Anda bisa mencoba metode di bawah ini satu per satu. Dan lihat, apakah salah satu dari opsi tersebut bisa mengatasi masalah yang terjadi pada iPhone milik Anda atau tidak.
Berikut cara mengatasi masalah Wi-Fi yang sering disconnect di iPhone :
1. Periksa Status Jaringan Wi-Fi
Setelah Anda mengetahui masalah ini, langkah pertama adalah pastikan bahwa iPhone Anda berada dalam jangkauan jaringan.
Jika Anda mengetahui masalahnya ternyata ada pada jaringan, maka Anda dapat mereset router dengan mengikuti instruksinya. Atau Anda juga dapat menghubungi penyedia jaringan untuk mendapatkan solusi jika Anda mengalami masalah router atau modem.
Namun jika tidak ada masalah pada perangkat jaringan, dan iPhone Anda ternyata masih terus terputus, maka Anda bisa mencoba cara selanjutnya.
2. Hapus Wi-Fi dan Hubungkan Kembali ke Jaringan
Jika iPhone sering terputus dari Wi-Fi, maka Anda dapat mencoba untuk menghapusnya (forget) dan hubungkan kembali ke jaringan nirkabel.
Hal ini akan membantu Anda mengatur ulang pengaturan jaringan pada iPhone, dan bisa saja memperbaiki masalah.
Untuk langkahnya adalah:
Pertama, pergi ke “Pengaturan” atau “Setting”, lalu pilih “Wi-Fi”.
Kemudian tekan tanda informasi (!) pada jaringan Wi-Fi yang sedang terhubung (nama Wi-Fi Anda).
Lalu pilih opsi “Forget This Network”.
Kemudian cobalah untuk menemukan dan hubungkan kembali iPhone Anda ke jaringan Wi-Fi, dan memasukkan kata kunci jaringan itu lagi. Namun ada baiknya Anda restart dulu.
Setelah iPhone Anda terhubung kembali, coba lihat apakah masalahnya sudah bisa teratasi atau belum.
3. Cobalah Lakukan Renew Lease
Renew Lease juga dapat memperbarui informasi alamat jaringan. Anda bisa mencobanya saat iPhone sering terputus dari Wi-Fi.
Caranya adalah:
Pertama, buka “Pengaturan” atau “Setting”, lalu masuk ke “Wi-Fi”, dan sentuh tanda informasi (!) jaringan Wi-Fi Anda (seperti langkah A ke B pada metode di atas).
Kemudian pada layar informasi jaringan Wi-Fi, temukan dan pilih opsi “Renew Lease”.
Periksa dan lihat, apakah koneksi Wi-Fi pada iPhone Anda kembali normal atau tidak.
4. Cobalah Reset Network Settings
Terkadang masalahnya terjadi pada jaringan iPhone. Untuk itu, Anda bisa mengatasinya dengan me-reset ulang setelan jaringan iPhone Anda.
Anda bisa mencoba cara ini saat semua metode di atas tidak berhasil.
Caranya adalah:
Pertama, buka “Setting”, kemudian masuk ke “General”.
Temukan opsi “Reset” di bagian bawah, dan pilih.
Setelah itu, pilih “Reset Network Setting”.
Di sini Anda perlu memasukkan passcode jika diminta. Kemudian sistem akan meminta Anda untuk mengkonfirmasi tindakan tersebut, dan Anda harus menekan “Reset Network Setting”.
Langkah di atas akan me-restart iPhone milik Anda dan mengatur ulang pengaturan jaringannya.
Setelah itu, cobalah hubungkan kembali perangkat Anda ke jaringan Wi-Fi. Dan lihat, apakah masalah koneksi sudah bisa diperbaiki atau belum.
Jika semua cara di atas tidak berhasil, mungkin saja masalahnya ada pada perangkat Anda. Dalam hal ini, sangat disarankan agar Anda membawa iPhone Anda ke toko reparasi atau tempat service iPhone untuk perbaikan.
Jangan pernah mencoba untuk memperbaiki iPhone sendiri. Karena perbaikan hanya boleh dilakukan oleh penyedia service.
Keunggulan datang ke toko service langsung adalah, Anda dapat bertanya ke teknisi untuk mengetahui kondisi iPhone Anda beserta solusi alternatifnya.
Selain dengan solusi di atas, Anda juga dapat menukarkan iPhone Anda ke toko Apple untuk diganti dengan yang baru. Dengan catatan tentunya, Anda masih punya klaim garansi yang berlaku.