WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Salah satu cara memiliki komputer spesifikasi tinggi namun dengan harga murah adalah membeli laptop second atau bekas. Sayangnya, kebanyakan laptop dengan kondisi bekas ini diiringi dengan komponennya yang buruk. Lebih mengkhawatirkan lagi bila si penjual juga ingin mendapatkan keuntungan yang tidak semestinya.
Selain itu, umumnya casing laptop bekas juga dicat atau diganti sehingga terlihat baru. Intinya, membeli laptop bekas memang harus lebih berhati-hati. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan bagaimana cara mengecek masih bagus atau tidaknya.
Nah, agar bisa melakukan pengecekan, berikut beberapa poin penting saat membeli laptop second atau bekas dan standar pengecekannya
- Cek Kelengkapan Laptop.
Tanyakan kepada penjual tentang kelengkapan laptop, seperti dus, nota pembelian, kartu garansi, CD/DVD driver, charger, baterai, dan sebagainya. Untuk dus, pastikan nomor serinya cocok. Pastikan pula baterai dan charger masih berfungsi baik.
Semakin banyak kelengkapan yang dimiliki menunjukkan bahwa laptop tersebut sebelumnya digunakan dengan baik, dan juga sebagai bukti bukanlah barang curian.
- Cek Stiker Casing dan Segel Baut Laptop.
Setiap laptop baru memiliki stiker di bagian bawah casing dan segel di salah satu bautnya. Fungsinya selain informasi tentang tipe dan spesifikasi, juga sebagai bukti bahwa laptop tersebut belum pernah dibongkar. Jadi, Anda masih bisa klaim garansi jika waktunya belum lewat.
Bila stiker sudah lawas namun tidak terkelupas berarti tandanya laptop belum pernah di-service atau ganti komponen. Pastikan pula segel pada baut masih ada, utuh, tidak sobek, atau tertimpa segel lain alias dobel.
- Cek Body atau Casing.
Selanjutnya cek kondisi body atau casing laptop secara menyeluruh. Lecet pemakaian, seperti cat touchpad sedikit terkelupas, tidak masalah asal fungsi masih bagus. Namun, jika ada retak kemungkinan laptop pernah jatuh atau terinjak. Pastikan pula di setiap sudut body tidak ada bekas tanda-tanda kena benturan keras.
- Cek Baterai.
Bila menggunakan baterai bisa dicopot (removable battery), selain kondisi, cek juga asli/ORI atau tidak. Jika baterai tanam atau yang tidak bisa dilepas, maka pastikan tidak menggelembung pada bagian casing penutupnya.
Baterai menggelembung adalah tanda baterai sudah parah. Jika dibiarkan lama kelamaan bisa menjebol komponen lain di dekatnya sampai patah.
- Cek Kondisi Layar atau LCD.
Ada dua cara pengecekan. Pertama, lihat apakah layar tampak buram, sinar di pojok tidak merata, terdapat bintik kuning kehijau-hijauan (yang dinamakan dead pixel), dan hitam besar seperti tompel akibat layar pernah tertekan kencang. Jika ada, berarti layar sudah tidak bagus lagi.
Kedua, cek apakah layar monitor LCD terpasang dengan kuat dan baik atau tidak. Caranya, goyang-goyangkan sedikit layarnya. Kemudian buka dan tutup berkali-kali dengan pelan, apakah kedudukan engsel stabil atau tidak. Pastikan pula untuk mengecek tampilannya, apakah ikut bergelombang atau justru blank putih.
- Cek Tombol Keyboard.
Standarnya, semua tombol wajib berfungsi. Tidak boleh macet apalagi rusak atau tidak bisa digunakan sama sekali. Caranya, buka aplikasi Notepad atau MS Word. Tekan satu persatu mulai dari a – z, 1-0, simbol-simbol, Windows, fn, F1 – F12, print screen, shift, caps lock, CTRL, ALT, space, delete, klik-dua, arah panah, dll.
- Cek Touchpad.
Pada dasarnya, fungsi touchpad tidak hanya untuk menggerakkan kursor saja, melainkan klik, zoom in, zoom out, scroll up, down, dll. Saat pengecekan laptop bekas, cobalah satu per satu fungsi ini guna memastikan semuanya normal.
- Cek CD/DVD Drive dan Speaker.
Anda juga perlu mengecek bagian CD/DVD Drive (jika ada). Caranya, buka dengan tombol atau melalui Eject. Jika lancar, berarti kondisi masih bagus. Untuk pemeriksaan, apakah optik masih bisa membaca disk atau tidak, cobalah burning data ke sebuah kepingan CD. Jika hasilnya bagus, hampir dipastikan kemampuan membacanya juga masih baik.
Dan pastikan pula Anda mengecek Speaker dan Sound Port. Jika speaker diam, kemungkinan besar rusak.
- Cek Harddisk dan RAM.
Terakhir, yang perlu diperhatikan adalah harddisk dan RAM. Meski letak harddisk berada di dalam, namun pengecekannya tidak perlu sampai membongkar. Cukup gunakan aplikasi Hdd Sentinel atau sejenisnya. Begitu juga dengan RAM. Cobalah cek RAM dengan menggunakan aplikasi Memtest 86+ atau sejenisnya.
