fbpx

Laptop Tidak Bisa Menyala Tanpa Charger?

Januari 5, 2022

WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Kejadian dimana laptop tidak bisa menyala tanpa charger, atau charger harus selalu menancap ke laptop agar bisa menyala, memang sering terjadi. Laptop lawas yang umur pakainya sudah terlalu lama dapat menyebabkan adanya indikasi kerusakan komponen yang ada pada laptop tersebut.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan pemeriksaan mengenai masalah laptop yang justru mati ketika charger dicabut. Hal ini untuk mencegah laptop tidak bisa menyala tanpa charger.

Terkadang kita berpikir laptop yang tidak mau hidup itu terjadi karena baterai laptop yang habis atau kosong. Apabila laptop ingin dihidupkan, maka laptop tidak mau menyala dan pasti Anda mengira baterainya habis. Setelah itu, Anda mengisi daya baterai laptop terlebih dahulu. Namun, setelah baterai penuh dan charger dilepas, laptop pun langsung mati lagi.

Mengapa laptop tidak bisa menyala tanpa charger hal tersebut terjadi? Nah, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Pastikan laptop Anda dalam keadaan running normal tanpa hang atau error.
  • Pastikan proses charging berjalan dan tidak ada warning not charging.
  • Lihat apakah baterai laptop Anda penuh 100%.
  • Perhatikan apakah setelah menyala dan masuk Windows, jika charger dilepas maka laptop langsung mati, seperti tidak ada baterainya atau tidak.
  • Lihat apakah laptop Anda bisaa dinyalakan tanpa charger atau tidak.

Setelah memastikan beberapa hal di atas, lalu bagaimana cara mengatasi laptop yang tidak bisa menyala tanpa charger? Sebelum melakukan langkah-langkah untuk mengatasi laptop yang tidak bisa menyala tanpa charger, Anda perlu memeriksa beberapa hal berikut ini.

1. Cek Charger Laptop.

Apabila Anda ingin mengetahui penyebab laptop yang tidak menyala tanpa menggunakan charger, maka Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah lampu indikator laptop menyala diam, kedap-kedip, atau mati.

Biasanya, charger laptop yang tidak cocok akan ditandai dengan adanya lampu indikator yang menyala kedap-kedip. Jika terjadi ketidakcocokan charger, cobalah untuk menggantinya dengan yang baru.

2. Cek Baterai Laptop.

Langkah selanjutnya adalah memastikan kondisi charger laptop Anda dalam keadaan baik. Adapun yang perlu Anda lakukan adalah :

  • Cobalah charge baterai laptop hingga terisi penuh 100%, kemudian pasangkan pada laptop lain yang masih satu seri.
  • Setelah itu, lihatlah apakah dengan baterai laptop milik Anda tersebut, laptop lain dapat hidup. Saat mengecek pada laptop lain, perhatikan juga kondisi persen baterai, apakah pemakaiannya baterai tersebut cepat habis atau awet.
  • Apabila laptop masih dalam kondisi yang normal dengan menggunakan baterai yang Anda miliki tersebut, maka terdapat kemungkinan ketidakstabilan dan kerusakan dari komponen laptop Anda sendiri.
  • Namun, apabila laptop hidup tetapi persen baterai cepat habis lalu laptop mati maka masalahnya terjadi pada baterai laptop. Kemampuan kekuatan baterai sudah tidak bisa menyimpan dalam waktu lama, maka harus diganti dengan yang baru.

Meski begitu, jika Anda sudah mengganti dengan baterai yang baru, namun masalah laptop tidak bisa menyala tanpa charger masih terjadi, padahal sudah di-charge sampai penuh 100%, kemungkinan masalahnya ada pada power management yang error.

