fbpx

Penyebab Laptop Tidak Bisa Konek Ke Proyektor dan Cara Mengatasinya

November 18, 2021

WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Mengatasi masalah laptop yang tidak bisa konek ke proyektor memang sulit. Meski begitu, ada beberapa cara untuk mengatasi proyektor tidak bisa terhubung ke laptop.

Namun, sebelum kita membahas cara mengatasi laptop yang tidak bisa konek ke proyektor, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab laptop yang tidak bisa terhubung ke proyektor.

Penyebab Laptop Tidak Bisa Terhubung Ke Proyektor

  • Masalah Driver.

Masalah driver yang dimaksud di sini adalah VGA. Ini cukup banyak ditemui, entah karena versi driver-nya yang sudah outdate atau sebab lain sejenisnya.

  • Masalah Kabel.

Bila Anda menggunakan kabel, seperti DSUB atau HDMI, ada kemungkinan kabelnya mengalami kerusakan. Misalnya, kabel putus atau longgar.

  • Masalah Pengaturan Jaringan.

Ada proyektor yang bisa menggunakan WiFi sebagai media untuk menyambungnya, termasuk WiFi. Nah, apabila pengaturannya salah, maka otomatis proyektor tidak bisa tersambung.

  • Masalah Pada Laptop.

Hal ini terjadi entah karena dari sistem ataupun dari komponen. Ini agak sulit memperbaikinya.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Tersambung Ke Proyektor

Untuk cara mengatasinya, ada beberapa langkah yang harus dicoba. Dari segi pengaturan hingga dari cara untuk menghubungkan proyektornya. Berikut penjelasannya.

1. Coba Update Driver VGA Laptop.

Masalah driver pada VGA laptop bisa membuat proyektor tidak bisa terhubung. Hal ini karena driver ini erat kaitannya dengan sistem yang ada pada grafis. Begitu pula dengan komponen-komponen lainnya.

Masalah driver pada VGA sendiri bisa bermacam-macam. Namun, untuk mengatasinya cukup mudah, cukup update saja. Caranya, bisa coba searching di situs resmi merk laptop yang Anda gunakan, kemudian cari driver VGA-nya.

2. Hubungkan Proyektor ke Laptop Lain

Tujuannya, untuk mengetahui masalah yang muncul, apakah dari proyektornya atau justru dari laptopnya. Karena setiap laptop, memiliki komponen yang berbeda-beda dan pengaturan program yang beda-beda juga.

3. Periksa Kondisi Kabel

Menggunakan kabel VGA, HDMI, dan lainnya, harus dipastikan kalau kabel tidak longgar. Karena kalau longgar, otomatis gambar tidak akan bisa ditampilkan dengan baik. Bahkan, muncul pesan no signal atau gambar yang dihasilkan proyektor tidak muncul sama sekali.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengganti kabel yang digunakan. Biasanya akan berpengaruh, apalagi kalau pakai kabel yang bagus.

4. Pastikan Proyektor Terkoneksi Dengan Baik

Setiap proyektor pasti memiliki buku panduan. Jadi, akan lebih baik kalau dibaca lagi buku panduannya. Mulai dari cara menyambungkan proyektor dengan adaptor, hingga mengkoneksikannya ke laptop. Mungkin masalah Anda bisa teratasi dengan cara ini. Sederhana tapi ampuh!

5. Pastikan Pengaturan WiFi Sudah Benar.

Sebuah pengaturan laptop yang berfungsi untuk menampilkan gambar di proyektor ketika dihubungkan via WiFi. Untuk itu, menyambungkan koneksi laptop dengan proyektor dengan WiFi bisa dibilang lebih sulit dibanding dengan kabel.

Namun, kalau langkah penyambungannya sudah benar, cukup cek pengaturan seperti berikut :

  • Pastikan password WiFi sudah benar.
  • Coba pakai koneksi lain.
  • Jangan hubungkan sumber hotspot ke internet (cukup mode offline).

6. Periksa Driver VGA di Device Manager (Uninstall Jika Perlu).

Driver VGA yang terinstall otomatis akan masuk ke sistem. Tak hanya itu saja, melainkan juga akan tercatat sebagai salah satu komponen di Device Manager.

Di sini ada rekomendasi, agar Anda mencoba untuk menghapus (uninstall) driver VGA yang dimaksud di Device Manager. Tujuannya agar terjadi refresh, dan error yang ada hilang. Caranya :

  1. Klik tombol Windows + R.
  2. Ketik devmgmt.msc, lalu klik OK.
  3. Buka menu Display Adapters.
  4. Klik kanan VGA yang terdapat di ,sana kemudian pilih Uninstall Device.
  5. Tunggu sampai selesai, lalu restart.

Driver VGA yang dihapus tersebut akan secara otomatis terpasang kembali setelah proses restart sudah selesai. Jadi tidak akan membuat error.

7. Install Driver Proyektor.

Memang tidak semua, namun ada proyektor-proyektor yang membutuhkan driver sebelum bisa digunakan di laptop. Ini penting, karena kalau tidak, maka mau dicoba seperti apapun tetap saja proyektor tidak akan bisa terhubung.

Anda bisa mencari DVD driver proyektornya. Atau mungkin bias coba searching di Google sesuai dengan merk proyektor Anda.

Itulah cara mengatasi laptop yang tidak bisa terhubung ke proyektor. Terimakasih telah berkunjung ke website Wefixit Service Center. Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri lama untuk melakukan service laptop.

Salah satu fitur menarik yang coba kami tawarkan di sini adalah service laptop panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Jadi, untuk service panggilan unit ini, laptop tidak perlu kami bawa, tetapi teknisi kami yang akan datang ke tempat Anda. Melakukan pengecekan dan perbaikan di sana. Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut.

Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?

Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.

Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.

Kriteria Kerusakan Laptop Yang Bisa Diselesaikan di Tempat

Umumnya, jenis kerusakan laptop itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?

Berikut tabel kriteria kerusakan laptop yang bisa diselesaikan di tempat :

Service HardwareService Software
1. Bluescreen1. Install Ulang Laptop
2. LCD laptop2. Lupa Password Windows
3. Keyboard3. Upgrade Windows 7/8 to 10
4. Wifi Ethernet4. Kena Virus/Cleaning Virus
5. Speaker5. Migrasi Data/Backup Data
6. Harddisk Problem6. Laptop Lambat
7. Upgrade Ram/SSD7. Install Aplikasi Desain
8. Bersihin Total8. Install Aplikasi Keuangan
9. Tambah Pasta9. Setting Data Sharing
10. Webcam Problem10. Setting Email

Segera konsultasikan masalah laptop Anda pada kami di nomor telepon Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan tempat service laptop lainnya. Dijamin!

      Wefixit
      Logo
      Enable registration in settings - general