
WEFIXCAR.ID – Seperti diketahui, biasanya kerusakan pada sistem power steering mobil memang sulit untuk dideteksi. Mengapa? Karena memang ada banyak komponen pada sistem power steering ini, sehingga ketika terjadi masalah pada salah satu komponennya, maka gejalanya juga akan sama-sama bunyi.
Itulah sebabnya mengapa banyak deteksi power steering yang keliru. Akibatnya, sudah keluar banyak biaya dan waktu namun masalah masih belum juga hilang.
Nah, Anda bisa mengetahui lebih detail tentang komponen power steering di sini agar Anda bisa mengerti tentang masalah yang kira-kira ada pada mobil Anda. Di bawah ini akan kami jelaskan secara rinci tentang bagaimana cara mendeteksi tiap-tiap komponen pada power steering apabila terjadi masalah.
Mengapa Power Steering Bunyi?
Power steering dibuat untuk meringankan kemudi mobil. Terdapat dua jenis power steering, yakni power steering hidrolik yang masih menggunakan pompa dan EPS (Elektrik Power Steering) yang sudah menggunakan motor listrik.
Namun jenis yang sering mengalami kerusakan (seperti terdengar bunyi-bunyian) adalah power steering jenis pompa. Penyebabnya? Bisa jadi dari komponen berikut ini.
1. Pompa Power Steering
Pompa power steering berfungsi sebagai sumber daya utama dari power steering. Pompa ini akan memompa oli power steering, dan oli ini yang bertekanan digunakan untuk mendorong rack steer ke arah kemudi yang dikehendaki.
Apabila ada bunyi, terutama bunyi dengung, saat setir belok patah itu condong ke pompa power steering-nya, biasanya kerusakan ini ada di bagian pulley dan poros pompa yang oblak.
Meski begitu, Anda perlu sedikit teliti, sebab ada beberapa mobil yang tetap normal meski setir dimentokan ke kanan dan kiri ada bunyi dengung. Bunyi itu hanya muncul saat setir ditahan pada posisi mentok. Jika bunyinya muncul saat setir diputar (belum mentok) padahal sebelumnya tidak berbunyi, maka itu baru masalah.
Nah, untuk mendeteksi pompa ini, ada dua cara yang umum :
Pertama, dengan menggoyangkan pulley pompa. Untuk cara ini, Anda perlu melepas drive belt yang mengaitkan pulley pompa. Kalau oblak, itu berarti pompa sudah rusak.
Kedua, dalam posisi setir dibelok-belokan Anda bisa mendengar bunyinya dengan menggunakan bantuan detektor. Anda bisa menggunakan obeng magnet sebagai detektor. Caranya, tinggal tempelkan ujung obeng magnet ke frame di dekat poros pompa dan tempelkan handle obeng ke telinga Anda. Bunyinya akan sangat terdengar, khususnya saat setir dibelak-belokan.
Satu-satunya solusi untuk kerusakan pompa power steering ini adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Untuk biaya ganti sendiri tergantung merk mobil Anda, namun biasanya sekitar Rp 2 juta untuk yang ori/ asli.
2. Boot Steering Rack Sobek
Boot steering rack adalah karet pelindung joint antara long tie rod dan steering rack. Karet ini berfungsi untuk melindungi ball joint dari debu dan kotoran. Selain itu, juga untuk menjaga agar pelumas pada ball joint tidak bocor.
Masalahnya, kalau karet ini sobek, maka otomatis ball joint akan kemasukan kotoran, dan pelumasnya juga bocor. Sehingga menimbulkan bunyi gesekan ketika setir mobil Anda dibelokan.
3. Selang High Pressure Rusak
Selang high pressure ini akan mengalirkan oli power steering bertekanan tinggi dari pompa ke rack steer. Karena di dalam selang ini terdapat fluida bertekanan, maka kondisi selang juga harus tetap prima.
Ketika ada kerusakan atau kondisi fisik selang sudah aus, maka akan menimbulkan gejala seperti bunyi. Biasanya selang yang lembek atau juga sudah tidak bagus, sehingga perlu diganti dengan yang baru.
Nah, untuk mendeteksinya, coba perhatikan fisik selang high pressure ini. Jika kondisi selang cukup lembek, maka itu artinya selang perlu diganti dengan yang baru.
Cek juga saat dalam posisi mesin nyala sambil setir dibelok-belokan. Biasanya, selang ini juga akan ikut bergetar. Jika selang high pressure ini sampai bergetar saat power steering beroperasi, maka itu artinya harus diganti dengan yang baru.
