WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Beberapa pemilik iPhone, iPad, dan iPod touch mungkin pernah atau sedang mengalami masalah yang mana perangkatnya tidak terdeteksi di komputer Windows.
Atau ada juga yang perangkatnya terdeteksi di komputer Windows namun data-data di dalamnya tidak bisa diakses di iTunes.
Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana memecahkan masalah ini?
Perangkat Tidak Terdeteksi di Komputer Windows
Jika perangkat tidak terdeteksi di komputer Windows, ikuti langkah-langkah berikut ini. Pastikan kalau Apple Mobile Device Support (AMDS) sudah terinstall di komputer Anda. Apple Mobile Device Support merupakan driver Apple untuk perangkatnya.
Dan untuk mengeceknya, caranya adalah sebagai berikut :
1. Windows XP.
- Klik Start > Control Panel, masuk ke Add or Remove Programs dan cek apakah Apple Mobile Device Support termasuk diantara program yang ter-install atau tidak.
2. Windows 7.
- Klik Start > Control Panel, masuk ke menu Programs and Features dan cek apakah Apple Mobile Device Support termasuk di antara program yang ter-install.
Jika Apple Mobile Device Support tidak terdaftar atau tidak ter-install, maka Anda harus menghapus iTunes, QuickTime, Apple Software Update, dan Apple Application Support. Setelah itu, lalu meng-install iTunes kembali.
- Restart Apple Mobile Device Service (AMDS).
- Ganti kabel data yang biasa Anda gunakan, bisa beli yang baru (original) ataupun pinjam punya teman.
3. Update.
Untuk para pengguna perangkat yang mengalami masalah ini dikarenakan melakukan hard reset dalam kondisi iPhone yang sudah di-jailbreak bisa memanfaatkan Sn0wbreeze dengan fitur iReb-nya untuk membuat komputer membaca driver DFU dari iPhone.
Device Terdeteksi, Tetapi Tidak Bisa Sync ke iTunes
Masalah ini juga sering dialami oleh pemilik perangkat iOS, seperti pada saat menghubungkan iPhone, iPad, atau iPod Touch muncul pesan error seperti :
“iTunes cannot read the contents of the iPad “xxx’s iPad. Go to the Summary tab in iPhone preferences and click Restore to restore this iPhone to the factory settings.”
Akibat dari masalah di atas adalah :
- Perangkat tidak bisa melakukan sinkronisasi aplikasi, musik, dan film.
- Perangkat hanya menampilkan Serial Number & Software version saja, sedangkan data-datanya tidak bisa diakses.
- Perangkat dipaksa untuk melakukan restore (jangan lakukan).
Penyebab masalah :
- Sering menggunakan program tambahan selain iTunes untuk mentransfer musik/ringtones. Perlu diketahui, iTunes dan program tambahan lainnya mempunyai cara yang berbeda dalam mentransfer music/ringtones ke perangkat, oleh karena itu sebaiknya hindari menggunakan program selain iTunes (kalau tidak terpaksa).
- File database iTunes yang ada pada direktori perangkat iOS mengalami corrupt. File database yang corrupt tersebut mengakibatkan perangkat tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan iTunes (tidak bisa sync, restore, dll).
Adapun cara mengatasinya adalah sebagai berikut :
1. Pastikan Anda sudah meng-install iTunes terbaru.
2. Download salah satu program berikut ini dari halaman Downloads :
- iPhone Explorer.
- iPhoneBrowser.
- i-FunBox.
- PhoneDisk
3. Setelah ter-download, lalu jalankan programnya.
4. Hubungkan iPhone, iPad, iPod touch yang bermasalah ke komputer, dan tunggu sampai direktori dari iPhone, iPad, iPod touch terbaca dengan baik. Tidak perlu jalankan iTunes.
5. Telusuri direktori /private/var/mobile/Media/iTunes_Control/iTunes/. Kemudian hapus file yang bernama iTunesDB (iTunesDB adalah file database iTunes). Anda bisa membackupnya terlebih dahulu sebelum menghapusnya (untuk jaga-jaga).
Sampai tahap ini iTunes tidak akan menampilkan pesan error lagi, namun semua musik yang ada di perangkat Anda akan menghilang dari daftar iTunes. Meski menghilang namun sebenarnya file masih ada di perangkat. Hal ini disebabkan karena database-nya sudah dihapus (iTunesDB).
