Mengenal Jenis-Jenis Bentuk Mesin Dalam Dunia Otomotif

WEFIXCAR.ID – Bentuk mesin merupakan sebuah hal yang menunjuk kepada “layout” piston dalam sebuah mesin pembakaran dalam. Kata “blok” juga sering digunakan sebagai pengganti dari kata mesin dalam terminologi, dimana penggunaan umumnya adalah Blok V dan Mesin V. Keduanya menunjuk ke hal yang sama.

Dalam dunia permesinan, dapat dikelompokkan sesuai fungsinya tersendiri, teknologi, permesinan, maupun teknik.

Mesin otomotif sendiri sangat memiliki ketergantungan terhadap kemajuan teknik mesin produksinya juga atau yang sering kita kenal dengan mesin “perkakas”.

Di dalam pengaturan, segala konstruksi mesin yang ada pada mekanika otomotif pada dasarnya bersumber dari perancangan sejak dasar oleh permesinan produksi.

1. Straight Engine (Mesin Inline Sejajar)

Dalam sebuah bentuk mesin, maka mesin inline sejajar atau mesin segaris merupakan sebuah mesin pembakaran dalam yang semua silindernya terletak segaris. Mesin seperti ini sudah banyak digunakan di dunia otomotif, penerbangan, dan lokomotif.

Mesin inline sejajar lebih mudah dibuat dari mesin jenis lainnya, seperti mesin flat atau mesin V. Hal ini karena mesin inline sejajar hanya membutuhkan satu cabang silinder dan crankshaft. Mesin ini juga membutuhkan cylinder head dan camshaft yang lebih sedikit.

Tipe mesin inline sejajar ini banyak digunakan pada mesin-mesin yang kita gunakan seperti pada mesin mobil Toyota Avanza, Kijang Innova, Suzuki Carry, Mitsubishi Kuda, dan lain lain. Sedangkan dalam mesin diesel-nya seperti Isuzu Panther, Pajero, Everest, Captiva Diesel, dan lain lain.

2. Mesin W

Tipe mesin ini dengan pengaturan menyerupai hufuf W. Pemakaian pertama digunakan pada sepeda motor Anzani pada tahun 1906. Namun, pada perkembangannya, pabrikan yang banyak mengembangkan mesin tipe W ini adalah Group Volkswagen.

Seperti penamaan pada mesin bentuk V dalam konfigurasi W, penamaan juga sesuai dengan jumlah isi tabungnya. Misalnya, mesin W8 digunakan pada VW Passat, mesin W12 pada VW Phaeton, Toureg, dan Bentley Continental GT.

Puncak perkembangan mesin W ini terjadi pada tahun 2006, dengan dikeluarkannya mesin W16 yang berkapasitas 8 liter, yang dipasangkan pada mesin Bugatti Veyron, yang dilengkapi dengan 4 buah Turbo charger dan menghasilkan tenaga 1000Ps/6000 rpm.

3. Mesin X

Jika sebuah mesin W dikembangkan dari mesin V, maka pada mesin jenis X ini merupakan gabungan mesin V blok horizontal yang menentang satu sama lain. Jadi, tabung tersebut diatur dalam empat bank. Bila dilihat isi tabung, perbedaannya akan muncul sebagai huruf X.

Bentuk mesin ini sekarang sangat jarang ditemukan, terutama karena berat dan komplikasi dibandingkan dengan mesin tipe biasa. Kebanyakan contoh mesin X ada dan dipergunakan pada masa Perang Dunia II, dan dipersiapkan untuk pesawat militer besar. Sebagian besar adalah X-24s dan V-12s.

Sedangkan pelaksana sebagian di antaranya adalah Ford, X-8 prototipe tahun 1920, Daimler Benz DB 604, yang dikembangkan untuk program Bomber B Luftwaffe (Angkatan Udara Jerman Pimpinan Goering) Isotta-Fraschini Zeta R.C. 24/60 yang dikembangkan untuk Caproni F6 tempur, Rolls-Royce Exe (1943), sebuah batang katup mesin prototipe berpendingin udara.

4. Mesin V (V Engine)

Sesuai namanya, maka mesin ini berbentuk seperti huruf V, dimana memiliki sudut tertentu. Cara termudah melihatnya bisa Anda amati pada motor Harley Davidson. Dan itu adalah mesin tipe V.

Mesin V pertama kali diciptakan oleh Karl Benz pada tahun 1896. Namun, dalam perkembangnya penamaan mesin V ini sesuai jumlah tabungnya, yakni V2 untuk 2 tabung, V4, V6, V8, V10, V12, V16, V18, V20, bahkan sampai ke V24 (24 tabung).

