Solusi Layar Laptop Blank Hitam Saat Dinyalakan

Laptop yang anda miliki tidak bisa digunakan lagi karena setiap kali dihidupkan layarnya selalu blank hitam? Layar blank hitam memang merupakan salah satu masalah klise yang cukup sering dialami oleh pengguna laptop.

Masalah tersebut bisa dikategorikan sebagai masalah ringan namun juga bisa dikategorikan sebagai masalah serius. Hal tersebut tergantung dari faktor penyebabnya.

Meskipun masalah tersebut bisa masuk kedalam kategori masalah serius, jangan panik terlebih dahulu. Anda bisa mencoba mengatasi masalah tersebut sendiri terlebih dahulu.

Kondisi Layar Laptop Blank Hitam

layar laptop blank hitam

Sesaat Laptop dihidupkan, lampu LED menyala, terdengar desis suara kipas processor, akan tetapi tidak ada tampilan pada layar LCD “Blank Condition”.

Perkiraan Permasalahan

Silakan cek Memory RAM Anda, karena jika RAM bermasalah maka proses tidak dapat dilanjutkan ke level booting ke Sistem Operasi. Lepas dan bersihkan dengan kain halus, kemudian cobalah pasang kembali, jika masih belum memberikan perubahan, silakan Anda cek slot tempat Memory RAM di pasang, bersihkan dengan sikat pembersih dengan perlahan supaya tidak merusak kuningan, jika ternyata masih belum terdapat perubahan, silakan lepas RAM dan pasangkan pada slot lainnya, dan silakan cek kembali, jika berhasil sampai ke tampilan sistem operasi secara normal, berarti slot tempat memasang Memory RAM Anda yang bermasalah, dan berarti terdapat socket pada slot yang telah rusak

3 Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Hitam

Meskipun tampaknya seperti masalah yang cukup serius, namun sebenarnya masalah laptop nyala tapi layar blank hitam terkadang hanya disebabkan karena masalah kecil.

Oleh sebab itu, sebelum anda membawa laptop ke service center, lebih baik coba atasi terlebih dahulu masalah tersebut sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah layar blank hitam ketika laptop dinyalakan:

Lepas dan bersihkan RAM

Layar laptop yang blank hitam ketika dihidupkan itu juga bisa disebabkan karena ada masalah pada RAM laptop anda. Masalah terburuk pada RAM yang bisa menyebabkan layar blank ketika laptop dinyalakan memang adalah RAM mengalami kerusakan dan perlu diganti.

Namun selain itu, terkadang layar laptop blank tersebut juga bisa disebabkan karena pin komponen RAM kotor dan juga pemasangan RAM kurang sempurna.

Oleh sebab itu, pertama-tama coba lepas dan bersihkan RAM laptop anda terlebih dahulu. Gunakan kuas bersih dan kering ataupun penghapus pensil untuk membersihkan pin komponen RAM.

Setelah dibersihkan, pasang kembali RAM di slot mainboard laptop anda. Pastikan anda mendengar bunyi “klik” ketika memasang RAM di slot mainboard.

Jika memang penyebabnya adalah karena komponen RAM kotor ataupun kurang sempurna pemasangannya, seharusnya layar laptop anda sudah menampilkan visual setelah anda melepas dan membersihkan komponen RAM.

Coba masuk safe mode

Jika setelah melepas dan membersihkan RAM, masalah tersebut masih anda alami, maka anda bisa mencoba mengatasinya dengan cara kedua.

Cara sederhana kedua untuk mengatasi masalah layar laptop blank hitam ketika dihidupkan adalah dengan mencoba masuk kedalam safe mode sistem operasi. Untuk masuk kedalam safe mode, anda bisa menekan tombol F8 berulang kali setelah menghidupkan laptop.

Jika anda berhasil masuk kedalam safe mode, biarkan safe mode menganalisa dan memperbaiki kerusakan pada sistem operasi yang anda gunakan di dalam laptop.

Setelah safe mode selesai melakukan pengecekan, anda bisa restart laptop. Jika memang masalahnya karena adanya kerusakan pada sistem operasi, seharusnya masalah layar laptop blank ketika dihidupkan tersebut sudah tidak anda alami setelah bisa masuk kedalam safe mode.

Reset BIOS

Bila 2 cara sebelumnya sudah anda lakukan namun layar laptop anda masih blank setiap kali dihidupkan, maka cara terakhir yang perlu anda coba untuk mengatasi masalah tersebut adalah reset pengaturan BIOS mainboard.

Bagaimana caranya reset pengaturan BIOS jika layar laptop anda tidak menampilkan apapun? Selain masuk kedalam pengaturan BIOS, anda juga bisa reset pengaturan BIOS dengan cara melepas baterai CMOS dan memasangnya kembali setelah beberapa menit.

Jika anda sudah melakukan 3 cara tersebut namun masalah tersebut masih juga belum bisa diatasi, coba hubungkan laptop anda ke TV LCD ataupun proyektor dengan menggunakan kabel VGA ataupun HDMI.

Bila layar TV ataupun proyektor berhasil menampilkan gambar ketika laptop anda dihidupkan, maka dapat disimpulkan bahwa layar laptop andalah yang mengalami kerusakan.

Jika memang demikian, mau tidak mau memang anda harus membawa laptop anda tersebut ke service center untuk mendapatkan penanganan dari ahlinya. Atau anda dapat menghubungi Wefixit, penyedia jasa service laptop panggilan terbaik di Indonesia.

Hubungi WhatsApp untuk konsultasi mengenai laptop Anda di 0812-9008-5435,

Wefixit
Register New Account
Reset Password
WhatsApp chat