WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Istilah firmware dan software memang sangat mirip, namun ternyata keduanya memiliki banyak perbedaan. Sudahkah Anda mengetahuinya? Jika belum, maka ketahui seputar informasi lebih detailnya di bawah ini.
1. Dari Segi Penggunaan.
Perbedaan antara firmware dan software bisa dilihat dari kegunaannya, yaitu software dapat digunakan untuk menghubungkan pengguna dengan komputer. Sedangkan firmware digunakan untuk mengendalikan perangkat kerasnya.
Contoh kinerja software yaitu ketika Anda sedang mengetik tulisan di komputer. Adanya interaksi pengguna dan komputer tersebut dijembatani dengan software. Jika firmware ini bekerja pada komputer untuk menjalankan warna hijau yang menandakan komputer sedang ON, maka warna orange yang menandakan komputer sedang di-charger. Dan masih banyak lagi contoh penggunan firmware yang langsung ditunjukkan dari perangkat kerasnya.
2. Pengubahan Informasi di Dalamnya.
Perbedaan firmware dan software juga dapat dilihat dari pengubahan informasinya, yang terletak dari pengubah informasi untuk memproses data, memproses, dan menghasilkan data. Kemudian software juga memiliki kemudahan untuk mengubah datanya.
Berbeda dengan firmware yang memiliki pengubahan informasi cukup terbatas. Dengan demikian, maka sebaiknya Anda memang mengubah informasinya dengan jangka waktu tertentu, dan melalui sistem upgrade.
Perlu ketahui bahwa firmware memang tidak hanya ada di komputer, tetapi juga berbagai media elektronik yang lainnya.
3. Memori.
Jika dilihat dari pengertian firmware, perbedaan keduanya juga terletak pada kapasitas memorinya. Untuk software membutuhkan memori yang lebih besar dibandingkan dengan firmware dari ukuran KB hingga GB. Sedangkan firmware membutuhkan memori yang sangat kecil hanya sekitar KB saja.
Tentunya kinerja software memang lebih besar dibandingkan dengan firmware, sehingga membutuhkan memori yang lebih besar. Oleh sebab itu, harga memori software memang lebih mahal dibandingkan dengan memori untuk firmware. Dengan begitu, maka software dan firmware sangatlah jauh berbeda.
4. Resiko Penggantian.
Dilihat dari resiko penggantian software dan firmware, memang lebih rawan penggantian software dalam jangka waktu singkat. Namun, untuk proses penggantinya memang lebih sulit untuk mengubah komponen firmware, sehingga benar-benar membutuhkan orang yang ahli. Meski demikian, cara menggantinya memang sangatlah berjangka lama.
Sedangkan ketika software rusak, maka akan mudah untuk diperbaiki, namun peluang rusak kembali juga lebih cepat.
5. Letak Memori.
Perbedaan antara firmware dengan hardware juga terletak pada bagian letak memori. Nah, letak memori untuk software-nya memang tidak terdeteksi karena software memang lebih sering mengalami update. Dengan demikian, maka memorinya memang lebih terdeteksi oleh kasat mata.
Sedangkan letak memori untuk firmware memang langsung menempel di bagian hardware pada sebuah media elektronik seperti komputer dan media elektronik yang lainnya.
Nah, jika dilihat dari pengertian firmware, fungsi, dan perannya di atas, maka kesimpulannya adalah bahwa firmware memang sangatlah berbeda dengan software. Terimakasih telah berkunjung ke website kami, Wefixit Service Center.
Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri terlalu lama untuk melakukan service laptop. Kami mengerti bahwa laptop Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.
Jadi, jika saat ini Anda mengalami masalah pada laptop Anda, bisa tanyakan langsung kepada kami dengan cara datang ke toko kami, atau bisa langsung hubungi ke nomor Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!
Salah satu fitur menarik yang coba kami tawarkan di sini adalah service laptop panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.
Jadi, untuk service panggilan unit ini, laptop Anda tidak perlu kami bawa, tetapi teknisi kami lah yang akan datang ke tempat Anda untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di sana.
Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan service laptop panggilan atau pick-up service tersebut.
Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?
Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.
Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.
Kriteria Kerusakan Laptop Yang Bisa Diselesaikan di Tempat
Umumnya, jenis kerusakan laptop itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?
Berikut tabel kriteria kerusakan laptop yang bisa diselesaikan di tempat :
Service Hardware | Service Software |
1. Bluescreen | 1. Install Ulang Laptop |
2. LCD laptop | 2. Lupa Password Windows |
3. Keyboard | 3. Upgrade Windows 7/8 to 10 |
4. Wifi Ethernet | 4. Kena Virus/Cleaning Virus |
5. Speaker | 5. Migrasi Data/Backup Data |
6. Harddisk Problem | 6. Laptop Lambat |
7. Upgrade Ram/SSD | 7. Install Aplikasi Desain |
8. Bersihin Total | 8. Install Aplikasi Keuangan |
9. Tambah Pasta | 9. Setting Data Sharing |
10. Webcam Problem | 10. Setting Email |
Lalu, apa lagi kelebihan dari Wefixit Service Center? Berikut beberapa kelebihan dari Wefixit Service Center, yaitu :
- Ramah
Dari salah satu review yang diberikan konsumen service center, diketahui bahwa Wefixit Service Center memiliki tim yang baik. Setiap konsumen merasa puas karena layanan yang kami diberikan cukup ramah. Saat tiba di service center, konsumen akan dilayani dengan ramah. Dimulai dengan pertanyaan terkait kerusakan, hingga akhirnya informasi tentang perbaikan produk lainnya.
- Cepat
Berbeda dengan layanan brand lain, Wefixit Service Center memiliki layanan yang cepat. Kerusakan produk pun akan diselesaikan dalam waktu cepat, dan akan diselesaikan dalam waktu seminggu.
- Teknisi Handal
Apakah Anda masih tidak yakin dengan service center Wefixit Service Center? Hilangkan keraguan tersebut. Karena kami telah melakukan seleksi maksimal untuk setiap teknisinya. Di sisi lain, kami juga melakukan pelatihan pada setiap teknisi, sehingga teknisi yang melakukan perbaikan sudah dipastikan teknisi handal.
- Fasilitas Memadai
Untuk menjaga kenyamanan konsumen, kami berupaya menjaga fasilitas service center. Untuk itu, pada service center kami, diupayakan untuk menjaga kenyamanan ruangan. Sedangkan selama di masa pandemi, service center kami akan ditambahkan dengan handsanitizer dan pengecekan suhu, sesuai protokol kesehatan anjuran pemerintah.
Kelebihan inilah yang membuat konsumen nyaman menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding yang lainnya.
Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!