3 Jenis Ban Mobil Yang Wajib Anda Ketahui

WEFIXCAR.ID – Seperti kita ketahui, ban menjadi komponen paling vital dalam sistem penggerak mobil. Jika ban yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi mobil atau medan yang dilalui, maka tentunya mobil akan mendapatkan kendala selama perjalanan.

Oleh sebab itu, Anda wajib mengetahui jenis-jenis ban agar tidak salah pilih. Karena jika Anda sampai salah memilih ban itu ibarat salah memilih kostum. Nah, berikut ini adalah tiga jenis ban yang wajib Anda ketahui. Apa saja? Mari simak selengkapnya.

1. Ban Bias

Ban bias menjadi yang sering digunakan pada kebanyakan mobil sekarang ini. Maka tak heran bila ban bias menjadi salah satu jenis ban mobil terbaik karena terbuat dari lembaran cord yang digunakan pada rangka ban tersebut.

Ketika bersentuhan dengan aspal, maka panas yang dihasilkan akan terpusat di bagian tengah ban. Hal ini karena ban akan tertekan ke arah depan dan belakang saat bersentuhan dengan jalanan.

2. Ban Radial

Selanjutnya, ban radial menjadi salah satu ban mobil yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Ban jenis ini memiliki ciri khas, dimana lapisan seratnya yang menyilang pada lingkar ban. Fungsi dari ban ini adalah untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi selama berkendara.

Ban radial sendiri memang dirancang untuk kendaraan berpenumpang dan truk yang ringan. Namun, ban jenis ini tidak cocok bila digunakan pada truk-truk berat seperti tronton, karena tidak akan kuat menahan bebannya.

3. Ban Tubeless

Terakhir adalah ban tubeless. Ya, ban jenis ini sangat digemari oleh banyak orang karena memiliki ketahanan udara yang baik, sehingga ban tidak akan mudah kempes.

Daya tahan pada ban ini disebabkan oleh cairan anti bocor yang ditambahkan saat ban pertama kali dipasangkan pada kendaraan tersebut. Bahkan saat ban tubeless tertusuk kerikil atau paku seklaipun, ban tersebut tidak akan langusng kempes seketika.

Kapan Ban Mobil Harus Diganti?

Lalu yang menjadi pertanyaannya adalah, kapan ban harus diganti? Dan berapa umur pakai ban yang ideal? Apa ciri-ciri ban yang sudah harus diganti? Apakah ban boleh terus digunakan hingga kembangnya benar-benar habis?

Mengingat ban adalah komponen yang berhubungan langsung dengan jalan, berikut kami bagikan dari berbagai sumber, ciri-ciri ban yang sudah harus diganti.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Wefixcar