fbpx

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Desember 16, 2021

WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Touchpad adalah salah satu bagian laptop yang berfungsi untuk menggerakkan kursor dan melakukan klik. Hanya saja, touchpad sering bermasalah. Parahnya lagi, cara mengatasi touchpad yang tidak berfungsi ini cukup rumit, karena beberapa penyebabnya memang sulit untuk dideteksi.

Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi touchpad menjadi bermasalah dan tidak bisa digunakan. Namun, kebanyakan pengguna laptop tidak menyadari hal tersebut, sehingga mereka kaget saat tiba-tiba touchpad laptop tidak berfungsi.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Dari beberapa penyebab touchpad yang tidak berfungsi, beberapa diantaranya karena adanya masalah pada software. Artinya, Anda masih memiliki kesempatan untuk bisa mengatasinya sendiri. Kerusakan pada software ini lebih mudah diperbaiki dibanding kerusakan fisik pada touchpad tersebut.

Berikut ini adalah cara memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi.

  • Lakukan Setting Ulang Pada Touchpad.

Beberapa penyebab touchpad tidak berfungsi adalah, mungkin ada pengaturan pada laptop yang tidak sengaja Anda rubah, sehingga fungsinya jadi tidak normal. Bisa saja pengaturan touchpad jadi ter-disable. Apapun bentuk hardware jika diatur jadi disable, maka akan tidak berfungsi.

Untuk mengatasinya, silahkan buka Device Manager, lalu cek pada Mice and Other Ponting Device. Jika statusnya disable, maka ubahlah ke Enable.

  • Driver Touchpad Belum di Install.

Touchpad laptop yang tidak berfungsi juga bisa disebabkan oleh tidak adanya driver yang terpasang. Driver sendiri memiliki fungsi untuk mengontrol serta mengatur sebuah hardware agar sesuai dengan tugasnya.

Biasanya, tidak adanya driver touchpad terjadi setelah laptop di install ulang. Tidak hanya touchpad, namun perangkat lain pun driver-nya juga akan hilang. Jika hal ini terjadi, install terlebih dahulu driver touchpad laptop Anda.

  • Update Driver Touchpad.

Driver yang usang atau kadaluwarsa, bisa jadi penyebab mengapa touchpad tidak berfungsi. Driver touchpad yang sudah usang kinerjanya tidak maksimal, sehingga akan menimbulkan masalah. Solusinya adalah dengan memperbaharui driver touchpad tersebut.

Caranya, buka Device Manager, lalu buka menu Mice and Other Pointing Device, kemudian pilih Update Driver Software. Setelah itu, pilih Search Automatically for Update Driver Software.

  • Download Driver Touchpad Yang Cocok.

Driver yang sudah ter-install di laptop ternyata tidak serta merta bisa membuat fungsi touchpad menjadi maksimal. Pada beberapa kasus, driver yang sudah ter-install belum tentu cocok dengan touchpad pada laptop Anda.

Biasanya, driver touchpad yang cocok dengan laptop ada pada DVD bawaan ketika laptop baru dibeli. Jika tidak dibekali DVD driver, maka Anda bisa mendownload driver yang cocok untuk touchpad di website resmi merk laptop Anda.

  • Restart Laptop.

Software atau driver yang mengalami bug atau cacat saat dijalankan, juga dapat membuat touchpad laptop jadi tidak berfungsi. Masalah ini biasa terjadi di dunia digital, mengingat software adalah sekumpulan kode untuk memerintah hardware yang memiliki ketidaksempurnaan.

Nah, jika memang terjadi bug pada driver touchpad laptop, maka cara mengatasinya cukup lakukan restart atau nyalakan ulang laptop. Biasanya, software yang mengalami bug akan kembali seperti semula.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi. Beberapa masalah pada touchpad memang dapat diselesaikan dengan mudah selama masalah tersebut masih dalam kategori ringan.

Jadi, ketika touchpad laptop Anda tidak berfungsi, jangan panik dulu. Cobalah untuk mencari penyebabnya terlebih dahulu. Jika sudah ketemu, coba atasi dengan cara memperbaiki touchpad tidak berfungsi seperti di atas.

Menggunakan laptop memang menyenangkan, namun Anda juga harus cermat dalam melakukan perawatan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan pada laptop. Kualitas yang baik bisa membuat laptop awet dan tahan lama.

Nah, jika saat ini Anda mengalami masalah pada laptop Anda, bisa tanyakan langsung kepada kami, Wefixit Service Center, dengan cara datang ke toko kami, atau bisa langsung hubungi ke nomor Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri terlalu lama untuk melakukan service laptop. Kami mengerti bahwa laptop Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.

Salah satu fitur menarik yang coba kami tawarkan di sini adalah service laptop panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Jadi, untuk service panggilan unit ini, laptop Anda tidak perlu kami bawa, tetapi teknisi kami lah yang akan datang ke tempat Anda untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di sana.

Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan service laptop panggilan atau pick-up service tersebut.

Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?

Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.

Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.

Kriteria Kerusakan Laptop Yang Bisa Diselesaikan di Tempat

Umumnya, jenis kerusakan laptop itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?

Berikut tabel kriteria kerusakan laptop yang bisa diselesaikan di tempat :

Service HardwareService Software
1. Bluescreen1. Install Ulang Laptop
2. LCD laptop2. Lupa Password Windows
3. Keyboard3. Upgrade Windows 7/8 to 10
4. Wifi Ethernet4. Kena Virus/Cleaning Virus
5. Speaker5. Migrasi Data/Backup Data
6. Harddisk Problem6. Laptop Lambat
7. Upgrade Ram/SSD7. Install Aplikasi Desain
8. Bersihin Total8. Install Aplikasi Keuangan
9. Tambah Pasta9. Setting Data Sharing
10. Webcam Problem10. Setting Email

Lalu, apa lagi kelebihan dari Wefixit Service Center? Berikut beberapa kelebihan dari Wefixit Service Center, yaitu :

  • Ramah

Dari salah satu review yang diberikan konsumen service center, diketahui bahwa Wefixit Service Center memiliki tim yang baik. Setiap konsumen merasa puas karena layanan yang kami diberikan cukup ramah. Saat tiba di service center, konsumen akan dilayani dengan ramah. Dimulai dengan pertanyaan terkait kerusakan, hingga akhirnya informasi tentang perbaikan produk lainnya.

  • Cepat

Berbeda dengan layanan brand lain, Wefixit Service Center memiliki layanan yang cepat. Kerusakan produk pun akan diselesaikan dalam waktu cepat, dan akan diselesaikan dalam waktu seminggu.

  • Teknisi Handal

Apakah Anda masih tidak yakin dengan service center Wefixit Service Center? Hilangkan keraguan tersebut. Karena kami telah melakukan seleksi maksimal untuk setiap teknisinya. Di sisi lain, kami juga melakukan pelatihan pada setiap teknisi, sehingga teknisi yang melakukan perbaikan sudah dipastikan teknisi handal.

  • Fasilitas Memadai

Untuk menjaga kenyamanan konsumen, kami berupaya menjaga fasilitas service center. Untuk itu, pada service center kami, diupayakan untuk menjaga kenyamanan ruangan. Sedangkan selama di masa pandemi, service center kami akan ditambahkan dengan handsanitizer dan pengecekan suhu, sesuai protokol kesehatan anjuran pemerintah.

Kelebihan inilah yang membuat konsumen nyaman menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding yang lainnya.

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!

      Wefixit
      Logo
      Enable registration in settings - general