Review iPhone XR: Usung Layar Besar 6,1 Inchi dan Chipset Apple A12

WEFIXIT.id – Apple akhirnya resmi mengumumkan duo perangkat terbarunya, yakni iPhone XS dan iPhone XS Max pada hari Kamis (13/9/2018) dinihari WIB atau Rabu (12/9/2018) pagi waktu California, dalam sebuah gelaran bertajuk “Gather Round”.

Namun, selain duo iPhone XS dan iPhone XS Max, perusahaan raksasa asal Negeri Paman Sam itu juga memperkenalkan satu lagi perangkat andalannya yang bertajuk iPhone XR. Seri ini merupakan penerus dari iPhone 8 Plus yang dirilis tahun 2017 lalu.

iPhone XR sendiri hadir dan ditargetkan untuk menyasar kelas menengah ke bawah.

“Seri X mendeskripsikan visi kami untuk smartphone masa depan.”, ujar Phillip Schiller, selaku VP Marketing Apple, saat perilisan iPhone XR.

Jika dilihat dari segi desain, phablet yang masuk kelas menengah ke bawah ini mengusung layar 6,1 inchi, dan memiliki bezel-less serta notch atau poni. Ukuran layar ini tergolong besar di kelasnya, mengingat sebelumnya iPhone 8 Plus hanya mengusung ukuran layar 5,5 inchi.

Bedanya, antara iPhone XR dari duo iPhone XS dan iPhone XS Max adalah jenis layar yang masih LCD, bukan OLED yang umum digunakan pada ponsel flagship.

Jadi, dengan hanya bermateri layar LCD, membuat harga iPhone XR pun menjadi lebih terjangkau.

Masih ingin tahu bagaimana kehandalan iPhone XR ini? Berikut review lengkapnya mengenai spesifiaksi dan harga iPhone XR.

Spesifikasi Detail iPhone XR

Desain

Jika dilihat dari segi desain, tampilan iPhone XR ini mengingatkan kembali pada seri iPhone 5c ketika Apple mengumumkan iPhone 5s pada tahun 2013 yang lalu.

Pasalnya, Apple merilis iPhone XR yang mirip dengan iPhone 5c, yang hadir dalam varian 6 warna berbeda, yaitu: White, Black, Blue, Yellow, Coral, dan Red sebagai (PRODUCT) RED.

Dimensinya mencapai 150 x 75.7 mm dengan ketebalan 8.3 mm. Sementara untuk bobotnya sendiri mencapai 194 gram yang memang cukup terasa saat digenggam. Bezel layar di sisi-sisinya cukup tipis dalam desain yang memang modis.

iPhone XR mengusung layar 6,1 inchi dengan panel IPS LCD capacitive touchscreen. Layarnya juga didukung oleh sejumlah fitur seperti Liquid Retina HD Display, True Tone Display, 625 cd/m2 Brightness, Wider P3 Color, 1400:1 Contrast Ratio, hingga kedalaman warna mencapai 16 juta pewarnaan.

Meski mengusung layar penuh dalam aspek rasio 19:9 dengan resolusi 1792 x 828 pixels dan kerapatan warna mencapai 326 ppi per inchinya yang terbilang standar, namun layar pada iPhone XR ini tidak mengusung layar OLED seperti yang digunakan pada iPhone XS dan iPhone XS Max.

Layar iPhone XR masih berupa LCD. Namun permukaan layarnya mampu menghasilkan kemampuan multitouch yang cukup responsif.

Selain itu, layarnya juga sudah mendukung lapisan anti-gores Scratch Resistant Glass dengan kaca 2.5D Curved Glass, juga kemampuan Fingerprint Resistant Oleophobic Coating, sehingga tidak meninggalkan noda sidik jari di layar.

iPhone XR

Desain yang dibawa iPhone XR juga tak kalah elegan. Hadir dengan notch atau layar poni ala iPhone X, ponsel ini dikemas dengan menghilangkan tombol fisik Home, dan pengguna juga tidak akan mendapatkan fitur 3D Touch pada perangkat ini.

Sebagai gantinya, Apple menghadirkan teknologi baru bernama Haptic Touch, seperti yang didapat pada trackpad kaca milik MacBook.

Tak hanya itu saja, Apple juga menerapkan fitur “Tap to Wake” yang memungkinkan pengguna untuk menyalakan layar LCD dengan hanya mengetuk permukaan layar.

Tidak seperti iPhone XS dan iPhone XS Max yang mendapatkan peningkatan soal kadar ketahanan air IP68, pada iPhone XR ini masih menggunakan IP67.

Fitur

Jaringan dan konektivitas yang dibawa oleh iPhone XR juga bisa dikatakan cukup lengkap. Yang mana iPhone XR didukung oleh fitur Dual SIM, yakni Nano SIM dan e-SIM khas Apple.

iPhone XR juga mendukung jaringan 2G GSM, CDMA, 3G HSDPA, dan jaringan 4G LTE. Sehingga siap mendukung aktivitas seluler pengguna dengan optimal.

