fbpx

Estimasi Biaya Service Laptop Mati Total Kena Air

Juni 28, 2021

WEFIXIT.ID – Laptop yang tidak sengaja terkena air, tentu menjadi mimpi buruk yang tidak diinginkan bagi setiap penggunannya. Apalagi jika bagian dalam laptop yang terkena, seperti bagian keybordnya. Hal Ini tentu saja bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian-bagian yang terpenting seperti motherboard.

Meski kedengarannya hanya hal sepele, namun alangkah baiknya Anda benar-benar menjaga laptop milik Anda dari kejadian seperti ini. Karena jika tidak, resiko yang kana Anda terima bisa jadi lebih berat dari yang diperkirakan.

Contoh, hal yang paling sering dialami kebanyakan orang, terkadang tanpa sadar saat meletakkan air mineral di samping laptop. Alhasil, tanpa sengaja, air yang ada di samping laptop tumpah dan membasahi laptop. Parahnya lagi, bagian terpenting dari laptop juga ikut tersiram air, yaitu bagian motherboard. Dan beberapa saat kemudian laptop Anda pun pasti akan mati total.

Jika hal itu terjadi, kalian pun harus menerima konsekuensi kerusakan pada bagian motherboard. Biaya penggantian komponennya pun selangit. Tentunya Anda harus segera mengganti komponen motherboard atau membeli laptop baru ,yang harganya tidak jauh berbeda dari motherboard itu sendiri.

Nah, jika Anda mengalami kejadian yang sama seperti di atas, sebaiknya simak estimasi biaya service laptop yang mati total karena tersiram air beserta tips khusus yang wajib dilakukan ketika laptop tersiram air. Berikut ini tips-tips yang harus Anda terapkan.

1. Lepaskan Kabel Charger

Jika laptop Anda sedang di-charger, segera cabut koneksi kabel charger-nya . Dan segera lepaskan baterai dari tempatnya, agar laptop benar-benar dalam keadaan mati tanpa ada aliran arus listrik apapun.

Pastikan pula semua sumber listrik sudah terlepas dari laptop. Laptop yang terkena air akan menghantarkan arus listrik yang sangat tinggi dan mengakibatkan setruman. Akibatnya, komponen utama seperti motherboard bisa terkena efek korosi dari tumpahan air tersebut .

Hal yang harus Anda ingat adalah, jika laptop terkena air saat di-charger dan langsung mati, jangan sambungkan kabel charger ke unit laptop. Dan jangan coba-coba untuk menyalakan laptop dengan tombol Power, karena otomatis akan menghantarkan arus listrik yang cukup besar bagi Anda.

2. Keringkan Laptop

Segera keringkan laptop dengan membalikkan laptop ke arah bawah, dan lap dengan kain yang menyerap air. Atau keringkan menggunakan hair dryer untuk mengurangi air yang sudah masuk ke laptop.

Upaya ini dilakukan agar ‘mengurangi’ resiko air yang terlanjur masuk melalui celah-celah keyboard. Kalau bisa, letakkan dalam posisi terbalik dan tunggu 1 hingga 2 jam untuk mengetahui banyaknya air yang keluar.

3. Bersihkan Bagian Yang Basah

Sambil membalikkan laptop, coba perhatikan kembali bagian-bagian dalam seperti lubang kabel USB, lubang charger, layar, kamera layar, dan bagian kecil lainnya yang berpotensi terkena tumpahan air.

Bersihkan bagian tersebut dengan cotton bud atau kapas kering untuk menarik cairan pada celah-celah lubang kecil tersebut. Lakukan tindakan ini dengan upaya untuk mengurangi cairan, tentunya dari bagian bagian yang basah.

4. Simpan Laptop di Dalam Beras

Sama halnya dengan smartphone yang terkena air, simpan juga laptop ke dalam tumpukan beras. Hal ini dilakukan untuk mengingat kembali, jika beras adalah bahan yang dapat menyerap cairan.

5. Segera Bawa ke Toko Reparasi

Jika Anda sudah melakukan cara-cara di atas, namun laptop tidak kunjung menyala, segeralah bawa laptop ke toko reparasi laptop untuk diberikan pertolongan yang lebh lanjut.

Di Jakarta, kini telah hadir Wefixit Service Center. Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri untuk melakukan service laptop. Kami mengerti bahwa laptop Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.

Ada beberapa kelebihan dari Wefixit Service Center. Beberapa kelebihan tersebut adalah :

  • Cepat

Berbeda dengan layanan brand lain, Wefixit Service Center memiliki layanan yang cepat. Kerusakan produk pun akan diselesaikan dalam waktu cepat, dan akan diselesaikan dalam waktu seminggu.

  • Teknisi Handal

Apakah Anda masih tidak yakin dengan service center Wefixit Service Center? Hilangkan keraguan tersebut. Karena kami telah melakukan seleksi maksimal untuk setiap teknisinya. Di sisi lain, kami juga melakukan pelatihan pada setiap teknisi, sehingga teknisi yang melakukan perbaikan sudah dipastikan teknisi handal.

  • Fasilitas Memadai

Untuk menjaga kenyamanan konsumen, kami berupaya menjaga fasilitas service center. Untuk itu, pada service center kami, diupayakan untuk menjaga kenyamanan ruangan. Sedangkan selama di masa pandemi, service center kami akan ditambahkan dengan handsanitizer dan pengecekan suhu, sesuai protokol kesehatan anjuran pemerintah.

Kelebihan inilah yang membuat konsumen merasa nyaman menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding yang lainnya.

Hal ini semakin dilengkapi dengan adanya fitur dan layanan khusus yang dimiliki Wefixit Service Center, yaitu pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Nah, untuk dapat menggunakan fitur pick-up service ini, Anda harus melakukan panggilan ke 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!

Biaya Service Laptop Mati Total Kena Air

Saat laptop Anda mati total karena terkena air, dan satu-satunya jalan untuk memperbaikinya adalah dengan pergi ke toko reparasi, maka yang pertama Anda pikirkan pastinya biaya service-nya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan perkiraan estimasi biaya yang akan Anda keluarkan. Harga service laptop ini sudah termasuk dengan biaya ganti komponen dan lain-lain. Perkiraan biaya service laptop ini meliputi semua merk laptop yang ada di Indonesia.

Mainboard adalah hardware terpenting pada laptop yang berfungsi sebagai tempat terintegrasinya berbagai hardware lain seperti harddisk, RAM, keyboard dan sebagainya. Tanda-tanda jika mainboard rusak atau tersiram air adalah laptop akan benar-benar mati total.

Adapun biaya service mainboard adalah yang paling mahal di antara hardware lain. Namun perlu dicek dulu, jika masih bisa diperbaiki maka ongkosnya sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Namun, apabila harus ganti, maka harganya sekitar Rp 800 ribu hingga Rp 1.700.000.

Nah, agar kajadian buruk ini tidak terulang lagi, jangan ceroboh lagi ya, guys! Jaga laptop Anda dengan baik. Semoga bermanfaat.

      Wefixit
      Logo
      Enable registration in settings - general