Memilih Bengkel Kaki-Kaki Mobil Terbaik: Kuncinya Pada Keahlian Montir

WEFIXCAR – Mobil yang terbebas dari bunyi-bunyi ‘aneh’ tentunya akan membuat sang pengemudi dan penumpang lainnya yang berada di dalamnya akan merasa nyaman. Tak jarang, pemilik mobil bahkan sampai rela mencari bengkel kaki-kaki mobil dan merogoh kocek lebih dalam demi membuat mobil mereka terdengar lebih senyap.

Bunyi-bunyi yang terdengar pada mobil jelas sangat mengganggu. Yang paling sering adalah, bunyi yang datangnya dari sektor kaki-kaki dan area setir mobil. Khusus untuk bunyi di area setir, pemilik tidak boleh acuh pada aspek tersebut. Pasalnya, bunyi di area setir ini bisa menjadi indikasi atau gejala awal pada kerusakan kaki-kaki mobil di area depan yang relatif lebih banyak komponen, karena perlu menggerakkan roda untuk berbelok.

Mencari bengkel kaki-kaki mobil terdekat tentu menjadi hal yang akan dilakukan agar menghemat waktu untuk melakukan perbaikan. Apalagi kaki-kaki mobil merupakan komponen yang memang perlu diperhatikan secara lebih seksama, karena rawan mengalami kerusakan. Khususnya bagi pemilik mobil yang seringkali melintasi jalanan dengan kondisi yang kurang bersahabat.

Komponen Yang Masuk Kategori Kaki-Kaki Mobil

Pada dasarnya, yang disebut sebagai kaki-kaki mobil bukanlah satu jenis komponen atau onderdil, melainkan serangkaian komponen mesin mobil yang berfungsi sebagai kaki atau penyangga bodi mobil secara keseluruhan.

Pemeriksaan atau pengecekan kondisi komponen ini penting untuk dilakukan secara rutin agar bisa memastikan kondisinya tetap prima, sehingga membuat perjalanan terasa lebih nyaman.

Nah, agar tidak lagi keliru dalam memilih bengkel kaki-kaki mobil terdekat sekaligus memberi perawatan yang sesuai. Maka ada baiknya kenali terlebih dahulu komponen apa saja yang masuk kategori kaki-kaki mobil tersebut, di antaranya adalah :

1. Ban mobil, yang berfungsi untuk menyangga body mobil sekaligus memastikannya bisa melaju dengan baik dan seimbang.

2. Suspensi, yakni komponen pada bagian bawah mobil tepatnya ada di atas empat roda yang berfungsi meredam kejutan ketika mobil melaju.

3. Tie Rod, yakni komponen kaki-kaki mobil yang berfungsi sebagai penghubung antara kemudi dengan kaki roda agar bisa dibelokan baik ke kanan maupun ke kiri.

4. Bushing, yakni karet khusus yang ditempatkan di bagian atas ban untuk meredam kejutan, sehingga memaksimalkan fungsi suspensi.

5. Bearing atau bantalan roda, yang berfungsi untuk meredam gesekan pada sumbu putar di dalam ban mobil.

6. Ball joint, yang berfungsi untuk memudahkan suspensi dalam bergerak.

Memilih Bengkel Kaki-Kaki Mobil Terbaik: Kuncinya Pada Keahlian Montir

Kaki-kaki mobil memang memiliki fungsi yang sangat vital, tidak hanya memastikan mobil dapat melaju dengan baik. Namun juga meningkatkan kenyamanan pengemudi maupun penumpang sepanjang perjalanan. Sebab, bisa membantu meredam guncangan ketika melintasi jalanan yang tidak rata, sehingga perjalanan akan terasa lebih menyenangkan dan aman.

Vitalnya fungsi komponen ini, maka perlu lebih teliti pada saat memilih bengkel kaki-kaki mobil terdekat agar tidak kecewa.

Nah, berbicara kerusakan pada area kaki-kaki mobil, yang bisa menjadi gejala awal adanya kerusakan pada kaki-kaki di bagian depan, Kepala Bengkel Wefixcar, Wahono, menjelaskan bahwa dari area setir yang berbunyi kita bisa mendeteksi beberapa kerusakan sekaligus.