Kemampuan selancar dunia maya pada iPhone XR juga tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, Apple telah membekali perangkat ini dengan dukungan speed GPRS, EDGE, HSPA+, EVDO Rev.A, dan LTE-A.

iPhone XR

Sejumlah konektivitas juga dibekalkan pada smartphone besutan Apple ini seperti dukungan Wi-Fi, Hotspot, GPS Navigasi, Safari Browser, Bluetooth 5.0, USB Lighting Connector, dan juga NFC yang terintegrasi dengan Apple Pay.

iPhone XR pun juga dibekali sejumlah fitur keren lainnya seperti dukungan FM radio, Siri Natural Language Commands & Dictation, iCLoud Cloud Service, dan juga sensor biometrik Face ID Sensor meskipun belum 3D.

Kualitas audionya pun cukup powerfull berkat dukungan Dolby Audio dengan speaker stereo.

Ponsel cerdas ini juga telah menganttongi sertifikasi IP67 Water & Dust Resistant, yang membuat bodinya tahan debu dan tahan air.

Performa

Mengupas lebih lanjut pada spesifikasi iPhone XR di sektor dapur pacu dan performa dengan penawaran harga kelas atas.

Di dalam bodinya, perangkat anyar besutan Apple ini telah dipersenjatai oleh chipset Apple A12 (Bionic With Next-Gen Neural Engine) mengusung processor Hexa-Core yang handal.

Kinerja dari processor tersebut pun semkain handal dengan diperkuat RAM sebesar 3 GB untuk memproses multitasking dan komputasi aplikasi atau game berat sekalipun tanpa lag.

Sementara untuk urusan kualitas grafisnya sudah dibalut GPU Apple Quad-Core Graphics, yang siap menyajikan visual halus, mulus, dan juga menawan, ketika digunakan untuk bermain game dan memutar konten multimedia.

Phablet andalan Apple ini juga menawarkan tiga varian internal yang berbeda dengan harga terpaut. Di mana dapat dipilih konsumennya sesuai selera, kebutuhan, dan tentunya dana.

iPhone XR hadir dalam varian internal 64 GB, 128 GB dan 256 GB dengan penawaran harga bervariasi. Ketiga varian ini sama-sama tidak didukung slot microSD, sehingga tidak mendukung perluasan memori eksternal.

Kamera

Kamera yang diusung iPhone XR belum mendukung dual-camera belakang seperti yang ada pada iPhone XS. Pasalnya seri ini hanya menawarkan kamera belakang tunggal dengan resolusi 12 MP, lengkap dengan dukungan Quad LED True Tone Flash, Autofocus, HDR, Low Light Mode, OIS, Image Video Stabilisation, Potrait Lighting dan masih banyak lagi.

Dengan harga yang tidak bisa dibilang murah, kamera belakangnya mengusung lensa safir dalam bukaan f/1.9, yang siap menghasilkan bidikan gambar jernih, tajam, cerah dan menawan.

“Dengan satu kamera, iPhone XR bisa membidik mode Portrait dengan menakjubkan.”, papar Phillip Schiller, selaku VP Marketing Apple, saat peluncuran iPhone XR.

Selain itu, kemampuan kamera belakangnya juga dapat digunakan untuk merekam momen berharga dengan video berkualitas 4K atau 2160p@60fps juga video Slow Motion Video – 1080p@240fps.

Tak ketinggalan, Apple juga membekali perangkat terbarunya ini dengan dukungan kamera depan yang memilik resolusi 7 MP.

Kamera depan ini sudah didukung oleh Retina Flash dan bukaan lensa f/2.2, dengan sudut pandang luas.

Sejumlah fitur juga turut dihadirkan, seperti Animoji, Memoji, 1080p Video Capture, Potrait Lighting, TrueDepth Camera, yang siap memberikan pengalaman berselfie lebih menyenangkan.

Dan tentunya kamera depan ini juga telah mendukung aktivitas video call, video chatt, dan merekam hingga kualitas Full HD.

Baterai

Semua operasional dan kinerja yang dibenamkan dalam iPhone terbaru Apple ini ditenagai oleh baterai Non-removable yang sudah ditanamkan.

Baterainya juga sudah didukung oleh Quick Charge yang mampu mengisi daya hingga 50 persen hanya dalam 30 menit dan teknologi pengisian daya nirkabel Wireless Charge (with Qi Wireless).

Bicara soal harga, iPhone XR dibanderol mulai dari 749 Dollar AS atau setara Rp 10,7 jutaan.

Harga ini lebih murah dari iPhone XS dan iPhone XS Max, namun ukuran layarnya tergolong besar untuk sebuah iPhone di kelasnya.

Wefixit
Register New Account
Reset Password
WhatsApp chat