Itulah beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan saat membeli laptop second atau bekas dan standar pengecekannya. Sebagai tambahan, cobalah menyalakan laptop dan mainkan game yang sesuai spesifikasi. Jika dalam 30 menit tidak muncul masalah, berarti kondisi laptop masih bagus. Kemudian sentuhlah bagian bawah laptop, dan rasakan suhunya. Bila hangat seperti kebanyakan laptop lainnya, berarti laptop bekas tersebut sangat layak untuk dibeli.
Selain dari poin di atas, yang perlu jadi bahan pertimbangan lainnya adalah merek, kapasitas, konektivitas, dan lain sebagainya.
Membeli laptop second atau bekas memang harus disertai dengan pertimbangan yang matang. Kualitas yang baik bisa membuat laptop awet dan tahan lama. Dengan laptop yang baik, maka pekerjaan Anda pun akan lebih mudah dan cepat selesai. Untuk itu, sudah seharusnya kita sebagai pengguna laptop berhati-hati dalam membeli laptop bekas.
Ketika Anda membeli laptop bekas, maka sudah seharusnya Anda mencegah kerusakan laptop Anda dengan cara mencegah setiap kegiatan yang berpotensi merusak komponen yang ada di dalam laptop.
Langkah pencegahan ini penting untuk dilakukan agar laptop yang Anda miliki lebih awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama. Apalagi laptop merupakan salah satu device penting dalam kehidupan memang rawan rusak. Dan laptop rusak ini bisa terjadi karena beberapa faktor, termasuk faktor software dan hardware.
Jika kerusakan sudah terjadi pada laptop Anda, maka segera ambil tindakan cepat. Jika tidak, maka kerusakan akan semakin parah. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan pada laptop. Kualitas yang baik bisa membuat laptop awet dan tahan lama.
Nah, jika saat ini Anda mengalami masalah pada laptop Anda, bisa tanyakan langsung kepada kami, Wefixit Service Center, dengan cara datang ke toko kami, atau bisa langsung hubungi ke nomor Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!
Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri terlalu lama untuk melakukan service laptop. Kami mengerti bahwa laptop Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.
Salah satu fitur menarik yang coba kami tawarkan di sini adalah service laptop panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.
Jadi, untuk service panggilan unit ini, laptop Anda tidak perlu kami bawa, tetapi teknisi kami lah yang akan datang ke tempat Anda untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di sana.
Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan service laptop panggilan atau pick-up service tersebut.
Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?
Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.
Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.
Kriteria Kerusakan Laptop Yang Bisa Diselesaikan di Tempat
Umumnya, jenis kerusakan laptop itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?
Berikut tabel kriteria kerusakan laptop yang bisa diselesaikan di tempat :
Service Hardware | Service Software |
1. Bluescreen | 1. Install Ulang Laptop |
2. LCD laptop | 2. Lupa Password Windows |
3. Keyboard | 3. Upgrade Windows 7/8 to 10 |
4. Wifi Ethernet | 4. Kena Virus/Cleaning Virus |
5. Speaker | 5. Migrasi Data/Backup Data |
6. Harddisk Problem | 6. Laptop Lambat |
7. Upgrade Ram/SSD | 7. Install Aplikasi Desain |
8. Bersihin Total | 8. Install Aplikasi Keuangan |
9. Tambah Pasta | 9. Setting Data Sharing |
10. Webcam Problem | 10. Setting Email |
Lalu, apa lagi kelebihan dari Wefixit Service Center? Berikut beberapa kelebihan dari Wefixit Service Center, yaitu :
- Ramah
Dari salah satu review yang diberikan konsumen service center, diketahui bahwa Wefixit Service Center memiliki tim yang baik. Setiap konsumen merasa puas karena layanan yang kami diberikan cukup ramah. Saat tiba di service center, konsumen akan dilayani dengan ramah. Dimulai dengan pertanyaan terkait kerusakan, hingga akhirnya informasi tentang perbaikan produk lainnya.
- Cepat
Berbeda dengan layanan brand lain, Wefixit Service Center memiliki layanan yang cepat. Kerusakan produk pun akan diselesaikan dalam waktu cepat, dan akan diselesaikan dalam waktu seminggu.
- Teknisi Handal
Apakah Anda masih tidak yakin dengan service center Wefixit Service Center? Hilangkan keraguan tersebut. Karena kami telah melakukan seleksi maksimal untuk setiap teknisinya. Di sisi lain, kami juga melakukan pelatihan pada setiap teknisi, sehingga teknisi yang melakukan perbaikan sudah dipastikan teknisi handal.
- Fasilitas Memadai
Untuk menjaga kenyamanan konsumen, kami berupaya menjaga fasilitas service center. Untuk itu, pada service center kami, diupayakan untuk menjaga kenyamanan ruangan. Sedangkan selama di masa pandemi, service center kami akan ditambahkan dengan handsanitizer dan pengecekan suhu, sesuai protokol kesehatan anjuran pemerintah.
Kelebihan inilah yang membuat konsumen nyaman menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding yang lainnya.
Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!