4. Oli Power Steering Bocor/ Kurang
Oli power steering tidak hanya berfungsi sebagai pelumas saja, tetapi juga sebagai fluida hidrolik yang akan mentransfer tenaga dari pompa ke rack steer. Jika olinya kurang, maka akan menyebabkan sistem steering “masuk angin”, sehingga dapat menyebabkan setir sedikit berat dan ada bunyi kasar saat setir dibelokan.
Selain itu, ketika Anda membuka reservoir oli power steering, maka akan muncul banyak gelembung.
Nah, dalam posisi mesin OFF, cek ketinggian oli power steering. Namun, biasanya tanpa membuka tutup reservoir pun seduah terlihat, karena reservoir ini sedikit transparan. Jika olinya kurang, jangan buru-buru mengisinya, tetapi cek apakah ada yang bocor atau tidak.
Terlebih lagi, jika Anda sering menemui ceceran fluida berwarna merah setiap pagi di kolong mobil, maka hal itu bisa jadi tanda-tanda ada kebocoran. Solusinya, benahi dulu mana yang bocor, kemudian baru isi oli power steering sampai di level maksimal.
5. Long Tie Rod Lemah
Long tie rod adalah batang yang menghubungkan ujung rack steer dengan bagian knucle arm pada roda. Di sini terdapat sebuah ball joint untuk memungkinkan setir bisa digerak-gerakan pada segala sudut. Nah, ketika ball joint ini oblak atau lemah, maka akan terdengar bunyi kletek-kletek saat setir dibelokan.
Untuk mengecek kondisi long tie rod ini, pertama lepas dulu tie rod dari knucle arm. Selanjutnya, gerakan tie rod ke atas dan ke bawah. Harusnya ada sedikit tahanan, atau dengan kata lain terasa sedikit keras saat tie rod digerakan ke atas dan ke bawah. Tapi kalau sangat lemah, maka tandanya tie rod sudah rusak dan perlu diganti dengan yang baru.
Tips dari kami, sebelum membawa mobil Anda ke bengkel, cek terlebih dulu komponen-komponen di atas secara visual agar nanti saat di bengkel Anda bisa juga memberitahu ke mekanik untuk mendeteksi bagian mana yang kira-kira rusak. Nah, agar tidak terjadi keliru dalam mendeteksi, tanyakan juga bukti bahwa komponen tersebut memang rusak sebelum Anda memutuskan menggantinya.
Namun, untuk mendapatkan bengkel mobil yang terbaik, maka Anda harus datang ke bengkel mobil yang tepat, terpercaya, dan juga aman. Nah, WEFIXCAR bisa menjadi salah satu jawaban untuk masalah pada mobil Anda yang rusak. Karena kami merupakan bengkel spesialis mesin mobil yang terpercaya dan aman.
Kami merupakan solusi mudah untuk layanan otomotif, yang memungkinkan Anda untuk maintenance dan service ringan, perawatan ringan, tune-up, ganti oli dan aki, hingga bantuan darurat.
Berbagai kelebihan yang kami tawarkan di antaranya adalah kemudahan untuk memesan layanan kami. Tak hanya itu saja, melalui layanan ini, Anda juga dapat mengetahui harga yang transparan dan estimasi waktu pengerjaan mobilnya.
Jadi, jika mobil kesayangan Anda mengalami kerusakan, dan tidak ada jalan lain selain membawanya ke bengkel untuk diperbaiki, maka Anda dapat menyerahkan urusan mobil kesayangan Anda yang rusak tersebut pada kami. Dan Anda akan langsung mendapatkan respon yang cepat dan mudah dari kami.
Anda hanya tinggal pesan, dan mekanik kami akan datang. Anda cukup menunggu di rumah, karena mekanik kami yang akan datang ke lokasi Anda. Memberikan harga terbaik dan pelayanan yang memuaskan.
Dan untuk dapat menikmati layanan dari kami, Anda bisa langsung hubungi kami di sini, dilanjutkan dengan memberitahu jenis kendaraan Anda, layanan yang dibutuhkan, dan lokasi serta waktu pengerjaan layanan.
Silahkan cek saja mobil kesayangan Anda di kami untuk diagnosanya. Free biaya pengecekan, konsultasi, dan estimasi biaya. Kami menangani masalah-masalah mulai dari yang sederhana hingga yang berat. Jaminan biaya termurah!