Untuk mengatasi masalah power management yang error tersebut, maka Anda perlu melakukan beberapa hal di bawah ini :

  • Reset baterai dengan cara menekan tombol Power selama 5 detik, lalu lepaskan.
  • Jika belum berhasil, coba charge baterai hingga lampu indikator menunjukan penuh dengan tidak menutup laptop atau dalam keadaan terbuka tanpa dilipat.
  • Setelah itu, nyalakan laptop tanpa melepas charger.
  • Saat laptop sudah dalam kondisi menyala selama beberapa menit, kemudian cabut charger dari listrik dan biarkan sampai baterai habis dan laptop mati dengan sendirinya.
  • Kemudian charge laptop kembali hingga baterai terisi penuh dengan keadaan laptop mati tanpa melipat monitor.
  • Setelah baterai penuh hidupkan laptop kembali dengan menekan tombol Power beberapa saat, lalu lepaskan.

3. Cek Apakah Motherboard Bermasalah atau Tidak.

Setelah baterai di-cek dan keadaan masih sama maka bisa ditarik kesimpulan bahwa yang rusak bukan baterai laptopnya, tetapi motherboard yang bermasalah. Pada kasus seperti ini, biasanya yang rusak adalah IC laptop.

Apabila setelah di-cek memang ada masalah pada IC, berarti hal ini menandakan bahwa IC sudah lemah dan harus diganti.

Pada awalnya mungkin Anda berpikir bahwa laptop tidak bisa menyala tanpa charger disebabkan oleh performa baterai laptop yang sudah menurun. Tetapi pada dasarnya, ada beberapa penyebab umum lainnya yang membuat laptop mati setelah dicharge. Berikut ini adalah penyebabnya.

  • Menggunakan Baterai Kualitas Rendah.

Sama halnya dengan baterai pada smartphone, kualitas baterai laptop juga dapat terlihat saat perangkat digunakan selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Jika baterai laptop langsung drop setelah dilakukan pemakaian normal selama berbulan-bulan dan jadi sering melakukan pengecasan, maka bisa dipastikan kualitas baterai tersebut rendah.

Baterai dengan kualitas tinggi akan mengalami penurunan secara bertahap saat pemakaian normal sekalipun. Oleh sebab itu, saat baterai di-cas, daya listrik langsung mengalir pada komponen komputer dan tidak mengisi daya pada laptop.

Untuk mengatasi laptop yang tidak bisa menyala tanpa charger secara mudah, Anda perlu mengganti baterainya. Anda bisa membeli baterai laptop baru yang biasanya dijual di berbagai toko komputer. Pastikan pula Anda tidak membeli baterai second.

  • Masalah Pada Controller.

Saat Anda melihat indikator baterai dan sudah memperlihatkan keterangan baterai, hal tersebut bukan jaminan keadaan baterai yang sebenarnya. Ada dua kemungkinan kenapa laptop tidak bisa menyala tanpa charger.

Pertama, terdapat masalah pada bagian controller, dimana controller akan memperlihatkan keterangan tidak benar atau palsu mengenai presentase baterai.

Kedua, baterai laptop Anda tidak dapat melakukan presisi terhadap sensornya.

Ketika Controller ini bermasalah, maka sebaiknya Anda perlu memeriksakan laptop ke toko reparasi laptop yang sudah terpercaya. Karena masalah laptop yang tidak bisa menyala tanpa charger ini harus ditangani oleh profesional.

  • Umur Baterai Sudah Menurun.

Baterai juga memiliki umur atau masa pakai. Laptop yang sering digunakan bisa membuat tingkat produktivitas laptop jadi menurun. Baterai laptop juga akan mengalami hal yang sama apabila umur baterai sudah lama, maka akan cepat rusak.

Namun, apabila laptop Anda menggunakan baterai yang berkualitas baik, maka jangka waktu atau masa umur baterai akan lebih awet bila dibandingkan dengan baterai berkualitas rendah.

Baterai yang sudah melampaui batas, tidak bisa menampung daya listrik kembali. Itulah penyebab laptop tidak bisa menyala tanpa charger.

  • Kerusakan Pada IC Charger.

