WEFIXCAR – Pada dasarnya, ban pada mobil berfungsi sebagai “sepatu” yang melindungi velg dari getaran jalan, sehingga pengguna mobil dapat berkendara dengan terasa halus tanpa ada getaran. Meski demikian, ban juga dapat aus. Penyebabnya adalah, tentu saja karena ban selalu bergesekan dengan jalan. Dan yang sering terjadi, dari bentuk keausan ban mobil ini juga kadang-kadang tidak merata. Misalnya, ban yang habis atau aus hanya pada satu sisi saja.
Pola keausan dari ban sendiri bisa menunjukan sebuah permasalahan. Dilansir dari bridgestonetire.com, Selasa (23/3/2021), ban yang habis sebelah ini bisa disebabkan oleh sudut camber yang terlalu besar.
Sudut camber sendiri adalah sudut kemiringan roda apabila dilihat dari bagian depan mobil. Ada dua macam sudut camber, yakni :
- Camber positif, bagian sisi atas roda lebih menonjol keluar dibandingkan sisi bawah roda.
- Camber negatif, bagian sisi bawah roda lebih menonjol keluar dibandingkan sisi atas roda.
Kedua camber ini sama-sama dapat membuat ban botak sebelah apabila sudutnya berlebihan. Definisi sudut camber yang terlalu besar ini adalah kemiringan roda yang terlalu berlebihan, sehingga permukaan yang tertekan menjadi tumpuan hanya sebagian saja. Inilah yang membuat bagian sebelah ban menjadi lebih cepat aus.
Apabila keausan ban berada pada sisi dalam, itu tandanya negatif camber terlalu besar. Sementara kalau keausan ban berada pada sisi luar, itu tandanya positif camber terlalu besar.
Sekarang, apa yang menyebabkan sudut camber terlalu besar? Bukankah sudut camber sudah di set secara fixed dari pabrikan?
Memang benar, sudut camber sudah di-setting tetap oleh pabrikan. Namun, beberapa kondisi di bawah ini dapat menyebabkan perubahan sudut camber.
1. Mobil Sering Membawa Beban Lebih
Khusus untuk mobil dengan sistem suspensi MachPerson, sudut camber dapat berubah-ubah sesuai jarak mobil ke tanah. Mengapa? Karena seperti itulah tipikal suspensi MachPerson, semakin rendah jarak mobil dengan tanah maka camber akan semakin negatif.
Dan salah satu hal yang membuat mobil semakin rendah karena faktor beban di dalam mobil yang berlebihan. Akibatnya, roda akan terlihat miring apabila dilihat dari depan mobil dengan bagian dalam ban menjadi tumpuan, sehingga ban bagian dalam yang akan cepat botak.
2. Spring
Per atau spring kadang sering menjadi objek modifikasi bagi sebagian orang. Misalnya, untuk membuat mobil semakin ceper, biasanya dilakukan dengan memotong coil spring. Namun imbasnya, sudut camber akan berubah menjadi semakin negatif, kecuali sistem susensi double wishbone.
Selain karena faktor modifkasi, per yang sudah lemah juga bisa menjadi penyebab mengapa negatif camber pada roda depan mobil semakin besar.
Biasanya, hal ini terjadi karena ada gejala lain seperti bunyi gemuruh pada roda depan, guncangan mobil yang berlebih saat dikendarai dan steer yang biasanya belok sendiri ke salah satu arah.
3. Busing Shock Depan
Fungsi bushing adalah sebagai peredam antara lengan suspensi (dalam hal ini shock absorber) dengan body mobil. Sehingga getaran dari lengan shock absorber bisa diredam dan tidak merambat ke body mobil.
Namun, saat bushing ini rusak, maka akan mendorong sedikit shock absorber ke atas. Sehingga sudut camber akan sedikit lebih negatif. Inilah yang membuat ban mobil menjadi cepat aus sebelah.
Gejalanya juga hampir sama seperti per yang lemah. Untuk mengecek kondisi bushing ini, maka Anda perlu melihatnya secara langsung pada ujung atas shock absorber depan.
Kesimpulannya, ban yang aus atau botak sebelah itu bisa mengindikasikan adanya masalah pada sistem suspensi mobil. Ketika Anda mendeteksi salah satu ban depan mobil yang aus sebelah, maka segera lakukan pengecekan sistem suspensi pada roda tersebut.
Dan setelah suspensi beres, maka Anda harus melakukan rotasi ban agar ban depan kembali seimbang.
Itulah sedikit penjelasan mengenai penyebab ban aus atau botak sebelah. Nah, jika saat ini mobil Anda sedang mengalami kerusakan, dan Anda sedang mencari bengkel mobil, maka sangat kami sarankan bagi Anda untuk memahami kerusakannya terlebih dahulu sebelum membawa mobil Anda ke bengkel.
Namun, untuk mendapatkan bengkel mobil yang terbaik, maka Anda harus datang ke bengkel mobil yang tepat, terpercaya, dan juga aman.
Kami, WEFIXCAR.id, bisa menjadi salah satu jawaban untuk masalah pada mobil Anda yang rusak. Karena kami merupakan bengkel spesialis mesin mobil.
Jadi, jika mobil kesayangan Anda mengalami kerusakan, dan tidak ada jalan lain selain membawanya ke bengkel untuk diperbaiki, maka Anda dapat menyerahkan urusan mobil kesayangan Anda yang rusak tersebut pada kami. Dan Anda akan langsung mendapatkan respon yang cepat dan mudah dari kami.
Anda cukup menunggu di rumah, karena mekanik kami yang akan datang ke lokasi. Memberikan harga terbaik dan pelayanan yang memuaskan.
Silahkan cek saja mobil kesayangan Anda di kami untuk diagnosanya. Free biaya pengecekan, konsultasi, dan estimasi biaya. Kami menangani masalah-masalah mulai dari yang sederhana hingga yang berat. Jaminan biaya termurah!