fbpx

Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Sulit Dicharge

WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Baterai laptop merupakan salah satu komponen yang paling cepat mengalami kerusakan dibanding dengan komponen yang lainnya. Ketika membeli laptop baru, selama satu atau dua tahun pemakaian, semuanya akan terasa lancar dan cepat. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia pakai laptop, maka akan mulai dirasakan munculnya beberapa gejala kerusakan. Dan biasanya diawali dengan menurunnya kapasitas baterai.

Gejala yang dirasakan dimulai dengan daya tahan baterai yang semakin berkurang, baterai tidak bisa di-cas, hingga baterai tidak bisa bertahan selama beberapa menit atau bahkan tidak bisa mengisi sama sekali.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Susah Dicharge

Apakah laptop Anda mengalami masalah baterai yang sudah di-cas? Saat mengalami masalah baterai laptop yang tidak bisa terisi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Mulai dari memastikan bahwa driver baterai sudah terpasang dengan baik, melakukan update sistem operasi untuk memastikan tidak ada bug, memeriksa kabel charger, dan mengganti baterai Anda dengan yang baru.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi baterai laptop yang sudah di-cas.

1. Reinstall Driver Baterai.

Cara paling mudah adalah dengan melakukan reinstall driver baterai atau menghapus lalu memasangnya kembali. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk memunculkan RUN.
  • Pada kotak RUN, ketik devmgmt.msc, lalu klik OK.
  • Klik tanda panah kecil pada Batteries.
  • Klik kanan pada Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery.
  • Pilih Uninstall Device.
  • Tutup semua jendela, kemudian Restart laptop.
  • Setelah laptop menyala kembali, maka driver baterai akan otomatis diinstall ulang oleh sistem

2. Update Windows.

Bagi pengguna Windows 10, masalah pada baterai ini bisa jadi disebabkan karena adanya bug pada sistem operasi yang bisa diselesaikan dengan melakukan update. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pastikan laptop terhubung dengan internet.
  • Masuk ke Windows Settings dengan cara klik pada tombol Windows, kemudian klik ikon gear (Settings).
  • Pilih menu Update & Security.
  • Pada tab Windows Update klik tombol Check for updates.
  • Tunggu hingga proses download update selesai.
  • Setelah update selesai didownload dan diinstall, restart laptop.

3. Cabut Baterai, Kemudian Pasang Kembali

Langkah selanjutnya yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah baterai yang tetap 0% meskipun sudah di-cas adalah dengan mencabut baterai kemudian memasangnya kembali.

Kosongkan baterai hingga benar-benar kosong. Setelah itu, cabut baterai Anda dan diamkan selama satu hari penuh untuk memastikan tidak ada energi statis yang masih tersisa.

Setelah baterai dicabut dan didiamkan selama sehari penuh, kemudian coba pasang kembali baterai ke laptop, kemudian sambung kabel charger. Setelah beberapa saat coba nyalakan laptop Anda, dan lihat apakah baterai sudah bisa di-cas atau belum.

4. Periksa Kabel Charger.

Bila Anda mengalami masalah baterai yang selalu 0% meskipun sudah di-cas, maka coba periksa kabel charger Anda secara teliti. Lihat apakah ada bagian yang terlipat atau terlihat ada kerusakan. Bila memungkinkan, Anda bisa memperbaikinya.

Anda juga bisa mencoba untuk menggunakan kabel charger lain yang bagus. Lihat apakah saat menggunakan kabel yang bagus baterai Anda bisa di-cas atau tidak.

5. Ganti Baterai Baru.

Apabila semua cara di atas sudah dicoba namun tidak ada yang berhasil, maka solusi yang tersisa adalah mengganti baterai Anda dengan yang baru. Mungkin memang baterai Anda sudah tidak bagus lagi dan sudah saatnya untuk diganti.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi baterai yang selalu 0% meskipun sudah di-cas. Poin-poin yang disebutkan di atas adalah yang paling utama untuk Anda perhatikan.

Membeli laptop memang harus disertai dengan pertimbangan yang matang. Kualitas yang baik bisa membuat laptop awet dan tahan lama. Dengan laptop yang baik, maka pekerjaan Anda pun akan lebih mudah dan cepat selesai. Untuk itu, sudah seharusnya kita sebagai pengguna laptop berhati-hati dalam menggunakan laptop.

