fbpx

Laptop Cepat Panas dan Lemot?

November 23, 2021

WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Bagi Anda yang sehari-harinya bekerja dengan menggunakan laptop, tentu menginginkan sistem kerja yang cepat dan efisien. Dimana laptop tersebut dapat memberikan respon cepat untuk setiap perintah yang diberikan. Dengan begitu, maka pekerjaan Anda pun dapat dikerjakan dengan lancar dan bisa selesai dengan baik dan tepat waktu.

Masalahnya, terdapat berbagai macam faktor yang bisa memunculkan kendala pada laptop Anda. Salah satunya adalah laptop sering cepat panas, sehingga kerjanya semakin lambat atau lemot. Hal ini tentu saja menjadi tidak nyaman dan bisa menghambat tugas atau pekerjaan Anda.

Dalam hal ini, terdapat beberapa penyebab mengapa laptop menjadi cepat panas dan lambat. Penyebabnya dapat dipengaruhi oleh faktor usia komputer yang sudah terlalu lama, lokasi penggunaan komputer, hingga faktor ruangan yang berdebu.

Beberapa faktor penyebab laptop cepat panas dan lambat ini penting untuk diperhatikan. Sebab, hal ini dapat mempengaruhi produktivitas keseharian Anda dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui tanda-tanda seperti apa yang biasanya muncul ketika laptop sedang dalam keadaan panas atau overheating.

Dengan mengetahui beberapa tanda tersebut, maka dapat memudahkan Anda untuk segera mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah laptop Anda.

Berikut kami merangkum beberapa penyebab mengapa laptop cepat panas dan lambat, dan juga beberapa informasi lainnya yang perlu diketahui.

Penyebab Laptop Cepat Panas dan Lemot

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab laptop cepat panas dan lambat. Beberapa penyebab ini tidak boleh diabaikan, karena perangkat komputer yang terlalu panas dapat menghambat sistem kerja pada laptop.

Biasanya, laptop yang terlalu panas bisa menyebabkan sistem kerja menjadi lambat hingga mengalami gangguan eror beberapa kali. Tentu hal ini akan menyulitkan Anda dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari.

Berikut beberapa penyebab laptop cepat panas dan lambat yang perlu Anda ketahui :

  • Usia Laptop Sudah Lama.

Jika Anda memiliki laptop keluaran lama, tentu sistem yang ada di dalamnya belum begitu canggih, sehingga rentan mengalami masalah jika sudah lama digunakan. Tak hanya itu saja, sistem kerja laptop juga akan mengalami malfungsi, sehingga menyebabkan berbagai kendala. Termasuk kondisi laptop yang cepat panas dan sering lemot.

  • Lokasi Komputer dan Aksesori Yang Digunakan.

Penyebab lain mengapa laptop cepat panas dan lambat juga sangat mungkin terjadi ketika laptop diletakkan di lokasi dekat dengan jendela yang panas atau ketika digunakan di luar ruangan dalam jangka waktu lama.

Paparan sinar matahari yang mengenai laptop dapat memicu laptop cepat panas, sehingga mengalami overheating.

  • Ruang Berdebu dan Terhalang Ventilasi.

Perlu diketahui, penumpukan debu pada laptop dapat menghambat alat ventilasi pendingin perangkat untuk bekerja dengan baik. Begitu pula jika ventilasi internal laptop yang terhalang oleh benda lain seperti diletakkan di meja yang berantakan dengan berbagai barang di sekitarnya, sehingga laptop akan cepat panas.

Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas dan Lemot

Berikut cara mengatasi laptop yang cepat panas dan lambat yang bisa Anda terapkan :

1. Bersihkan kipas angin atau ventilasi agar bebas dari debu secara berkala (2 – 4 kali dalam setahun). Cara ini sebaiknya dilakukan dengan meminta bantuan tenaga service profesional untuk menghindari kerusakan. Salah satunya adalah di Wefixit Service Center.

2. Jika Anda sedang melakukan aktivitas online intensif data seperti bermain game atau streaming, cobalah untuk istirahat setiap beberapa jam. Hal ini penting dilakukan agar perangkat laptop dapat beristirahat sejenak dan tidak terus dipaksa untuk bekerja. Anda bisa mengisi daya laptop saat sedang berhenti, karena mengisi daya saat laptop digunakan dapat meningkatkan suhu secara keseluruhan.

3. Pastikan laptop berada di area yang berventilasi. Jauhkan perangkat dari area yang terkena dampak sinar matahari langsung atau panas dari pencahayaan ruangan. Hal ini dapat meningkatkan resiko laptop yang mudah cepat panas.

4. Gunakan bantalan pendingin atau kipas eksternal. Menggunakan kipas eksternal sangat efektif untuk membantu menurunkan suhu laptop, ketika kipas internal di dalamnya tidak berfungsi secara optimal. Dengan begitu, maka cara ini dapat mengurangi resiko overheating pada laptop yang menyebabkan berbagai kendala lainnya.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi laptop yang cepat panas dan lambat yang bisa Anda terapkan. Semoga dengan cara di atas masalah yang tengah terjadi pada laptop Anda bisa teratasi.

Terimakasih telah berkunjung ke website Wefixit Service Center. Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri lama untuk melakukan service laptop. Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri lama untuk melakukan service laptop.

Salah satu fitur menarik yang coba kami tawarkan di sini adalah service laptop panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Jadi, untuk service panggilan unit ini, laptop tidak perlu kami bawa, tetapi teknisi kami yang akan datang ke tempat Anda. Melakukan pengecekan dan perbaikan di sana. Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut.

Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?

Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.

Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.

Kriteria Kerusakan Laptop Yang Bisa Diselesaikan di Tempat

Umumnya, jenis kerusakan laptop itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?

Berikut tabel kriteria kerusakan laptop yang bisa diselesaikan di tempat :

Service HardwareService Software
1. Bluescreen1. Install Ulang Laptop
2. LCD laptop2. Lupa Password Windows
3. Keyboard3. Upgrade Windows 7/8 to 10
4. Wifi Ethernet4. Kena Virus/Cleaning Virus
5. Speaker5. Migrasi Data/Backup Data
6. Harddisk Problem6. Laptop Lambat
7. Upgrade Ram/SSD7. Install Aplikasi Desain
8. Bersihin Total8. Install Aplikasi Keuangan
9. Tambah Pasta9. Setting Data Sharing
10. Webcam Problem10. Setting Email

Segera konsultasikan masalah laptop Anda pada kami di nomor telepon Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan tempat service laptop lainnya. Dijamin!

      Wefixit
      Logo
      Enable registration in settings - general