Review iPhone XS Max: Usung Dual SIM Card dan Layar Besar

WEFIXIT.id– Apple telah resmi memperkenalkan iPhone versi 2018. Tak tanggung-tanggung, tiga iPhone dirilisnya sekaligus. Ketiganya adalah iPhone XS, iPhone XR, dan iPhone XS Max.

Ketiga iPhone tersebut yang dirilis secara berbarengan ini memiliki fitur utama yang hampir sama. Namun tetap ada perbedaan, dengan menyasar pasar yang juga berbeda.

iPhone XS Max misalnya, varian ini menjadi seri iPhone termahal di antara lini iPhone versi 2018 lainnya, sekaligus menjadi smartphone termahal saat ini.

Tak berbeda dengan iPhone XS, flagship yang membawa nama “iPhone XS Max” ini juga hadir dengan beberapa keunggulan yang sangat canggih dengan kemewahan tampilannya.

Hanya saja, flagship mewah ini memiliki ukuran layar yang lebih besar dibanding iPhone XS yang memiliki layar berukuran 5,8 inchi. Sedangkan iPhone XS Max memiliki layar lebih besar, yakni dengan ukuran 6,5 inchi.

Meski demikian, kualitas layarnya sama-sama kelas wahid dengan teknologi Dolby Vision dan HDR10.

Namun, untuk urusan dapur pacu, hampir tidak ada perbedaan yang berarti dengan iPhone XS.

Adapun soal harga, tentu saja harga dari iPhone XS Max ini lebih mahal dibanding seri iPhone XS, mengingat spesifikasi yang dibawanya juga terbilang lebih unggul.

Lantas, apa saja sih kecanggihan yang ditawarkan dari varian iPhone XS Max ini?

Simak review mengenai spesifikasi dan harga Apple iPhone XS Max yang tersaji di bawah ini.

Review iPhone XS Max

DESAIN

Sebagaimana varian iPhone XS, pada flagship versi Max ini hadir dengan tetap mengusung konsep bezelless edge-to-edge dan juga notch atau poni di bagian depan serta kamera utama ganda (wide dan tele).

Secara eksterior, iPhone XS Max tampak elegan dengan menggunakan bahan stainless steel kokoh dengan mengusung sebuah konsep “Surgical Grade”, yang diklaim tahan banting.

Sementara itu, pada sektor depan dari iPhone XS Max sudah dibalut dengan material kaca yang sangat kokoh. Sehingga membuat kualitas dan keawetan yang dimiliki oleh iPhone XS Max tetap terjaga dengan baik.

Secara keseluruhan, lini iPhone XS Max ini mengusung dimensi yang sangat ideal, yakni 157.5 x 77.1 x 7.7 mm, dengan bobot mencapai 208 gram.

Bobot iPhone XS Max disumbang oleh ukuran layar jumbo seluas 6,5 inchi, dengan teknologi Dolby Vision dan HDR10, yang juga menjadi panel iPhone terbesar sejauh ini.

Ukuran layar iPhone XS Max ini juga menjadi gebrakan baru bagi Apple dalam tradisinya, yang khas dengan ukuran layar kecil.

Bicara soal layar, iPhone XS Max mengandalkan resolusi 1242 x 2688 pixels, dengan panel Super AMOLED yang mampu memberikan sebuah tampilan visual yang tajam dan atraktif.

Bahkan, pelindung Scatch Resistant Glass dan Oleophobic Coating di bagian belakang pun menjadi proteksi yang sangat berkualitas pada spesifikasi iPhone XS Max di sektor bodinya.

iPhone XS Max tersedia dalam tiga varian warna, yakni Gold, Silver, dan Gray. Salah satu peningkatan dari seri sebelumnya adalah sertifikasi anti-air dan anti-debu yang meningkat menjadi IP68.

FITUR

Jaringan dan konektivitas yang dibawa oleh iPhone XS Max juga cukup lengkap. Di mana smartphone ini didukung oleh kartu SIM ganda alias Dual SIM Card, yakni nano SIM dan juga e-SIM khas Apple untuk salah satu kartu SIM pada fitur ini.

Keduanya juga bisa sama-sama aktif, atau diistilahkan dengan “Dual SIM Dual Standby”. Dual SIM Dual Standby ini terdiri dari satu SIM fisik standar dan satunya lagu SIM elektronik atau e-SIM.

Namun, khusus untuk pasar China, kedua SIM tersebut bisa sama-sama SIM fisik.

Lantas, apa itu sebenarnya e-SIM?

Seperti diketahui, Subscriber Identification Module, atau yang akrab kita sebut dengan istilah “kartu SIM”, memiliki beberapa jenis berdasarkan ukuran yakni Nano, Micro, dan ukuran standar.

Yang paling banyak digunakan saat ini adalah nano SIM, karena ukurannya yang lebih kecil. Sehingga tidak memakan banyak tempat pada sebuah ponsel.

Sepintas, e-SIM ini serupa dengan sistem inject kartu SIM yang sempat marak beberapa tahun lalu.

