fbpx

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Laptop Pada Windows 8 dan 10

November 9, 2021

WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Banyak orang yang senang menyimpan file pekerjaan di laptop milik mereka dibanding mengumpulkan berkas fisik, karena memang file digital ini lebih hemat tempat dan sangat mudah disimpan melalui perangkat laptop. Namun, pernahkah Anda berada di kondisi dimana tanpa sengaja menghapus file–file penting tersebut?

Tapi jangan khawatir! Karena Anda masih bisa bernapas lega dengan adanya sistem operasi Windows 10 yang jauh lebih praktis dibanding versi terdahulu. Salah satu inovasi yang paling mencolok adalah manajemen Settings yang mudah dipahami karena disertai petunjuk.

File yang terhapus dapat dikembalikan melalui beberapa langkah. Namun, beberapa langkah mungkin berbeda caranya, tergantung versi mana yang Anda miliki. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengembalikan file yang terhapus di Windows 8 dan 10.

1. Recovery Melalui Recycle Bin

File yang baru saja terhapus tidak serta merta hilang, melainkan tersimpan di dalam Recycle bin. Recycle bin berfungsi sebagai bak sampah yang masih memungkinkan Anda memilah-milah file sisa yang memang layak dihapus atau masih dapat digunakan kembali.

Biasanya, tools ini terletak di desktop. Namun, jika Anda tidak dapat menemukannya, silahkan klik Settings > Personalization > Themes > Desktop Icon Settings > ceklist Recycle bin > klik OK.

Untuk mengembalikan file, sorot file yang Anda inginkan. Lalu klik kanan, kemudian pilih Restore.

Yang perlu Anda ketahui, file yang berada di Recycle Bin ini bisa terhapus sendiri. Nah, untuk mencegahnya, klik kanan dalam Recycle Bin > Properties > ceklist Delete Configuration Dialog > OK.

Lalu, bagaimana bila file penting Anda tersebut juga telah hilang dari Recycle Bin? Apakah ada cara untuk mengembalikannya? Tentu saja masih bisa. Berikut caranya.

2. Command Prompt

Cari Command Prompt di search bar. Setelah ditemukan, klik kanan. Kemudian pilih Run As Administrator. Dalam aplikasi tersebut, terdapat ketikan chkdsk X: /. Ganti huruf X dengan nama drive tempat Anda menyimpan file sebelumnya.

Setelah proses selesai, ketik ATTRIB -H -R -S /S /D X:*.*. Ganti huruf X dengan nama drive seperti langkah sebelumnya. Setelah itu, proses Recovery akan segera berlangsung.

Perlu dicatat, Anda tidak diperkenankan melakukan manajemen file di komputer selama evakuasi file berlangsung. Ini dilakukan agar tidak ada penumpukan file di laptop Anda.

3. File History di Windows 10

Fitur ini adalah pengembangan dari Backup and Restore yang sebelumnya ada di Windows 7 dan 8. Maka, dengan kata lain, File History hanya tersedia di Windows 10 saja.

Perlu dicatat bahwa program ini baru akan berjalan jika Anda telah mem-backup file terlebih dahulu. Atau dengan kata lain Anda telah menyimpan cadangan file untuk berjaga-jaga.

Caranya, buka menu Settings > Update and Security > Backup > Add a Drive. Nah, di sini Anda akan diberi opsi untuk memilih Drive yang ingin diamankan. Klik pada Drive yang Anda inginkan.

Anda tidak diberi kebebasan untuk mem-backup di partisi yang sama. Untuk itu, jika perangkat Anda tidak dilengkapi dua atau tiga partisi, sebaiknya gunakan hard drive tambahan.

Backup berkala dapat diaktifkan dengan menghidupkan Automatically Backup My Files. Untuk mengembalikan file yang di-backup, cari File History di search bar. Kemudian klik tombol hijau untuk memulai proses.

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengembalikan file yang terhapus di Windows 8 dan 10. Bekerja dengan laptop memang menyenangkan, namun Anda juga harus cermat dalam mengatur file-file penting dan kurang penting. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari terhapusnya berkas-berkas penting.

Terimakasih telah berkunjung ke website Wefixit Service Center. Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri terlalu lama untuk melakukan service laptop. Kami mengerti bahwa laptop Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.

Salah satu fitur menarik yang kami tawarkan di sini adalah pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Kelebihan inilah yang membuat konsumen nyaman menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding tempat service yang lainnya. Hal ini semakin dilengkapi dengan adanya fitur dan layanan khusus yang dimiliki Wefixit Service Center.

Untuk dapat menggunakan fitur pick-up service selama 24 jam, Anda harus melakukan panggilan ke 081290085435, promo hingga 10% khusus hari ini!

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!

Karena harga laptop yang terbilang mahal, membeli laptop memang harus disertai dengan pertimbangan yang matang. Kualitas yang baik bisa membuat laptop awet dan tahan lama. Dengan laptop yang baik, maka pekerjaan Anda pun akan lebih mudah dan cepat selesai.

      Wefixit
      Logo
      Enable registration in settings - general