WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Jika saat ini iPhone kesayangan Anda sedang mengalami masalah, yaitu tidak bisa dimatikan, tak perlu khawatir. iPhone yang hang atau macet memang sering terjadi.
Dan jika masalah tersebut terjadi pada iPhone Anda, maka Anda perlu memahami apa yang terjadi. Sehingga Anda dapat mengetahui bagaimana cara memperbaikinya.
Semua langkah di bawah ini mengasumsikan bahwa Anda sebelumnya sudah pernah mencoba cara standar untuk mematikan iPhone Anda, yaitu dengan cara menahan tombol Sleep/Wake kemudian menggeser slider Power OFF, namun tetap tidak berfungsi.
Nah, jika itu situasi yang Anda hadapi saat ini, cobalah langkah-langkah berikut ini.
Cara Memperbaiki iPhone Yang Tidak Bisa Dimatikan
1. Hard Reset.
Cara pertama dan paling sederhana untuk mematikan iPhone yang tidak mau dimatikan adalah dengan menggunakan teknik yang disebut Hard Reset.
Cara ini mirip dengan cara standar untuk menghidupkan dan mematikan iPhone, namun merupakan reset perangkat dan memori yang lebih lengkap. Caranya :
- Tahan tombol Sleep/Wake dan tombol Home secara bersamaan. Jika Anda pemilik seri iPhone 7, tahan Volume Turun dan Sleep/Wake. Penggeser Power OFF akan muncul di layar, terus pegang kedua tombol tersebut.
- Jika Anda pemilik iPhone 8 atau seri iPhone yang lebih baru, tekan dan lepaskan tombol Volume Naik dengan cepat, lalu tekan dan lepaskan tombol Volume Turun dengan cepat, dan terakhir tekan dan tahan tombol Side (tombol Sleep/Wake diganti namanya dengan tombol Side di iPhone model berikutnya).
- Layar akan menjadi hitam.
- Logo Apple akan muncul di layar. Lepaskan tombol dan iPhone akan restart seperti biasa. Ketika ponsel selesai restart, maka semuanya akan berfungsi dengan baik lagi.
2. Aktifkan AssistiveTouch dan Matikan via Software.
Ini adalah trik jika tombol Home fisik rusak dan tidak dapat digunakan untuk mematikan iPhone. Dan dalam hal ini, Anda perlu melakukannya melalui software.
AssistiveTouch adalah fitur yang terdapat pada iPhone yang menempatkan versi software tombol Home di layar. Fitur ini dirancang untuk pengguna iPhone dengan kondisi fisik yang menyulitkan mereka untuk menekan tombol, namun banyak orang tanpa kondisi tersebut juga menggunakan fitur ini.
Berikut cara mengaktifkan AssistiveTouch :
- Ketuk Settings > General > Accessibility.
- Di bagian Interaksi, ketuk AssistiveTouch.
- Pada layar AssistiveTouch, pindahkan sakelar ke ON dan ikon baru akan muncul di layar. Itu adalah tombol Home berbasis software baru Anda.
Dengan diaktifkannya tombol Home baru ini, kemudian ikuti langkah-langkah ini untuk mematikan iPhone Anda :
- Ketuk tombol Home software.
- Ketuk Device.
- Ketuk dan tahan Lock Screen hingga slider Power OFF muncul.
- Gerakkan slider dari kiri ke kanan untuk mematikan iPhone Anda.
3. Restore iPhone From Backup.
Jika hard reset dan AssistiveTouch belum juga menyelesaikan masalah Anda, masalahnya mungkin ada hubungannya dengan software, dan bukan hardware. Dan inilah yang perlu Anda lakukan :
- Hubungkan iPhone ke komputer yang biasa Anda sinkronkan.
- Buka iTunes di komputer jika tidak dibuka sendiri.
- Klik ikon iPhone di sudut kiri atas, di bawah kontrol pemutaran (jika Anda belum berada di bagian manajemen iPhone).
- Di bagian Backups, klik Back Up Now. Ini akan menyinkronkan iPhone ke komputer dan membuat backup data Anda.
- Setelah selesai, klik Restore Backup.