Perbedaannya adalah, sistem inject kartu SIM ini dilakukan secara permanen untuk satu operator seluler. Sedangkan untuk pengguna e-SIM masih bisa berganti-ganti nomor dari satu operator ke operator lainnya.

Sesuai namanya, e-SIM atau electronic SIM ini tidak memiliki wujud fisik seperti kartu pada umumnya. e-SIM berupa modul yang terintegrasi dan melekat di dalam smartphone dan tidak bisa dilepas-pasang sembarangan.

Sementara untuk konektivitas, iPhone XS Max menggunakan Gigabit-class LTE. Selain itu, pada smartphone ini juga terdapat Bluetooth versi 5.0.

Fitur lainnya dari Phone XS Max adalah sebuah teknologi speaker stereo dengan suara yang lebih luas dan microphone yang dapat membuat rekaman suara dan video dengan stereo. Sehingga tidak perlu lagi menghubungkan smartphone dengan speaker portabel.

PERFORMA

Dari segi performa, iPhone XS Max meningkat sangat signifikan dengan mengandalkan prosesor A12 Bionic. Prosesor ini adalah yang pertama menggunakan chip 7nm dengan 6,9 miliar transistor.

Jika dijabarkan, dalam satu prosesor terdapat 4-Core GPU, 6-core CPU, dan Neural Engine. Tiap Core CPU A12 diklaim mampu menjalankan program 15 persen lebih cepat ketimbang A11 Bionic. Sementara GPU-nya 50 persen lebih baik.

Performa iPhone XS Max juga sudah dilengkapi dengan RAM 4 GB sebagai penunjang aktivitas multitasking, yang mampu menjalankan program secara lebih responsif dan memiliki tingkat kestabilan sistem handal.

Sementara untuk soal sistem operasinya, ponsel cerdas besutan Apple ini sudah mendukung fitur-fitur di OS iOS 12, yang berkutat pada implementasi Augmented Reality (AR), Machine Learning (ML), Memoji, serta penggunaan asisten digital Siri.

Tak hanya itu saja, iPhone XS juga menawarkan tiga varian memori internal handal dengan kapasitas ruang jumbo, antara lain 64 GB, 256 GB, dan 512 GB. Ketiganya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.

KAMERA

Beralih ke sektor kamera, dimana iPhone XS Max menggunakan modular ganda (dual-camera) pada bagian belakang. Kedua kamera belakang tersebut beresolusi 12 MP dan 12 MP, satu dengan lensa wide angle dan satunya lagi untuk telephoto.

Masing-masing kamera juga sudah dilengkapi dengan Stabilizer Optical (OIS), phase detection autofocus (PDAF), dan lensa 6 elemen.

Sedangkan bukaannya f/1.8, 28mm, 1.4µm (wide angle) dan f/2.4, 52mm, 1.0µm, (telephoto) yang bisa melakukan zoom optical hingga 2x.

Keduanya juga sama-sama sanggup memberikan efek bidikan foto yang sangat terfokus dengan hasil yang begitu tajam dan natural.

Di sisi depan, pengguna bisa selfie dengan kamera 7 MP. Sensornya diklaim lebih cepat dan bukaannya f/2.2.

Dengan teknologi Image Signal dan Neural Engine, hasil foto selfie kamera depan ini bisa ditingkatkan secara maksimal.

Fitur kamera yang ditonjolkan adalah Smart HDR. Di mana dengan fitur ini, pengguna bisa membidik empat foto berturut-turut tanpa ada shutter lag sama sekali.

Jadi, pengguna tidak perlu khawatir ketika hendak menjepret objek yang bergerak.

BATERAI

Hal mengesankan lainnya dari iPhone XS Max adalah baterai. Di mana pada varian XS ini memang memiliki baterai yang diklaim 30 menit lebih tahan lama dibanding iPhone X keluaran tahun 2017 lalu.

iPhone XS Max sendiri dibekali dengan baterai berkapasitas 3.174 mAh. Baterai ini diklaim mampu bertahan 90 menit lebih lama jika dibandingkan iPhone X.

iPhone XS Max juga mengusung fitur pengisian baterai cepat (Fast Battery Charging). Di mana hanya dalam waktu 30 menit, maka baterai akan mencapai titik 50 persen.

Tak hanya itu saja, QI Wireless Charging pun menjadi fitur yang disematkan sebagai model pengisian via Bluetooth.

Bicara soal harga, iPhone XS Max dengan storage paling rendah, yaitu 64 GB, dibanderol dengan harga 1.099 Dollar AS atau sekitar Rp 19 jutaan.

Sedangkan untuk varian 256 GB, dijajakan seharga 2,039.00 Dollar AS atau sekitar Rp 21 jutaan.

Sementara itu, untuk varian 512 GB, ditawarkan mulai harga 2,349.00 Dollar AS atau sekitar Rp 25 jutaan.

Wefixit
Register New Account
Reset Password
WhatsApp chat