh pemiliknya atau tidak.

Bodi mobil yang terlihat bersih dan mengkilap, tentunya akan menambah daya tarik dari aspek penampilan luarnya. Namun, bodi mobil juga bisa bermasalah, seperti tumbuhnya jamur pada bodi mobil. Kondisi seperti ini tentu saja dapat mengurangi pesona tampilan mobil, sehingga diperlukan upaya untuk mengatasi problem tersebut. Karena bila dibiarkan, maka akan memicu berkembangnya jamur dan membuat cat pada bodi mobil akan mengelupas.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga dan merawat kondisi bodi mobil. Nah, berikut ini akan kami bahas terkait cara mengatasi cat mobil yang berjamur.

Mengenai prosesnya, ada beberapa langkah tepat untuk mengatasi cat mobil yang mulai berjamur. Berikut penjelasannya.

1. Gunakan Polishing

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jamur yang muncul di bodi mobil adalah dengan menggunakan polishing. Cara ini ditujukan untuk kondisi jamur yang sudah cukup parah. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, siapkan clay bar untuk membersihkan permukaan cat yang terkena jamur. Tujuannya agar permukaan body mobil tersebut terbebas dari kontaminasi apapun selama proses pengerjaan.
  • Bila bagian permukaan cat dirasa sudah halus, maka Anda bisa memulai untuk prosedur polishing. Untuk proses ini, Anda harus menggunakan compund dan polishing pad. Prosedur ini bisa Anda lakukan di rumah. Anda bisa menggunakan compound dan lap mikrofiber.
  • Jika sudah, oleskan compound pada area cat mobil yang terkena jamur. Usap dengan tekanan yang minim menggunakan turte wax ice paste polist secara rutin setiap 6 bulan sekali.

Namun untuk menerapkan proses ini, Anda harus berhati-hati. Karena jika salah, maka tidak hanya jamur saja yang mengelupas, tetapi cat mobil pun bisa luntur karena salah penerapannya. Atau bila perlu Anda bisa membawa mobil Anda ke salon mobil agar lebih aman.

Penggunaan polishing jika sesuai petunjuk, maka dipastikan akan sangat efektif dalam mengatasi munculnya jamur di bagian permukaan cat mobil Anda.

2. Menggunakan Hidrogen Peroksida

Selain polishing, cairan kimia yang cukup aman untuk digunakan membersihkan cat mobil yang berjamur adalah hidrogen peroksida. Cairan yang memiliki nama kimia H2O2 ini memang dikenal sangat efektif dan sering digunakan dalam berbagai keperluan industri maupun pertanian. Karena di dalam cairan tersebut terdapat oksigen berlebih yang terikat, yang mana bila terkena area yang kering maka akan bereaksi seperti berbuih atau soda.

Nah, untuk penggunaannya sendiri sangat disarankan menggunakan H2O2 yang memiliki kadar 3 persen atau maksimal 6 persen saja. Anda bisa membelinya di Apotek atau toko kimia yang biasa menjual dengan kadar 3 persen saja.

Implementasinya, masukkan cairan H2O2 tersebut ke botol spray. Kemudian semprotkan cairan tersebut tepat di bagian bodi mobil yang terkena jamur tadi. Lalu biarkan sebentar selama kurang lebih 30 detik atau 1 menit saja.

Setelah itu, usap dengan kain kering yang lembut dan bersih. Jika dirasa masih ada jamur yang tertinggal, semprot lagi dengan cairan tersebut sampai benar-benar jamurnya hilang. Jika sudah, usap lagi dengan kain kering untuk menghilangkan bekas jamur yang terkelupas karena kontak dengan cairan Hidrogen Peroksida.

Untuk lebih memaksimalkan, Anda bisa membilasnya dengan air bersih setelah proses pengusapan dengan kain kering tadi. Namun, sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan saat proses. Karena kandungan H2O2 ini jika terkena kulit akan sedikit bereaksi seperti digigit semut.

Cara ini cukup efektif. Sebab, selain proses implementasinya mudah, harga H2O2 pun juga terbilang cukup terjangkau di pasaran. Anda bisa membelinya di Apotek dengan kandungan kadar 3 persen.

3. Menggunakan Alkohol

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jamur yang muncul di bodi mobil adalah dengan memanfaatkan alkohol. Kadar alkohol yang direkomendasikan antara 50 persen hingga 80 persen yang dinilai sangat efektif untuk melepas jamur secara maksimal. Hal tersebut tak lepas dari kandungan alkohol yang memang terbilang efektif untuk menghilangkan jamur pada bodi mobil.

Adapun cara untuk penerapannya juga cukup mudah dan bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah. Caranya adalah :

  • Siapkan terlebih dahulu alkohol, kapas, dan kain halus.
  • Kemudian celupkan kapas ke dalam botol atau alkohol.
  • Lalu gosokkan ke bagian cat mobil yang terkena jamur. Untuk penggosokannya, disarankan dengan gerakan memutar sampai jamur perlahan menghilang atau mengelupas dari cat mobil.