- Ikuti petunjuk di layar untuk memilih backup yang baru saja Anda buat di langkah 4.
- Ikuti langkah-langkah di layar dan, setelah beberapa menit, iPhone Anda akan mulai seperti biasa.
- Putuskan sambungan dari iTunes, dan Anda harus melakukannya dengan baik.
4. Bawa ke Toko Service iPhone.
Jika langkah-langkah di atas belum juga dapat menyelesaikan masalah, dan iPhone Anda masih saja tidak mau mati, masalahnya mungkin jauh lebih rumit. Dan saatnya bagi Anda untuk membawa iPhone kesayangan Anda tersebut ke ahlinya.
Namun sebelumnya, pastikan bahwa Anda membawanya tempat service iPhone yang benar-benar terpercaya dan berkualitas seperti Wefixit Service Center.
Wefixit Service Center bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri terlalu lama untuk melakukan service iPhone.
Kami mengerti bahwa iPhone Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.
Salah satu fitur menarik yang coba kami tawarkan di sini adalah service panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.
Jadi, untuk service panggilan unit ini, iPhone Anda tidak perlu kami bawa, tetapi teknisi kami lah yang akan datang ke tempat Anda untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di sana.
Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan service panggilan atau pick-up service ini.
Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?
Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.
Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.
Kriteria Kerusakan iPhone Yang Bisa Diselesaikan di Tempat
Umumnya, jenis kerusakan iPhone itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?
Berikut tabel kriteria kerusakan iPhone yang bisa diselesaikan di tempat :
Service Hardware | Service Software |
1. Bluescreen | 1. Install Ulang Laptop |
2. LCD laptop | 2. Lupa Password Windows |
3. Keyboard | 3. Upgrade Windows 7/8 to 10 |
4. Wifi Ethernet | 4. Kena Virus/Cleaning Virus |
5. Speaker | 5. Migrasi Data/Backup Data |
6. Harddisk Problem | 6. Laptop Lambat |
7. Upgrade Ram/SSD | 7. Install Aplikasi Desain |
8. Bersihin Total | 8. Install Aplikasi Keuangan |
9. Tambah Pasta | 9. Setting Data Sharing |
10. Webcam Problem | 10. Setting Email |
Lalu, apa lagi kelebihan dari Wefixit Service Center? Berikut beberapa kelebihan dari Wefixit Service Center, yaitu :
- Ramah
Dari salah satu review yang diberikan konsumen service center, diketahui bahwa Wefixit Service Center memiliki tim yang baik. Setiap konsumen merasa puas karena layanan yang kami diberikan cukup ramah. Saat tiba di service center, konsumen akan dilayani dengan ramah. Dimulai dengan pertanyaan terkait kerusakan, hingga akhirnya informasi tentang perbaikan produk lainnya.
- Cepat
Berbeda dengan layanan brand lain, Wefixit Service Center memiliki layanan yang cepat. Kerusakan produk pun akan diselesaikan dalam waktu cepat, dan akan diselesaikan dalam waktu seminggu.
- Teknisi Handal
Apakah Anda masih tidak yakin dengan service center Wefixit Service Center? Hilangkan keraguan tersebut. Karena kami telah melakukan seleksi maksimal untuk setiap teknisinya. Di sisi lain, kami juga melakukan pelatihan pada setiap teknisi, sehingga teknisi yang melakukan perbaikan sudah dipastikan teknisi handal.
- Fasilitas Memadai
Untuk menjaga kenyamanan konsumen, kami berupaya menjaga fasilitas service center. Untuk itu, pada service center kami, diupayakan untuk menjaga kenyamanan ruangan. Sedangkan selama di masa pandemi, service center kami akan ditambahkan dengan handsanitizer dan pengecekan suhu, sesuai protokol kesehatan anjuran pemerintah.
Kelebihan inilah yang membuat konsumen nyaman menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding yang lainnya.
Jadi, jika saat ini Anda mengalami masalah pada iPhone Anda, bisa tanyakan langsung kepada kami dengan cara datang ke toko kami, atau bisa langsung hubungi ke nomor Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!
Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!