Laptop tidak bisa menyala tanpa charger dapat disebabkan oleh IC Charger. Jika IC Charger ini mengalami kerusakan, maKA hal tersebut sangat berpengaruh pada baterai, seperti baterai tidak terisi meskipun dilakukan pengecasan. Hal inilah yang membuat baterai mengalami kerusakan. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda bawa laptop ke tempat service laptop yang terpercaya.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang penyebab laptop tidak bisa menyala tanpa charger dan cara mengatasinya. Laptop sebagai salah satu device penting dalam kehidupan memang rawan rusak. Laptop rusak ini bisa terjadi karena beberapa faktor, termasuk dari faktor software maupun hardware.

Jika kerusakan sudah terjadi pada laptop Anda, maka segera ambil tindakan cepat. Jika tidak, maka kerusakan akan semakin parah. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan pada laptop. Kualitas yang baik bisa membuat laptop awet dan tahan lama.

Nah, jika saat ini Anda mengalami masalah pada laptop Anda, bisa tanyakan langsung kepada kami, Wefixit Service Center, dengan cara datang ke toko kami, atau bisa langsung hubungi ke nomor Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri terlalu lama untuk melakukan service laptop. Kami mengerti bahwa laptop Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.

Salah satu fitur menarik yang coba kami tawarkan di sini adalah service laptop panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Jadi, untuk service panggilan unit ini, laptop Anda tidak perlu kami bawa, tetapi teknisi kami lah yang akan datang ke tempat Anda untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di sana.

Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan service laptop panggilan atau pick-up service tersebut.

Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?

Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.

Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.

Kriteria Kerusakan Laptop Yang Bisa Diselesaikan di Tempat

Umumnya, jenis kerusakan laptop itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?

Berikut tabel kriteria kerusakan laptop yang bisa diselesaikan di tempat :

Service HardwareService Software
1. Bluescreen1. Install Ulang Laptop
2. LCD laptop2. Lupa Password Windows
3. Keyboard3. Upgrade Windows 7/8 to 10
4. Wifi Ethernet4. Kena Virus/Cleaning Virus
5. Speaker5. Migrasi Data/Backup Data
6. Harddisk Problem6. Laptop Lambat
7. Upgrade Ram/SSD7. Install Aplikasi Desain
8. Bersihin Total8. Install Aplikasi Keuangan
9. Tambah Pasta9. Setting Data Sharing
10. Webcam Problem10. Setting Email

Lalu, apa lagi kelebihan dari Wefixit Service Center? Berikut beberapa kelebihan dari Wefixit Service Center, yaitu :

  • Ramah

Dari salah satu review yang diberikan konsumen service center, diketahui bahwa Wefixit Service Center memiliki tim yang baik. Setiap konsumen merasa puas karena layanan yang kami diberikan cukup ramah. Saat tiba di service center, konsumen akan dilayani dengan ramah. Dimulai dengan pertanyaan terkait kerusakan, hingga akhirnya informasi tentang perbaikan produk lainnya.

  • Cepat

Berbeda dengan layanan brand lain, Wefixit Service Center memiliki layanan yang cepat. Kerusakan produk pun akan diselesaikan dalam waktu cepat, dan akan diselesaikan dalam waktu seminggu.

  • Teknisi Handal

Apakah Anda masih tidak yakin dengan service center Wefixit Service Center? Hilangkan keraguan tersebut. Karena kami telah melakukan seleksi maksimal untuk setiap teknisinya. Di sisi lain, kami juga melakukan pelatihan pada setiap teknisi, sehingga teknisi yang melakukan perbaikan sudah dipastikan teknisi handal.

  • Fasilitas Memadai

Untuk menjaga kenyamanan konsumen, kami berupaya menjaga fasilitas service center. Untuk itu, pada service center kami, diupayakan untuk menjaga kenyamanan ruangan. Sedangkan selama di masa pandemi, service center kami akan ditambahkan dengan handsanitizer dan pengecekan suhu, sesuai protokol kesehatan anjuran pemerintah.

Kelebihan inilah yang membuat konsumen nyaman menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding yang lainnya.

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!

      Wefixit
      Logo
      Enable registration in settings - general