Biaya Cat Mobil Full Body di Bengkel Resmi VS Bengkel Umum, Mana Lebih Mahal?

WEFIXCAR.ID – Berapa biaya cat mobil full body? Pertanyaan ini kerap terlontar dari para pemilik mobil lawas atau bagi mereka yang ingin melakukan perbaikan pasca terjadi kecelakaan. Sejatinya, biaya cat mobil full body bisa disesuaikan dengan biaya yang Anda miliki, asalkan Anda cermat dalam memilih jasa pengecatan.

Umumnya, pengecatan mobil bisa dilakukan di bengkel resmi maupun bengkel umum. Dua pilihan bengkel ini menawarkan harga cat mobil yang tentunya berbeda.

Masih banyak pemilik mobil yang beranggapan bahwa dengan mengecat ulang kendaraan lawasnya, maka dapat mengembalikan warna mobil yang sudah usang dan sulit direstorasi. Alasan lainnya yang mendorong pemilik mobil mengecat ulang adalah, juga bisa disebabkan oleh goresan yang cukup dalam karena terserempet.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan cat full body mobil, kini bisa memilih menggunakan jasa bengkel resmi ataupun umum. Untuk biaya cat full body mobil sendiri biasanya berbeda-beda antara bengkel resmi dan bengkel umum.

Bagi Anda yang ingin melakukan cat full body mobil, alangkah baiknya sebelum Anda yang melakukan cat full body mobil untuk memastikan dahulu kualitas pengerjaan dan harga yang ditawarkan bengkel cat mobil pilihan Anda. Carilah bengkel yang memberikan jaminan kualitas, namun dengan harga yang terjangkau.

Untuk memastikan bengkel pengecatan mana yang memiliki kualitas yang baik, tidak ada salahnya bila Anda mencari referensi dari teman atau kerabat yang menggunakan asuransi mobil mengenai kualitas bengkel yang pernah digunakan.

Sebagai gambaran untuk Anda, biasanya harga mengikuti kerusakan ataupun seberapa luas body mobil yang akan di cat kembali. Untuk biaya cat mobil full body, tentunya akan cenderung lebih mahal.

Namun, yang tidak kalah penting dalam memilih bengkel body repair adalah, jangan melihat dari kondisi bengkelnya yang sederhana. Karena tidak jarang, asuransi mobil justru bekerja sama dengan body repair non resmi untuk menekan harga perbaikan.

Meski dipatok harga yang murah, terkadang garapan bengkel body repair yang terlihat sederhana tersebut memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan kualitas bengkel resmi.

Pertimbangan Sebelum Cat Full Body Mobil

Pertimbangan lain yang perlu diperhatikan, selain biaya cat mobil full body, adalah penggunaan bahan yang digunakan. Bengkel cat yang memiliki fasilitas lengkap, maka proses pengerjaannya tentu lebih baik. Pengeringan dengan ruang oven juga lebih sempurna dibanding yang hanya dijemur di bawah panas Matahari.

Biasanya, bengkel body repair menggunakan cat merek DuPont untuk standarnya, atau yang juga dikenal dengan cat Duco yang berasal dari DuPont Corporation dan juga merek Nippon Paint.

Nah, bagi Anda yang ingin kualitas cat mobil yang lebih baik, bisa memilih cat mobil berkualitas diantaranya yaitu Stansdoke, Spies Hecker, dan Sikkens. Namun, harga yang ditawarkannya jelas berbeda, dan biasanya lebih mahal.

Selanjutnya, untuk pengerjaan cat mobil di bengkel resmi, tentu sudah mengikuti standar pabrikan, baik dari bahan atau cara pengerjaan. Pengerjaannya pun kini bisa lebih cepat, dengan memakan waktu sekitar 8 jam. Lamanya waktu pengerjaan ini bisa dianggap seharian, kurang lebih hampir mirip seperti bengkel cat umum.

Kendalanya, kalau memanfaatkan layanan bengkel resmi adalah panjangnya antrian mobil yang akan melakukan perbaikan body. Dimana pemilik mobil banyak yang mengajukan klaim perbaikan ke pihak asuransi dengan memperbaiki kerusakan di bengkel resmi. Jaminan warna cat garapan bengkel resmi akan sama dengan bawaan asli mobil.

Selain itu, bengkel perbaikan bodi dan cat yang resmi, punya formula dan bahan yang sesuai standar pabrikan. Mereka bisa melakukan oplosan untuk warna dan bahan cat yang tepat. Dan hal itu belum tentu Anda dapatkan dari bengkel cat umum.

Harga Cat Mobil Full Body

Umumnya, biaya cat mobil full body cukup beragam. Proses pengecatan full body di bengkel umum biasanya mengandalkan metode cat oven atau dijemur biasa di bawah terik Matahari.

Sekedar informasi, dalam menentukan bengkel body repair, apalagi bagi Anda yang ingin melakukan pengecatan full body, maka pilihlah bengkel cat mobil yang menyediakan opsi cat yang berkualitas bagus. Dalam hal ini, Anda perlu lebih teliti dalam memilih bengkel cat mobil, dan jangan tergiur dengan banderol yang murah. Karena ditakutkan Anda akan mendapatkan hasil pengecatan yang belang, karena hanya mengejar harga murah dan cepat selesai.

Nah, daripada penasaran, berikut kami berikan gambaran mengenai biaya cat mobil full body di bengkel resmi dan juga bengkel umum.

