Cara Membersihkan RAM iPhone

WEFIXIT.id – Dengan semakin banyaknya jumlah aplikasi yang dibuka secara bersamaan oleh sebuah smartphone, tentunya akan mempengaruhi kinerja smartphone tersebut. Dan semakin banyak aplikasi yang dibuka, maka performa smartphone pun akan semakin lambat.

Setiap smartphone pastinya memiliki komponen bernama Random Access Memory (RAM) di dalamnya. Komponen RAM itulah yang bekerja lebih keras ketika smartphone membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Begitu pula dengan iPhone. Apabila penggunaan RAM semakin besar, maka dampaknya akan membuat kinerja iPhone kian melambat.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Nah, agar performa iPhone Anda kembali seperti semula, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan membersihkan atau mengosongkan memori RAM tersebut.

Cara membersihkan RAM iPhone cukup mudah. Seperti dirangkum dari ZDnet, Senin (18/11/2019), ada dua cara yang harus dilakukan untuk membersihkan RAM.

Kedua cara ini pun bergantung pada jenis iPhone yang Anda gunakan, apakah iPhone tersebut memiliki tombol fisik Home atau tidak.

iPhone Dengan Tombol Fisik Home

Untuk iPhone lawas yang masih memiliki tombol fisik Home, Anda cukup menekan tombol Power yang berada di bagian sisi smartphone, sampai muncul tulisan “Slide to Power Off”.

Lepaskan tombol Power ketika tulisan tersebut telah muncul di layar.

Kemudian, tekan tombol Home beberapa detik hingga layar kembali ke tampilan awal dan lepaskan tombol tersebut.

Dengan cara di atas, RAM iPhone milik Anda sudah bersih kembali dan dapat bekerja lebih cepat.

iPhone Tanpa Tombol Fisik Home

Lantas, bagaimana dengan iPhone yang tidak memiliki tombol fisik Home seperti iPhone X?

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya harus mengaktifkan fitur Assistive Touch terlebih dahulu.

Dengan Assistive Touch ini, maka iPhone akan menampilkan sebuah tombol Home secara virtual. Tombol inilah yang nantinya akan Anda gunakan untuk membersihkan RAM iPhone milik Anda.

Untuk mengaktifkan fitur Assistive Touch ini, hal yang harus Anda lakukan adalah cukup masuk ke menu “Settings”, kemudian pilih bagian “General” dan “Accessibility”.

Pada menu tersebut, Anda akan menemukan pilihan “Assistive Touch”. Anda cukup mengganti tombol ke pilihan “ON”.

Setelah Assistive Touch menyala, cara berikutnya sama seperti cara pertama. Tinggal menekan tombol Power hingga muncul tulisan “Slide to Power Off”.

Kemudian, tekan tombol Home virtual yang ada pada Assistive Touch tadi selama beberapa detik.

Dengan begitu, maka performa iPhone milik Anda akan kembali optimal. Selamat mencoba!

*Sinyaliti.com dan Wefixit.id melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Ganti Baterai iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare-part Original serta bergaransi.

Wefixit
WhatsApp chat