Bengkel Mobil Matic Spesialis, Resmi atau Umum, Mana Yang Lebih Baik?

 “Bengkel mobil matic spesialis”, “bengkel resmi (ATPM)” atau “bengkel umum”, mana yang lebih baik? Pertanyaan ini tentu saja sangat sering diajukan oleh para pemilik mobil matic.

Menjawab pertanyaan ini harus dilakukan dengan berhati-hati, karena kalau salah tulis, bisa-bisa saya dituduh tidak etis, karena mengurusi “dapur” orang lain. Saya akan berusaha se-objective mungkin dan menampilkan fakta-fakta apa adanya. Pada akhirnya, keputusan akhir tentu saja berada di tangan para pembaca. Ulasan dalam artikel ini hanya memberikan kisi-kisi atau hal-hal pokok yang perlu dipertimbangkan untuk mengambil keputusan.

Pengetahuan ini penting diberikan mengingat konsumen masih sering latah dalam menentukan pilihan bengkel mobil matic, mudah dibodohi dan ditakut-takuti, mudah khawatir, mudah dihasut dan mudah percaya penjelasan orang lain sekalipun tidak tahu kebenarannya.

Mari kita lihat 8 perbedaan mendasar antara bengkel mobil spesialis matic, bengkel resmi (ATPM), dan bengkel umum.

1. Status Bengkel

Dari namanya jelas terlihat, “bengkel spesialis”, “bengkel resmi (ATPM)”, dan “bengkel umum”, memiliki “status” yang berbeda..

“Bengkel resmi” boleh dibilang bengkel yang memiliki hubungan resmi dengan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek), baik dalam kerjasama penjualan mobil, sparepart maupun layanan jasa.

Istilah “Resmi” pada “Bengkel Resmi” sebenarnya tidak terkait aspek legal. Pada dasarnya, semua bengkel mobil baik yang spesialis, resmi, atau umum, sepanjang memenuhi persyaratan dalam UU, semuanya sah di mata hukum dan menurut UU yang berlaku di Indonesia.

Lalu apakah dengan label resmi pada bengkel ATPM, menjamin kualitas perbaikan mobil matic di bengkel resmi lebih baik daripada bengkel mobil matic spesialis atau umum? Jawabannya belum tentu!

Karena kualitas bengkel mobil matic tidak bergantung pada hubungan bengkel dengan ATPM, tapi pada kemampuan diagnosa teknisi ahli dan kemampuan mengeksekusi perbaikan oleh mekanik masing-masing bengkel.

2. Kapasitas Teknisi Ahli & Mekanik

Kapasitas atau kemampuan teknisi ahli dan mekanik di bengkel resmi boleh jadi sama dalam memperbaiki mobil, lebih tinggi atau mungkin juga lebih rendah dibanding bengkel umum. Tergantung pada kemauan teknisi ahli dan mekaniknya untuk belajar.

Namun, kapasitas dan kemampuan teknisi ahli dan mekanik bengkel spesialis sudah pasti lebih baik dibanding teknisi ahli dan mekanik di bengkel resmi/ATPM atau bengkel umum.

Dalilnya sederhana. Pertama, karena teknisi ahli dan mekanik bengkel spesialis khusus mendedikasikan segenap pengetahuan dan kemampuannya pada jenis mobil atau bagian mobil tertentu saja yang dilakukan setiap saat, setiap hari sepanjang hidupnya.

Kedua, kalau teknisi ahli dan mekanik bengkel resmi punya kapasitas dan kemampuan yang baik, secara naluriah dia akan meninggalkan pekerjaan di bengkel resmi dan akan membuka bengkel sendiri. Meski begitu, keterbatasan modal terkadang menjadi kendala.

3. Standar Prosedur Kerja

Bengkel resmi umumnya memiliki standar prosedur kerja (SOP) yang ditetapkan oleh perusahaan. Para mekanik bekerja sesuai SOP dan dalam pengawasan supervisor. 

SOP diperlukan untuk mengontrol pekerjaan mekanik agar sesuai dengan standar baku pengerjaan perbaikan mobil matic.

Meski begitu bukan berarti dengan adanya SOP, perbaikan mobil matic selalu berhasil dilakukan dengan baik. Karena berhasil atau tidaknya perbaikan mobil matic dan transmisi otomatis tergantung pada kapasitas teknisi ahli dan mekanik. Tidak bergantung pada cara memperbaiki, tapi ketepatan dalam diagnosa dan perbaikan.

Pada bengkel umum, SOP yang formal umumnya tidak ada. Meski begitu mereka punya “kebiasaan” sendiri dalam perbaikan mobil yang diterapkan.

Bagaimana dengan bengkel spesialis? Umumnya bengkel spesialis bekerja dengan passion. Passion merupakan keunggulan dari bengkel mobil matic spesialis. Seringkali passion lebih dari sekadar SOP, karena passion lahir dari dalam hati, bukan dari sederet aturan.

4. Tools

Tools di bengkel resmi biasanya lebih lengkap dibanding bengkel umum, tapi peralatan di bengkel spesialis untuk perbaikan unit atau komponen tertentu pada mobil matic lebih lengkap dibanding bengkel resmi maupun umum. 

