fbpx

Laptop Sering Muncul Peringatan Is Not Responding?

November 6, 2021

WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Apakah Anda pernah membuka suatu aplikasi di laptop, lalu tiba-tiba pada aplikasi tersebut muncul peringatan “Is Not Responding”? Biasanya hal-hal semacam ini terjadi hampir di semua tipe laptop, termasuk juga di laptop yang canggih dan mahal sekalipun.

Biasanya, tanda-tanda “Is Not Responding” ini adalah ketika kita ingin membuka aplikasi, lalu responnya lama. Setelah itu, akan muncul layar putih yang sediki transparan lalu keluar sebuah dialog “Is Not Responding”.

Pastinya kejadian ini akan membuat siapapun jengkel dan ingin segera menginstal ulang laptop. Namun, jangan terburu-buru melakukan hal tersebut. Sebab, meskipun di instal ulang, namun kejadian tersebut bisa terulang kembali.

Oleh sebab itu, pahami dulu mengapa laptop sering muncul peringatan “Is Not Responding”. Berikut penyebab laptop sering muncul peringatan “Is Not Responding”.

1. Laptop Terlalu Banyak Aplikasi

Terlalu banyak aplikasi yang dipasang pada laptop bisa menyebabkan perangkat sering hang. Hal tersebut bisa terjadi karena proses di dalam laptop untuk membuka aplikasi terlalu banyak. Akibatnya, aplikasi yang memiliki ukuran besar akan kesulitan memproses datanya, dan menyebabkan aplikasi menjadi hang.

2. Penggunaan Skin Yang Berlebihan

Mungkin Anda pernah mendengar atau pernah menggunakan sebuah aplikasi untuk mempercantik skin pada tampilan layar laptop. Akan tetapi, apakah Anda sadar kalau hal tersebut dapat membuat RAM pada laptop akan terpakai banyak?

Meskipun skin-skin yang digunakan tidak terlalu besar, tetapi kalau banyak digunakan akan membuat kinerja RAM menjadi semakin berat. Oleh sebab itu, Lebih baik menggunakan tampilan yang normal saja.

3. Membuka Aplikasi Secara Serentak

Membuka aplikasi secara serentak atau multitasking juga dapat membuat aplikasi menjadi hang. Memang cara multitasking ini dapat mempercepat tugas yang sedang dikerjakan. Namun, sama dengan kasus di poin ke dua, yakni RAM akan banyak terpakai. Hal itulah yang menyebabkan aplikasi menjadi hang.

Oleh sebab itu, jika memang tetap ingin melakukan multitasking, buka saja maksimal dua aplikasi agar kinerja RAM tidak terlalu bekerja keras.

4. Aplikasi Tidak Tertutup Sempurna

Ketika Anda menutup sebuah aplikasi, mungkin secara tidak sadar aplikasi tersebut tidak tutup seratus persen. Aplikasi yang sudah dipasang pada laptop, maka otomatis akan terus menyala meskipun aplikasi tersebut sudah ditutup.

Karena hal tersebut, Anda merasa sudah menutup aplikasi tersebut dan membuka aplikasi yang lain yang malah menyebabkan RAM banyak terpakai seperti pada poin kedua dan ketiga di atas.

5. Memaksa Instal Aplikasi

Perlu diketahui bahwa tidak semua aplikasi dapat di instal pada semua laptop. Ada aplikasi yang hanya dapat berjalan di 32-bit, dan ada pula yang bisa berjalankan di 64-bit. Jika aplikasi yang hanya bisa dipasang pada komputer 32-bit justru dipasang pada komputer 64-bit, maka aplikasi tersebut akan error.

Selain itu, pengaruh sistem operasi juga sama. Misalnya, aplikasi hanya bisa dijalankan pada Windows 7 ke atas, namun Anda menginstal aplikasi di Windows XP. Maka otomatis aplikasi tersebut tidak bisa digunakan dan akan menyebabkan hang.

Maka dari itu, sebelumnya Anda harus sudah mengetahui spesifikasi laptop atau komputer Anda sebelum memasang aplikasi.

6. Hardisk Bermasalah

Hardisk pun berpengaruh terhadap aplikasi yang dijalankan. Jika kapasitas hardisk sudah penuh atau hampir penuh, maka aplikasi yang dijalankan pun akan berat. Hal tersebut disebabkan dalam menjalankan aplikasi membutuhkan proses dari hardisk atau bisa jadi ciri hardisk rusak.

Maka dari itu, Anda harus sering cara mengecek kapasitas hardisk apakah sudah rusak atau tidak. Minimal seminggu sekali agar aplikasi tidak sering hang.

7. Komputer Panas

Apakah laptop Anda sering mengalami panas jika dilakukan aktivitas sehari-hari? Jika iya, bisa jadi aplikasi sering mengalami hang karena panas pada laptop. Solusi untuk hal ini adalah cari tahu penyebab panas pada laptop yang berlebihan, lalu perbaiki. Mungkin saja di dalamnya terdapat banyak debu, sehingga laptop menjadi sering panas.

Itulah beberapa sebab mengapa laptop sering muncul peringatan “Is Not Responding”. Nah, bagi Anda yang saat ini mengalami masalah pada laptop kesayangan Anda, bisa mengkonsultasikannya pada kami, Wefixit Service Center.

Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri terlalu lama untuk melakukan service laptop. Kami mengerti bahwa laptop Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.

Salah satu fitur menarik yang coba kami tawarkan di sini adalah service laptop panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Jadi, untuk service panggilan unit ini, laptop tidak perlu kami bawa, karena teknisi kami lah yang akan datang ke tempat Anda untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di sana. Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut.

Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?

Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.

Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.

Kriteria Kerusakan Laptop Yang Bisa Diselesaikan di Tempat

Umumnya, jenis kerusakan laptop itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?

Berikut tabel kriteria kerusakan laptop yang bisa diselesaikan di tempat :

Service HardwareService Software
1. Bluescreen1. Install Ulang Laptop
2. LCD laptop2. Lupa Password Windows
3. Keyboard3. Upgrade Windows 7/8 to 10
4. Wifi Ethernet4. Kena Virus/Cleaning Virus
5. Speaker5. Migrasi Data/Backup Data
6. Harddisk Problem6. Laptop Lambat
7. Upgrade Ram/SSD7. Install Aplikasi Desain
8. Bersihin Total8. Install Aplikasi Keuangan
9. Tambah Pasta9. Setting Data Sharing
10. Webcam Problem10. Setting Email

Jadi, tunggu apa lagi? Segera konsultasikan masalah laptop Anda pada kami di nomor telepon Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!

      Wefixit
      Logo
      Enable registration in settings - general