fbpx

Tips iPhone: Cara Mengatasi Masalah “iPhone is Disabled”

WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixt! Mungkin Anda pernah lupa dengan passcode atau kode sandi iPhone Anda. Akibatnya, iPhone jadi terkunci atau nonaktif karena Anda salah memasukkan passcode berulang kali.

Apabila passcode yang dimasukkan berulang kali salah, maka pada layar iPhone akan terkunci dan akan muncul pesan iPhone is Disabled atau iPhone dinonaktifkan. Artinya, Anda diminta untuk menghubungkan iPhone ke iTunes.

Jika Anda tidak bisa lagi mengingat passcode-nya, dan sudah terlanjur muncul layar disabled/nonaktif pada layar iPhone, maka satu-satunya cara untuk menormalkan perangkat Anda kembali adalah dengan menghapus passcode-nya melalui proses restore melalui iTunes atau reset dari Find My iPhone.

Namun ada dua hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu :

Pertama, apakah iPhone yang disabled/nonaktif ini pernah di-backup atau tersinkronisasi dengan komputer sebelumnya? Kalau pernah, Anda bisa menyambungkan iPhone ke komputer dan lakukan pencadangan data sebelum lanjut ke proses restore.

Kedua, apakah iPhone yang disabled/nonaktif ini belum pernah di-backup atau tersinkronisasi dengan komputer sebelumnya? Kalau belum pernah, maka iPhone hanya bisa di-restore tanpa di-backup. Dan jika itu terjadi, maka setelah proses restore selesai, semua data-data yang ada sebelumnya akan hilang.

iTunes

Jika sebelumnya iPhone pernah disinkronisasi dengan sebuah komputer, hubungkan kembali iPhone Anda ke komputer, dan restore melalui iTunes. Caranya :

  • Hubungkan iPhone ke komputer.
  • Jalankan iTunes. Kalau iTunes menanyakan passcode, itu artinya komputer tersebut bukanlah komputer yang pernah disinkronisasikan dengan iPhone Anda. Kalau belum pernah sama sekali disinkronisasikan, cobalah cara recovery mode.
  • Saat iTunes berjalan, iTunes akan secara otomatis menyinkronkan iPhone Anda dan membuat backup.
  • Kalau proses backup tidak terjadi secara otomatis, klik-kanan di nama iPhone (munculkan sidebar/panel kiri terlebih dahulu dengan menekan CtrlS di keyboard), dan pilih Back Up.
  • Setelah proses sinkronisasi (dan backup) selesai, Anda bisa melanjutkan dengan restore.
  • Begitu proses restore selesai, iTunes akan memandu Anda mengatur iPhone Anda yang baru saja di-restore. Pilih “Restore from iTunes backup”, dan pilih nama iPhone Anda dan tentukan file backup mana yang akan dikembalikan ke iPhone Anda.

Recovery Mode

Cara ini sebenarnya dilakukan dari iTunes juga. Namun cara ini ditempuh bila iPhone belum pernah disinkronisasikan dengan komputer sebelumnya. Proses ini berlangsung tanpa proses backup, dan hasilnya nanti iPhone akan bersih, kembali seperti baru.

Berikut cara masuk ke Recovery Mode untuk berbagai model perangkat untuk iPad dengan tombol Home, iPhone 6s atau yang lebih lama, dan iPod touch generasi ke-6 atau sebelumnya :

  • Hubungkan perangkat ke komputer.
  • Tekan dan tahan tombol home dan tombol Power (tombol samping) secara bersamaan.
  • Tetap tahan tombol-tombol itu hingga Anda melihat layar Recovery Mode.

Untuk iPhone 7, iPhone 7 Plus, dan iPod touch generasi ke-7 :

  • Hubungkan perangkat ke komputer.
  • Tekan dan tahan tombol Power (tombol samping) dan tombol Volume bawah secara bersamaan.
  • Tetap tahan tombol-tombol itu hingga Anda melihat layar Recovery Mode.

Untuk iPhone 8 atau versi lebih baru :

  • Hubungkan iPhone ke komputer.
  • Tekan dan lepas cepat tombol volume atas.
  • Tekan dan lepas tombol Volume bawah dengan cepat.
  • Kemudian, tekan dan tahan tombol Power (tombol samping) hingga Anda melihat layar Recovery Mode.

Setelah perangkat berhasil masuk ke Recovery mode, lanjutkan dengan proses restore :

  • Sambungkan perangkat ke komputer.
  • Tunggu sampai perangkat dikenali oleh iTunes.
  • Pada saat Anda melihat pilihan Pulihkan atau Perbarui, lalu pilih Pulihkan.
  • iTunes kemudian akan men-download perangkat lunak (format IPSW) untuk iPhone Anda.
  • Tunggu sampai proses download dan proses instalasi iOS selesai.
  • Begitu selesai, Anda perlu mengatur ulang perangkat Anda sesuai dengan Apple ID dan password Anda.

Find My iPhone

iPhone yang terkunci karena lupa passcode juga bisa direset dari jarak jauh alias secara remote (remote erase) melalui iCloud.com. Cara ini sangat berguna kalau iPhone Anda terkunci dan sedang tidak berada dekat dengan komputer pribadi Anda.

Catatan: Fitur Find My iPhone ini hanya bisa digunakan kalau iCloud-nya sudah diaktifkan sebelumnya di iPhone Anda. Jika iPhone Anda masih sangat baru dan belum sempat diaktifkan iCloud-nya sebelumnya, maka iPhone Anda tidak akan bisa direset dengan cara ini. Jadi harus menggunakan iTunes/ komputer secara langsung.