Biaya Cat Mobil Full Body di Bengkel Resmi

Jika Anda memanfaatkan layanan body repair di bengkel resmi, maka harganya cenderung sedikit lebih mahal. Sebagai contoh layanan body repair di Auto 2000 selaku main dealer Toyota di Indonesia. Di sana biasanya mematok harga mulai dari Rp 7 juta untuk pengecatan mobil kecil seperti Toyota Agya.

Sementara untuk biaya pengecatan mobil besar seperti Toyota Fortuner dan lainnya, maka biaya yang diperlukan bisa mencapai Rp 17 jutaan.

Biaya Cat Mobil Full Body di Bengkel Umum

Menurut hasil penelusuran kami, biaya untuk cat mobil full body di bengkel umum dipatok mulai dari harga Rp 4 jutaan. Tergantung dari penggunaan cat yang digunakan. Sebagai contoh, pengecatan full body dengan bahan Blinken, Apsara, DuPont, Nippon Paint, harganya mulai dari Rp 4.000.000. Tergantung pada kondisi body dan pilihan warna.

Sementara jika menggunakan bahan cat Spies Hecker atau Sikkens, maka harga yang dipatok mulai dari Rp 6,5 juta hingga Rp 9 juta. Kembali lagi, harga tersebut tergantung besar body dan pilihan warna.

Jadi bagaimana, sekarang sudah ada gambaran pasti mengenai biaya cat mobil full body? Harga tersebut hanya sebatas biaya pengecatan saja. Dan kalau ditambah dengan body repair, dengan kondisi yang lebih parah, maka banderolnya akan semakin mahal.

Jadi, sebaiknya Anda lebih cermat dalam memilih bengkel yang cocok dengan budget dan dekat dari rumah Anda. Jika Anda ingin memanfaatkan bengkel umum, maka carilah referensi yang pernah menggunakan jasanya terlebih dahulu. Tidak ada salahnya juga bila Anda menggali informasi dari review di google maps atau forum otomotif soal bengkel tersebut.

Biasanya, usia bengkel juga turut mempengaruhi kualitas yang diberikan. Pasalnya, semakin lama usia bengkel, maka akan semakin banyak pula pengalaman teknik pengecatan, dan juga biasanya punya pelanggan tetap.

Nah, bagi Anda pengguna mobil, sebaiknya rutin mengecek kondisi kendaraan Anda, dan tidak harus menunggu sampai kendaraan rusak. Jika perlu, lakukan perawatan secara berkala meski tidak terasa ada masalah, demi melakukan tindakan pencegahan dari masalah secara dini.

Apabila mobil Anda bermasalah atau rusak, maka Anda dapat menghubungi bengkel mobil spesialis terdekat. Salah satunya adalah Bengkel Mobil Online WEFIXCAR.ID. Kami merupakan solusi mudah untuk layanan otomotif, yang memungkinkan Anda untuk maintenance dan service ringan, perawatan ringan, tune-up, ganti oli dan aki, hingga bantuan darurat.

Kami adalah bengkel spesialis mesin mobil yang terpercaya dan aman. Ditunjang oleh mekanik yang berpengalaman dan terlatih, serta didukung peralatan yang memadai, kami siap mengatasi masalah pada mobil kesayangan Anda.

Kami juga sudah berpengalaman untuk berbagai masalah pada mobil Anda yang rusak. Didasari oleh pengalaman inilah kami selalu berusaha untuk mengerti akan kebutuhan para personalia konsumen, menjadi mitra setia, memberikan solusi, dan memberi terobosan baru bagi mitra kerja untuk perawatan mobil. Kami akan memberikan pelayanan dan perawatan terbaik untuk mobil kesayangan Anda.

Jadi, jika mobil kesayangan Anda mengalami kerusakan, dan tidak ada jalan lain selain membawanya ke bengkel untuk diperbaiki, maka Anda dapat menyerahkan urusan mobil kesayangan Anda yang rusak tersebut kepada kami, dan mobil Anda pun kami jamin akan ditangani oleh tenaga-tenaga profesional di bidangnya.

Kami sudah membuktikannya sebagai Bengkel Mobil Online paling handal dan terpercaya, khususnya di Jakarta dan sekitarnya. Dan sebagai jaminan kualitas kami, serta menjaga kepuasan konsumen, maka kami memberikan garansi untuk semua layanan service mobil Anda.

Salah satu kelebihan yang kami tawarkan di antaranya adalah kemudahan dalam memesan layanan kami. Jadi, Anda hanya tinggal pesan dan cukup menunggu di rumah, karena mekanik kami akan datang. Dan Anda pun akan langsung mendapatkan respon yang cepat dan mudah dari kami. Memberikan harga terbaik dan pelayanan yang memuaskan.

Dan untuk dapat menikmati layanan dari kami, Anda bisa langsung menghubungi kami DI SINI. Lalu dilanjutkan dengan memberitahu jenis kendaraan Anda, layanan yang dibutuhkan, dan lokasi serta waktu pengerjaan layanan.

Silahkan cek saja mobil kesayangan Anda di Bengkel Mobil Online kami untuk diagnosanya. Free biaya pengecekan, konsultasi, dan estimasi biaya. Kami menangani masalah-masalah mulai dari yang sederhana hingga yang berat. Jaminan biaya termurah!

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Wefixcar