fbpx

Tips Mengatasi Laptop Yang Blackscreen

WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Blackscreen merupakan salah satu masalah yang sering menyerang perangkat laptop. Biasanya, Blackscreen terjadi setelah laptop dinyalakan. Dimana saat laptop sudah start dan menampilkan Welcome, namun ternyata tampilan berubah menjadi layar hitam dan hanya ada kursor.

Mungkin Anda pernah mengalami hal yang demikian, dan bagi Anda yang masih awam tentunya akan khawatir. Nah, apabila laptop Anda mengalami hal yang demikian, tidak perlu panik. Anda hanya perlu tahu bagaimana cara untuk mengatasinya dan tidak terburu-buru langsung membawa laptop Anda ke tempat reparasi.

Berikut ulasan tentang cara mengatasi laptop yang Blackscreen.

1. Restart Laptop Anda.

Cara pertama mengatasi laptop Blackscreen adalah melakukan restart pada perangkat. Jika laptop Anda memang tidak ada kerusakan yang serius, maka cara ini cukup ampuh untuk mengatasi Blackscreen.

2. Masuk ke Safe Mode.

Jika cara yang pertama di atas belum berhasil, maka kemungkinan masalahnya ada di tempat lain. Seperti faktor software dan hardware yang membuat layar menjadi blank.

Masuk ke safe mode. Anda perlu melakukan pengecekan terhadap software untuk mengetahui apakah ada yang salah atau tidak, sehingga menyebabkan error pada sistem. Apabila perangkat Anda selalu blank hitam setelah melakukan booting, mungkin memang ada yang salah dengan software maupun sistemnya.

Untuk itu, Anda perlu mencoba untuk masuk ke safe mode, yang mungkin bisa mengatasi Blackscreen pada Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Berikut langkah-langkah untuk masuk ke safe mode :

  • Nyalakan laptop.
  • Pada saat melakukan booting, tekan tombol F8 hingga muncul pilihan.
  • Lalu pilih untuk masuk ke safe mode, dan tunggu hingga aktif sepenuhnya.

Nah, setelah Anda berhasil mengaktifkan safe mode pada Windows, silahkan cari software atau program yang Anda anggap mencurigakan, lalu uninstal. Terkadang Blackscreen juga bisa disebabkan oleh virus yang mengganggu sistem, sehingga Anda disarankan untuk melakukan scanning terhadap virus.

Jika semua sudah dilakukan pembersihan, maka selanjutnya lakukan restart pada laptop, dan tunggu proses booting-nya selesai sampai berhasil masuk Windows.

3. Cek Kondisi Layar.

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan terhadap kondisi layar. Blackscreen ternyata tidak selalu disebabkan karena kerusakan parah pada sebuah perangkat, namun bisa juga disebabkan pada kesalahan kecil dari sistem.

Untuk memastikan bahwa kondisi layar laptop Anda berfungsi dengan baik, maka perlu mengecek output display laptop. Anda bisa mencoba menghubungkan laptop dengan monitor eksternal. Jika layar monitor eksternal bisa menampilkan tampilan yang normal, maka permasalahan tersebut disebabkan karena terjadi kerusakan pada layar laptop atau pada kabel display laptop, sehingga Anda harus melakukan perbaikan ke tempat service resmi agar dapat ditangani oleh teknisi profesional.

4. Periksa Resolusi Layar.

Mungkin tanpa sadar, Anda mengubah resolusi layar pada laptop menjadi lebih tinggi. Hal inilah yang dapat menyebabkan layar laptop menjadi hitam atau blank.

5. Reset BIOS.

Salah satu cara mengatasi Blackscreen selanjutnya adalah dengan masuk ke menu BIOS pada laptop. Dengan masuk ke BIOS, maka Anda dapat mengatur kembali konfigurasi BIOS ke konfigurasi default atau dengan cara mencopot baterai CMOS pada motherboard dan memasangnya kembali.

6. Uninstal Software Yang Tidak Kompatibel.

Memasang software yang tidak kompatibel dan tidak didukung oleh sistem dapat menyebabkan laptop menjadi blank. Untuk itu, Anda perlu uninstal software yang tidak kompatibel.