Jika sudah, bersihkan bagian yang digosok tadi dengan kain bersih dan halus tanpa perlu dibilas agar kandungan alkohol terus bertahan untuk membunuh akar-akar jamur yang mungkin saja bisa tumbuh sewaktu-waktu.

4. Menggunakan Air Cuka

Terakhir, Anda juga dapat mencegah atau menghilangkan jamur pada permukaan cat bodi mobil menggunakan air cuka. Karena pada dasarnya air cuka memiliki kandungan asam yang tinggi, sehingga jika terkena jamur maka akan membuat akar jamur pada permukaan cat mobil ikut tercabut bersamaan dengan mengelupasnya jamur tersebut.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengusap air cuka menggunakan kain bersih. Kemudian digosok pada permukaan bodi mobil yang terkena jamur tadi dengan gerakan memutar. Setelah itu, tunggu beberapa detik sampai cuka bereaksi terhadap jamur yang menempel tersebut.

Lakukan sekali lagi sampai jamur pada mobil benar-benar telah hilang. Setelah itu, sebaiknya Anda membilasnya kembali dengan air bersih agar tidak meninggalkan residu pada permukaan cat mobil akibat dari air cuka tadi.

Bagaimana, apakah sudah paham mengenai tips menghilangkan jamur yang muncul pada bodi mobil? Tentu saja cara di atas sangat pas dan ideal untuk Anda lakukan sendiri di rumah. Dimana beberapa solusi di atas sangat efektif untuk mengatasi atau menghilangkan jamur membandel di sisi eksterior mobil.

Nah, kiranya sampai di sini dulu ulasan mengenai cara yang tepat untuk mengatasi cat mobil yang berjamur, untuk Anda lakukan secara mandiri di rumah. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk Anda. Namun untuk mobil yang bermasalah, Anda dapat menghubungi bengkel mobil spesialis terdekat, seperti misalnya Bengkel Mobil Online WEFIXCAR.ID.

Kami merupakan solusi mudah untuk layanan otomotif, yang memungkinkan Anda untuk maintenance dan service ringan, perawatan ringan, tune-up, ganti oli dan aki, hingga bantuan darurat.

Kami juga merupakan bengkel spesialis mesin mobil yang terpercaya dan aman. Ditunjang oleh mekanik yang berpengalaman dan terlatih, serta didukung peralatan yang memadai, kami siap mengatasi masalah pada mobil kesayangan Anda.

Kami sudah berpengalaman untuk berbagai masalah pada mobil Anda yang rusak. Didasari oleh pengalaman inilah kami selalu berusaha untuk mengerti akan kebutuhan para personalia konsumen, menjadi mitra setia, memberikan solusi, dan memberi terobosan baru bagi mitra kerja untuk perawatan mobil.

Kami sudah membuktikan sebagai bengkel mobil paling handal dan terpercaya di Jakarta dan sekitarnya. Kami akan memberikan pelayanan dan perawatan terbaik untuk mobil kesayangan Anda.

Dan sebagai jaminan kualitas kami, serta menjaga kepuasan konsumen, maka kami memberikan garansi untuk semua layanan service mobil Anda.

Adapun salah satu kelebihan yang kami tawarkan di antaranya adalah kemudahan dalam memesan layanan kami. Anda hanya tinggal pesan, dan mekanik kami akan datang. Anda akan langsung mendapatkan respon yang cepat dan mudah dari kami. Anda cukup menunggu di rumah, karena mekanik kami yang akan datang ke lokasi Anda. Memberikan harga terbaik dan pelayanan yang memuaskan.

Jadi, jika mobil kesayangan Anda mengalami kerusakan, dan tidak ada jalan lain selain membawanya ke bengkel untuk diperbaiki, maka Anda dapat menyerahkan urusan mobil kesayangan Anda yang rusak tersebut pada kami, dan mobil Anda akan ditangani oleh tenaga-tenaga profesional di bidangnya.

Kami selalu berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik demi kepuasan pelanggan kami, baik yang datang dari Jakarta maupun luar Jakarta.

Dan untuk dapat menikmati layanan dari kami, Anda bisa langsung menghubungi kami di sini. Lalu dilanjutkan dengan memberitahu jenis kendaraan Anda, layanan yang dibutuhkan, dan lokasi serta waktu pengerjaan layanan.

Silahkan cek saja mobil kesayangan Anda di kami untuk diagnosanya. Free biaya pengecekan, konsultasi, dan estimasi biaya. Kami menangani masalah-masalah mulai dari yang sederhana hingga yang berat. Jaminan biaya termurah!

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Wefixcar