Berikut cara reset dari iCloud/ Find My iPhone :

  • Pastikan terlebih dahulu kalau iPhone yang akan direset terhubung ke internet, karena perintah reset/erase dari iCloud membutuhkan koneksi Internet.
  • Anda juga bisa mengakses Find My iPhone dari perangkat Anda yang lain, atau punya teman Anda, atau melalui halaman web iCloud.com.
  • Kalau melalui Find My iPhone dari perangkat lain, buka aplikasinya dan login dengan Apple ID Anda (kalau milik Anda sendiri, seharusnya tidak perlu login lagi).
  • Kalau melalui halaman web, buka www.icloud.com/#find, dan login dengan Apple ID dan password Anda. Kalau seandainya iCloud menolak Apple ID Anda padahal ID dan password yang dimasukkan sudah benar, kemungkinan besar itu terjadi karena fitur iCloud belum diaktifkan di iPhone Anda tersebut. Kalau seperti itu, maka reset hanya bisa dilakukan melalui iTunes saja (restore).
  • Klik “All Devices” atau “Semua Perangkat” dan pilih nama iPhone Anda kemudian klik Erase iPhone untuk mereset iPhone Anda beserta passcode-nya.
  • Masukkan Apple ID dan password Anda untuk melakukan proses reset.
  • Setelah proses reset berjalan sukses, Anda bisa mengembalikan data-datanya dari iCloud Backup (hanya kalau fitur backup diaktifkan sebelum proses reset dilakukan) atau iTunes Backup.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah iPhone is Disabled atau iPhone dinonaktifkan. Namun jika beberapa langkah di atas tidak bisa membuat iPhone Anda kembali normal, tentunya ada sebab lain yang membuat iPhone Anda mengalami masalah iPhone is Disabled atau iPhone dinonaktifkan. Entah itu karena masalah pada software ataupun hardware.

Maka mau tidak mau Anda harus meminta bantuan dari teknisi yang sudah berpengalaman atau ke toko service iPhone.

Nah, salah satu toko service khusus iPhone yang ada di area Jakarta adalah Wefixit Service Center. Kami bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang mengalami masalah pada iPhone kesayangannya.

Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri terlalu lama untuk melakukan service iPhone.

Kami mengerti bahwa iPhone Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.

Salah satu fitur menarik yang coba kami tawarkan di sini adalah service panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Jadi, untuk service panggilan unit ini, iPhone Anda tidak perlu kami bawa, tetapi teknisi kami lah yang akan datang ke tempat Anda untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di sana.

Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan service panggilan atau pick-up service ini.

Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?

Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.

Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.

Kriteria Kerusakan iPhone Yang Bisa Diselesaikan di Tempat

Umumnya, jenis kerusakan iPhone itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?

Berikut tabel kriteria kerusakan iPhone yang bisa diselesaikan di tempat :

Service HardwareService Software
1. Bluescreen1. Install Ulang Laptop
2. LCD laptop2. Lupa Password Windows
3. Keyboard3. Upgrade Windows 7/8 to 10
4. Wifi Ethernet4. Kena Virus/Cleaning Virus
5. Speaker5. Migrasi Data/Backup Data
6. Harddisk Problem6. Laptop Lambat
7. Upgrade Ram/SSD7. Install Aplikasi Desain
8. Bersihin Total8. Install Aplikasi Keuangan
9. Tambah Pasta9. Setting Data Sharing
10. Webcam Problem10. Setting Email

Lalu, apa lagi kelebihan dari Wefixit Service Center? Berikut beberapa kelebihan dari Wefixit Service Center, yaitu :

  • Ramah

Dari salah satu review yang diberikan konsumen service center, diketahui bahwa Wefixit Service Center memiliki tim yang baik. Setiap konsumen merasa puas karena layanan yang kami diberikan cukup ramah. Saat tiba di service center, konsumen akan dilayani dengan ramah. Dimulai dengan pertanyaan terkait kerusakan, hingga akhirnya informasi tentang perbaikan produk lainnya.

  • Cepat

Berbeda dengan layanan brand lain, Wefixit Service Center memiliki layanan yang cepat. Kerusakan produk pun akan diselesaikan dalam waktu cepat, dan akan diselesaikan dalam waktu seminggu.

  • Teknisi Handal

Apakah Anda masih tidak yakin dengan service center Wefixit Service Center? Hilangkan keraguan tersebut. Karena kami telah melakukan seleksi maksimal untuk setiap teknisinya. Di sisi lain, kami juga melakukan pelatihan pada setiap teknisi, sehingga teknisi yang melakukan perbaikan sudah dipastikan teknisi handal.

  • Fasilitas Memadai

Untuk menjaga kenyamanan konsumen, kami berupaya menjaga fasilitas service center. Untuk itu, pada service center kami, diupayakan untuk menjaga kenyamanan ruangan. Sedangkan selama di masa pandemi, service center kami akan ditambahkan dengan handsanitizer dan pengecekan suhu, sesuai protokol kesehatan anjuran pemerintah.

Kelebihan inilah yang membuat konsumen nyaman menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding yang lainnya.

Jadi, jika saat ini Anda mengalami masalah pada iPhone Anda, bisa tanyakan langsung kepada kami dengan cara datang ke toko kami, atau bisa langsung hubungi ke nomor Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!

      Wefixit
      Logo
      Enable registration in settings - general