fbpx

Laptop Tidak Bisa Dimatikan?

November 12, 2021

WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Semua barang elektronik pasti memiliki masa pakai. Begitu pula dengan laptop. Digunakan hati-hati saja bisa rusak, apalagi kalau sembrono? Sudah pasti akan cepat rusak. Dan salah satu kerusakan yang bisa saja terjadi adalah laptop tidak dapat dihidupkan atau dimatikan (shutdown).

Perlu diketahui bahwa laptop atau notebook yang tidak bisa dimatikan dengan sistem shutdown, tidak selalu diakibatkan virus. Biasanya, yang paling banyak terjadi justru masalah software. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bisa disebabkan oleh kerusakan hardware. Apapun itu, berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Mematikan Laptop Dengan Memperbaiki Registry

Peran registry pada Windows sangatlah penting. Ibaratnya seperti tempat perintah untuk sistem operasi itu sendiri. Bila terjadi error, maka dapat dipastikan Windows yang akan bermasalah. Dan salah satunya adalah tidak dapat dimatikan (turn off).

Memperbaiki registry yang error cukup mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi CCleaner. Caranya, hanya tinggal klik-klik saja. Dan setelah diperbaiki, biasanya laptop sudah bisa di-shut down dengan normal kembali.

2. Bersihkan Laptop Dari File Sampah

Cara selanjutnya adalah dengan membersihkan komputer laptop dari file sampah seperti history browser, sisa-sisa hasil buka program/aplikasi, dan sejenisnya. Cara membersihkannya masih sama seperti di atas, yakni menggunakan CCleaner.

3. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Penting

Kebanyakan aplikasi yang terinstal pun dapat membuat kinerja laptop menjadi berat atau lemot. Bahkan, aplikasi yang tidak dibuat dengan baik pun dapat mendatangkan masalah. Salah satunya dapat membuat laptop tidak bisa di-shut down.

Untuk itu, apabila laptop Anda memiliki aplikasi yang sangat banyak, hapuslah sebagian yang tidak penting dan tidak Anda butuhkan. Saat performa laptop sudah terasa “ringan”, cobalah matikan laptop untuk mengecek apakah sudah bisa di-shut down dengan baik atau belum.

4. Bersihkan Virus

Laptop yang tidak dapat dimatikan bisa saja disebabkan oleh virus. Beberapa kasus, virus menyerang registry hingga akhirnya error. Untuk itu, apabila cara-cara di atas sudah dilakukan, tapi belum berhasil, cobalah scan virus menggunakan anti-virus. Setelah itu, barulah coba shutdown.

5. Uninstall Driver

Fungsi driver pada laptop memang penting. Salah satunya untuk menunjang performa. Namun, bila ternyata salah satu driver tidak cocok dan justru mengakibatkan laptop tidak bisa dimatikan, itu artinya Anda harus menghapusnya atau uninstall.

Namun bila Anda memang membutuhkan jenis driver tersebut, carilah yang sekiranya cocok dengan versi sistem operasi laptop yang Anda gunakan.

6. Mematikan Laptop Dengan CMD

Apabila beberapa cara di atas masih belum bisa juga, cobalah matikan laptop dengan CMD. Ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Start->Run->CMD.
  • Ketik Shutdwon di jendela command prompt yang terbuka.
  • Ketik Shutdown/ S untuk mematikan komputer Anda.
  • Ketik Shutdown/ R untuk Restart laptop Anda.
  • Ketik Shutdown / l untuk Log Off laptop Anda.
  • Ketik Shutdown/ A untuk membatalkan proses shutdown sebelum batas waktu

Kalau cara di atas berhasil, maka laptop Anda akan log off, restart, atau shutdown sesuai proses yang Anda ketikkan.

7. Instal Ulang Sistem Operasi Windows

Jika masalah laptop yang tidak bisa dimatikan ini muncul kembali, cobalah atasi dengan instal ulang sistem operasinya (OS). Anda bisa pilih Windows 7 atau Windows 8 atau pilih yang terbaru, yakni Windows 10. Namun tetap harus sesuaikan dengan spesifikasi laptopnya. Biasanya, dengan menginstal ulang OS, maka semua masalah akan teratasi.

8. Ganti Hardware Yang Bermasalah

Terakhir, cara memperbaiki laptop yang tidak bisa dimatikan adalah dengan mengganti hardware yang bermasalah. Baik itu prosesor, memori, atau harddisk kalau memang sudah rusak dan dapat mempengaruhi.

Dan jika ingin ganti, namun Anda tidak bisa melakukan sendiri, lebih baik serahkan saja ke tempat service resmi seperti Wefixit Service Center.

Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri terlalu lama untuk melakukan service laptop. Kami mengerti bahwa laptop Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.

Salah satu fitur menarik yang kami tawarkan di sini adalah pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah. Kelebihan inilah yang kemudian membuat konsumen nyaman menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding tempat service yang lainnya.

Namun, untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda harus melakukan panggilan ke 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!

Karena harga laptop yang terbilang mahal, membeli laptop memang harus disertai dengan pertimbangan yang matang. Kualitas yang baik bisa membuat laptop awet dan tahan lama. Dengan laptop yang baik, maka pekerjaan Anda pun akan lebih mudah dan cepat selesai.

      Wefixit
      Logo
      Enable registration in settings - general