1. Karena file musik di perangkat sudah menghilang dari iTunes, mau tidak mau kita juga harus menghapus file aslinya, yah setidaknya Anda bisa memasukkannya kembali kalau masalahnya sudah beres. Cara menghapusnya adalah :
- Telusuri direktori /private/var/mobile/Media/iTunes_Control/Music.
- Hapus semua folder yang ada di dalam folder Music tersebut.
2. Selanjutnya cabut perangkat dari komputer, lalu hubungkan kembali.
3. Jalankan iTunes, dan cek apakah perangkat Anda sudah bisa disinkronkan kembali.
Demikianlah cara mengatasi masalah perangkat iOS yang tidak terdeteksi di iTunes. Jika cara-cara di atas belum juga bisa mengatasi permasalahannya atau belum juga terselesaikan, jangan khawatir! Kami dari Wefixit Service Center bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang mengalami masalah pada iPhone kesayangan Anda.
Kami hadir untuk menangani masalah-masalah yang terjadi pada perangkat iPhone kesayangan Anda. Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri terlalu lama untuk melakukan service iPhone.
Kami mengerti bahwa iPhone Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.
Jadi, apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi nomor Customer Service kami di 081290085435 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi toko terdekat kami.
Lalu, apa saja kelebihan dari Wefixit Service Center?
Service Panggilan atau Pick-up Service
Salah satu fitur menarik yang coba kami tawarkan di sini adalah service panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.
Jadi, untuk service panggilan unit ini maka iPhone Anda tidak perlu kami bawa, tetapi teknisi kami lah yang akan datang ke tempat Anda untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di sana.
Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan service panggilan atau pick-up service ini. Kelebihan inilah yang membuat konsumen nyaman menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding yang lainnya.
Jadi, jika saat ini Anda mengalami masalah pada iPhone Anda, bisa tanyakan langsung kepada kami dengan cara datang ke toko kami, atau bisa langsung hubungi ke nomor Customer Service kami di 081290085435.
Kriteria Kerusakan iPhone Yang Bisa Diselesaikan di Tempat
Umumnya, jenis kerusakan iPhone itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?
Untuk service hardware ini jika memungkinkan akan kami bereskan hari itu juga, Namun, jika kerusakannya cukup serius, maka kami akan selesaikan dengan estimasi waktu maksimum tiga (3) hari kerja.
Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?
Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada iPhone Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.
Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.
Lalu, bagaimana dengan pelayanan Wefixit Service Center?
Pelayanan Dari Kami
Berikut pelayanan dari kami, yaitu :
- Ramah.
Dari salah satu review yang diberikan konsumen service center, diketahui bahwa Wefixit Service Center memiliki tim yang baik. Setiap konsumen merasa puas karena layanan yang kami diberikan cukup ramah. Saat tiba di service center, konsumen akan dilayani dengan ramah. Dimulai dengan pertanyaan terkait kerusakan, hingga akhirnya informasi tentang perbaikan produk lainnya.
- Cepat.
Berbeda dengan layanan brand lain, Wefixit Service Center memiliki layanan yang cepat. Kerusakan produk pun akan diselesaikan dalam waktu cepat, dan akan diselesaikan dalam waktu seminggu.
- Teknisi Handal.
Apakah Anda masih tidak yakin dengan service center Wefixit Service Center? Hilangkan keraguan tersebut. Karena kami telah melakukan seleksi maksimal untuk setiap teknisinya. Di sisi lain, kami juga melakukan pelatihan pada setiap teknisi, sehingga teknisi yang melakukan perbaikan sudah dipastikan teknisi handal.
- Fasilitas Memadai.
Untuk menjaga kenyamanan konsumen, kami berupaya menjaga fasilitas service center. Untuk itu, pada service center kami, diupayakan untuk menjaga kenyamanan ruangan. Sedangkan selama di masa pandemi, service center kami akan ditambahkan dengan handsanitizer dan pengecekan suhu, sesuai protokol kesehatan anjuran pemerintah.
Kelebihan inilah yang membuat konsumen nyaman menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding yang lainnya.
Jadi, jika saat ini Anda mengalami masalah pada iPhone Anda, bisa tanyakan langsung kepada kami dengan cara datang ke toko kami, atau bisa langsung hubungi ke nomor Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!
Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!