Bengkel spesialis mempunya alat-alat yang lengkap untuk mendukung kerja spesialisnya, yang belum tentu dimiliki oleh bengkel resmi dan umum.

Karena bengkel spesialis mendedikasikan perbaikan mobil tertentu atau bagian tertentu saja, yang sudah sangat dikuasai.

5. Sparepart

Komponen atau sparepart yang dipakai untuk penggantian di bengkel resmi/ATPM, bengkel umum, maupun bengkel spesialis, pada prinsipnya sama. 

Bengkel resmi selalu menggunakan sparepart asli/OEM untuk mendukung unit penjualan dan produksi sparepart mereka. Mereka tidak mau menggunakan sparepart KW/aftermarket. Karena penjualan sparepart bagian dari bisnis bengkel resmi yang juga nota bene adalah bisnis mereka juga..

Bengkel umum bisa menggunakan sparepart asli maupun KW, tergantung permintaan konsumen. Kalau konsumen minta diganti sparepart asli, diberi yang asli, begitu pula kalau minta sparepart KW.

Di bengkel spesialis, penggunaan sparepart biasanya yang asli. Namun dalam beberapa kasus disesuaikan dengan permintaan konsumen, tergantung kebutuhan dan isi kantong konsumen. Kalau konsumen minta ganti asli, diberi yang asli. Minta yang KW diberikan KW.

Bagaimana dengan harganya? Harga sparepart di bengkel resmi secara umum lebih mahal dibanding sparepart yang disediakan bengkel umum atau spesialis, maupun yang beli dari toko atau distributor.

Lebih mahalnya harga sparepart di bengkel resmi sebenarnya sangat wajar, karena untuk menutup biaya operasional yang besar, gaji pegawai yang lebih banyak dan sesuai bidang, serta biaya lembur dan sebagainya. Belum lagi kewajiban pajak. Bandingkan saja harga sparepart asli/OEM di bengkel resmi dengan harga jual di toko atau distributor sparepart, pasti sangat jauh.

Sebagai gambarn harga sparepart di bengkel resmi bisa lebih mahal Rp 200.000 – Rp 500.000 dibanding harga sparepart di distributor atau toko sparepart.

6. Biaya Jasa

Struktur biaya perbaikan mobil matic di bengkel resmi, berbeda dengan bengkel umum atau spesialis. Di bengkel resmi ongkos perbaikannya jauh lebih mahal, bisa satu setengah atau dua kali lipat lebih mahal dibanding bengkel spesialis dan umum, karena kebutuhan biaya operasionalnya yang juga besar. Juga modal usaha yang dikeluarkan jauh lebih besar. 

Misalnya, gaji karyawan yang harus di atas UMR. Berbeda dengan bengkel umum atau spesialis yang gaji karyawannya hanya sesuai kesepakatan saja.

Belum lagi tambahan pajak atas pekerjaan jasa di bengkel resmi. Di bengkel umum atau spesialis, karena statusnya UMKM, selama pendapatan atau omset belum mencapai Rp 4,8 miliar per tahun, pengenaan pajak hanya 1 persen dari omset. Dengan begitu biaya perbaikan yang dibebankan ke konsumen juga lebih rendah.

7. Garansi

Garansi perbaikan mobil matic diberikan baik di bengkel resmi maupun spesialis, untuk jenis perbaikan dan penggantian komponen tertentu. Di bengkel umum, umumnya tidak mengenal garansi, meski ada juga yang memberlakukan. 

Lama atau singkatnya masa berlaku garansi berbeda antar bengkel spesialis, maupun antar bengkel resmi dan antara bengkel spesialis dan resmi. Konsumen tinggal memilih mana yang sesuai. Tentunya garansi terkait erat dengan biaya jasa perbaikan.

Biaya jasa dan harga komponen yang lebih mahal, umumnya berbanding lurus dengan lama masa garansi yang diberikan.

8. Fasilitas Ruang Tunggu

Pada bengkel resmi, fasilitas ruang tunggu, mini bar, cafe umumnya tersedia dengan kualitas yang baik, sebaliknya pada bengkel umum atau spesialis, fasilitas tambahan biasanya seadanya, atau bahkan tidak ada sama sekali. 

Namun di sisi lain, interaksi antara konsumen dengan teknisi ahli, mekanik dan owner bisa terjalin dengan lebih baik. Segala keluhan mobil bisa langsung disampaikan pada teknisi ahlinya tanpa ada perantara, sehingga pemilik mobil bisa curhat dengan bebas dan leluasa.

 

Nah itulah 8 perbedaan antara bengkel mobil matic spesialis, bengkel umum dan bengkel resmi. Tentunya kini sepenuhnya terserah Anda untuk memilih bengkel yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Bila Anda membutuhkan konsultasi gratis terkait dengan segala macam masalah kerusakan matic, anda bisa menghubungi CS kami di nomor: 082114320273, atau silahkan kunjungi www.wefixcar.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Wefixcar