Ketika Anda membeli laptop baru, maka sudah seharusnya Anda mencegah kerusakan laptop Anda dengan cara mencegah setiap kegiatan yang berpotensi merusak komponen yang ada di dalam laptop. Langkah pencegahan ini penting untuk dilakukan agar laptop yang Anda miliki lebih awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Apalagi laptop merupakan salah satu device penting dalam kehidupan memang rawan rusak. Dan laptop rusak ini bisa terjadi karena beberapa faktor, termasuk faktor software dan hardware.

Jika kerusakan sudah terjadi pada laptop Anda, maka segera ambil tindakan cepat. Jika tidak, maka kerusakan akan semakin parah. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan pada laptop. Kualitas yang baik bisa membuat laptop awet dan tahan lama.

Nah, jika saat ini Anda mengalami masalah pada laptop Anda, bisa tanyakan langsung kepada kami, Wefixit Service Center, dengan cara datang ke toko kami, atau bisa langsung hubungi ke nomor Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri terlalu lama untuk melakukan service laptop. Kami mengerti bahwa laptop Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.

Salah satu fitur menarik yang coba kami tawarkan di sini adalah service laptop panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Jadi, untuk service panggilan unit ini, laptop Anda tidak perlu kami bawa, tetapi teknisi kami lah yang akan datang ke tempat Anda untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di sana.

Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan service laptop panggilan atau pick-up service tersebut.

Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?

Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.

Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.

Kriteria Kerusakan Laptop Yang Bisa Diselesaikan di Tempat

Umumnya, jenis kerusakan laptop itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?

Berikut tabel kriteria kerusakan laptop yang bisa diselesaikan di tempat :

Service HardwareService Software
1. Bluescreen1. Install Ulang Laptop
2. LCD laptop2. Lupa Password Windows
3. Keyboard3. Upgrade Windows 7/8 to 10
4. Wifi Ethernet4. Kena Virus/Cleaning Virus
5. Speaker5. Migrasi Data/Backup Data
6. Harddisk Problem6. Laptop Lambat
7. Upgrade Ram/SSD7. Install Aplikasi Desain
8. Bersihin Total8. Install Aplikasi Keuangan
9. Tambah Pasta9. Setting Data Sharing
10. Webcam Problem10. Setting Email

Lalu, apa lagi kelebihan dari Wefixit Service Center? Berikut beberapa kelebihan dari Wefixit Service Center, yaitu :

  • Ramah

Dari salah satu review yang diberikan konsumen service center, diketahui bahwa Wefixit Service Center memiliki tim yang baik. Setiap konsumen merasa puas karena layanan yang kami diberikan cukup ramah. Saat tiba di service center, konsumen akan dilayani dengan ramah. Dimulai dengan pertanyaan terkait kerusakan, hingga akhirnya informasi tentang perbaikan produk lainnya.

  • Cepat

Berbeda dengan layanan brand lain, Wefixit Service Center memiliki layanan yang cepat. Kerusakan produk pun akan diselesaikan dalam waktu cepat, dan akan diselesaikan dalam waktu seminggu.

  • Teknisi Handal

Apakah Anda masih tidak yakin dengan service center Wefixit Service Center? Hilangkan keraguan tersebut. Karena kami telah melakukan seleksi maksimal untuk setiap teknisinya. Di sisi lain, kami juga melakukan pelatihan pada setiap teknisi, sehingga teknisi yang melakukan perbaikan sudah dipastikan teknisi handal.

  • Fasilitas Memadai

Untuk menjaga kenyamanan konsumen, kami berupaya menjaga fasilitas service center. Untuk itu, pada service center kami, diupayakan untuk menjaga kenyamanan ruangan. Sedangkan selama di masa pandemi, service center kami akan ditambahkan dengan handsanitizer dan pengecekan suhu, sesuai protokol kesehatan anjuran pemerintah.

Kelebihan inilah yang membuat konsumen nyaman menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding yang lainnya.

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!

      Wefixit
      Logo
      Enable registration in settings - general