Mesin V ini memiliki nilai gravitasi yang lebih rendah, dan pengunaan pada mesin dengan tabung yang lebih banyak akan menghasilkan torsi maksimal yang lebih besar dari pada mesin inline pada kemampuan mesin dan teknologi yang sama.

5. Mesin H

Sebuah mesin H atau H-Blok adalah sebuah bentuk mesin dimana tabung sejajar, sehingga jika dilihat dari depan akan berbentuk seperti susunan vertikal atau horizontal H.

Sebuah mesin H dapat dilihat sebagai dua mesin datar, yakni satu di atas atau di samping yang lain. Dimana masing-masing memiliki crankshaft sendiri, yang kemudian digabungkan bersama-sama di salah satu ujungmya.

Bentuk H memungkinkan didesain mesin multi tabung yang lebih pendek. Bahkan, terkadang memberikan keuntungan pada pesawat.

Untuk aplikasi balap mobil, terdapat kelemahan. Karena mesin ini memiliki bentuk H, maka mesin harus dibuat lebih tinggi agar knalpot dapat tersalurkan dengan baik. Padahal, dengan mesin yang tinggi, maka pusat grvitasi akan semakin tinggi, sehingga dapat mengurangi kestabilan kendaraan itu sendiri.

6. Mesin U

Mesin jenis U adalah seperti dua buah mesin inline sejajar yang berbentuk seperti huruf U. Kedua mesin ini memiliki poros engkol sendiri, yang kemudian dihubungkan dengan yang lain dengan geer atau rantai. Mesin ini akhirnya juga tidak berkembang, karena lebih berat dan kompleks.

Contoh penggunaan mesin U dapat Anda lihat pada sepeda motor Ariel Square Engine (1931-1959). Namun, desain mesin U ini dihidupkan kembali sebagai versi dua stroke pada beberapa motor Suzuki balap, dan selanjutnya diproduksi massal menjadi Suzuki RG500.

Meskipun beberapa mesin jenis U ini berhasil dalam dunia balap, namun pada perkembangannya tidak begitu laku dalam produksi massal.

WEFIXCAR, Bengkel Mobil Online Jakarta – Spesialis Home Service

Bagi Anda yang saat ini mobil kesayangannya sedang mengalami kerusakan, dan Anda sedang mencari bengkel mobil, maka sangat disarankan bagi Anda untuk memahami kerusakannya terlebih dahulu sebelum membawa mobil Anda ke bengkel.

Namun, untuk mendapatkan bengkel mobil yang terbaik, maka Anda harus datang ke bengkel mobil yang tepat, terpercaya, dan juga aman.

WEFIXCAR bisa menjadi salah satu jawaban untuk masalah pada mobil Anda yang rusak. Karena kami merupakan bengkel spesialis mesin mobil yang terpercaya dan aman. Kami merupakan solusi mudah untuk layanan otomotif, yang memungkinkan Anda untuk maintenance dan service ringan, perawatan ringan, tune-up, ganti oli dan aki, hingga bantuan darurat.

Berbagai kelebihan yang kami tawarkan di antaranya adalah kemudahan untuk memesan layanan kami. Tak hanya itu saja, melalui layanan ini, Anda juga dapat mengetahui harga yang transparan dan estimasi waktu pengerjaan mobilnya.

Jadi, jika mobil kesayangan Anda mengalami kerusakan, dan tidak ada jalan lain selain membawanya ke bengkel untuk diperbaiki, maka Anda dapat menyerahkan urusan mobil kesayangan Anda yang rusak tersebut pada kami. Dan Anda akan langsung mendapatkan respon yang cepat dan mudah dari kami.

Anda hanya tinggal pesan, dan mekanik kami akan datang. Anda cukup menunggu di rumah, karena mekanik kami yang akan datang ke lokasi Anda. Memberikan harga terbaik dan pelayanan yang memuaskan.

Dan untuk dapat menikmati layanan dari kami, Anda bisa langsung hubungi kami di sini, dilanjutkan dengan memberitahu jenis kendaraan Anda, layanan yang dibutuhkan, dan lokasi serta waktu pengerjaan layanan.

Silahkan cek saja mobil kesayangan Anda di kami untuk diagnosanya. Free biaya pengecekan, konsultasi, dan estimasi biaya. Kami menangani masalah-masalah mulai dari yang sederhana hingga yang berat. Jaminan biaya termurah!

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Wefixcar