Kerusakan pada kaki-kaki di bagian depan tersebut memang linear dan imbasnya langsung terasa hingga ke area kemudi.

“Setir bunyi, pertama bisa dari komponen kaki-kaki seperti long tie rod, tie rod, dan ball joint. Itu paling umum dan bisa dirasakan efeknya sampai ke setir mulai dari saat jalan rusak, bunyi saat berbelok, getar dan bunyi saat kecepatan tinggi dan getar dan bunyi saat deselerasi.”, ujar Wahono saat ditemui di bengkelnya.

Wahono melanjutkan, untuk mendeteksi kerusakan pada kaki-kaki mobil di bagian depan seperti disinggung di atas juga cukup mudah. Pasalnya, pengecekan fisik bisa dilakukan secara mandiri oleh pemilik mobil dengan membelok-belokan setir saat mesin mati, menggoyang-goyangkan ban ke luar masuk, dan menggoyang-goyangkan ban ke kanan dan ke kiri.

Jika terdengar ada bunyi ‘kletek-kletek’ saat dilakukan pengecekan fisik tadi, maka bisa dipastikan salah satu dari tiga komponen yang disebutkan di atas sudah aus. Ini artinya, ada komponen yang semestinya memang sudah harus dilakukan perbaikan atau penggantian part.

“Kalau ada bunyi kletek-kletek, sudah pasti kena long tie rod, tie rod atau ball joint dengan ban yang terasa oblak.”, ungkap Wahono.

Selanjutnya, bunyi pada setir yang mengindikasikan kerusakan pada kaki-kaki mobil adalah sektor rack setir (pinion gear), komponen shaft atau joint setir, serta masuk ke bagian dalam hingga area kolom setir. Gejala ini bisa dirasakan saat melibas jalan rusak dan terdapat bunyi pada setir atau saat berbelok.

“Kalau long tie rod, tie rod dan ball joint serta bushing kaki-kaki aman tapi masih ada bunyi di setir bisa jadi area rack setir kena. Naik ke atas, ada shaft setir dan kolom setir kemungkinan juga perlu diperiksa.”, terang Wahono.

Saat ini sudah banyak bengkel-bengkel spesialis yang biasa menangani kerusakan khususnya di sektor kaki-kaki dan urusan komponen gerak setir.

Meski bisa direkondisi, namun Wahono menganjurkan untuk melakukan penggantian part saja, mengingat harganya tidak berbeda jauh dengan usia pakai lanjutan yang lebih panjang.

“Seperti rack setir, saya anjurkan ganti baru. Karena murah dan harganya nggak terlalu berbeda dengan dilakukan perbaikan (rekondisi). Umur pakainya juga lebih panjang.”, ucapnya.

Adapun yang mempengaruhi setir bunyi dan gejala kerusakan kaki-kaki depan lainnya, Wahono menyebut hal itu bisa dipengaruhi karena kondisi usia pakai, medan jalan yang biasa dilalui, kondisi jalan rusak, style mengemudi dan yang paling penting perawatan berkala seperti spooring dan balancing atau wheel alignment.

“Supaya awet, usahakan saat jalan rusak jalan perlahan dan tidak terlalu sering ‘menghajar’ lubang, perhatikan wheel alignment. Benturan-benturan keras yang rutin, gaya mengemudi dan pola perawatan mempengaruhi umur setir dan sektor kaki-kaki di bawahnya.”, papar Wahono.

Nah, jika kaki-kaki mobil Anda mengalami kerusakan, dan tidak ada jalan lain selain membawanya ke bengkel untuk diperbaiki, tentunya hal ini akan merepotkan terutama pada Anda yang punya aktivitas padat dan tidak punya banyak waktu untuk antri dan menunggu perbaikan hingga selesai.

Serahkan urusan mobil pada WEFIXCAR.id, dan Anda akan langsung mendapatkan respon yang cepat dan mudah. Anda cukup menunggu di rumah, karena mekanik kami yang akan datang ke lokasi. Memberikan harga terbaik dan pelayanan yang memuaskan.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Wefixcar