7. Update Driver GPU.

Salah satu penyebab terjadinya Blackscreen pada laptop juga bisa disebabkan karena perlunya melakukan pembaruan Driver GPU (Graphics Processing Unit). Untuk mengantisipasi hal ini, maka Anda perlu mendownload Driver GPU dengan versi terbaru, sesuai dengan merek laptop dan GPU yang Anda gunakan.

8. Ganti Hardware Yang Rusak.

Terakhir, adalah memeriksa dan mengganti hardware yang rusak. Jika laptop Anda mengalami Blackscreen, bisa saja disebabkan karena ada komponen perangkat keras yang bermasalah atau rusak. Anda perlu memeriksa hardware seperti RAM, VGA, dll, apakah semua dapat berfungsi dengan normal atau tidak.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop yang Blackscreen. Terimakasih telah berkunjung ke website Wefixit Service Center. Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri terlalu lama untuk melakukan service laptop. Kami mengerti bahwa laptop Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.

Salah satu fitur menarik yang coba kami tawarkan di sini adalah service laptop panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Jadi, untuk service panggilan unit ini, laptop Anda tidak perlu kami bawa, tetapi teknisi kami lah yang akan datang ke tempat Anda untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di sana.

Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan service laptop panggilan atau pick-up service tersebut.

Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?

Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.

Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.

Kriteria Kerusakan Laptop Yang Bisa Diselesaikan di Tempat

Umumnya, jenis kerusakan laptop itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?

Berikut tabel kriteria kerusakan laptop yang bisa diselesaikan di tempat :

Service HardwareService Software
1. Bluescreen1. Install Ulang Laptop
2. LCD laptop2. Lupa Password Windows
3. Keyboard3. Upgrade Windows 7/8 to 10
4. Wifi Ethernet4. Kena Virus/Cleaning Virus
5. Speaker5. Migrasi Data/Backup Data
6. Harddisk Problem6. Laptop Lambat
7. Upgrade Ram/SSD7. Install Aplikasi Desain
8. Bersihin Total8. Install Aplikasi Keuangan
9. Tambah Pasta9. Setting Data Sharing
10. Webcam Problem10. Setting Email

Lalu, apa lagi kelebihan dari Wefixit Service Center? Berikut beberapa kelebihan dari Wefixit Service Center, yaitu :

  • Ramah

Dari salah satu review yang diberikan konsumen service center, diketahui bahwa Wefixit Service Center memiliki tim yang baik. Setiap konsumen merasa puas karena layanan yang kami diberikan cukup ramah. Saat tiba di service center, konsumen akan dilayani dengan ramah. Dimulai dengan pertanyaan terkait kerusakan, hingga akhirnya informasi tentang perbaikan produk lainnya.

  • Cepat

Berbeda dengan layanan brand lain, Wefixit Service Center memiliki layanan yang cepat. Kerusakan produk pun akan diselesaikan dalam waktu cepat, dan akan diselesaikan dalam waktu seminggu.

  • Teknisi Handal

Apakah Anda masih tidak yakin dengan service center Wefixit Service Center? Hilangkan keraguan tersebut. Karena kami telah melakukan seleksi maksimal untuk setiap teknisinya. Di sisi lain, kami juga melakukan pelatihan pada setiap teknisi, sehingga teknisi yang melakukan perbaikan sudah dipastikan teknisi handal.

  • Fasilitas Memadai

Untuk menjaga kenyamanan konsumen, kami berupaya menjaga fasilitas service center. Untuk itu, pada service center kami, diupayakan untuk menjaga kenyamanan ruangan. Sedangkan selama di masa pandemi, service center kami akan ditambahkan dengan handsanitizer dan pengecekan suhu, sesuai protokol kesehatan anjuran pemerintah.

Kelebihan inilah yang membuat konsumen nyaman menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding yang lainnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera konsultasikan masalah laptop Anda ke nomor telepon Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!

      Wefixit
      Logo