fbpx

Baterai Laptop Cepat Habis?

November 16, 2021

WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Tidak sedikit pengguna laptop yang mengeluhkan akan baterai yang tiba-tiba habis sendiri. Padahal sebelumnya kondisi laptop mati ataupun standby. Tentu dengan kejadian seperti ini akan mengakibatkan aktivitas Anda menjadi terganggu.

Penggunaan yang tidak wajar, seperti bermain game ketika sedang mengisi daya baterai, tentu akan mengakibatkan baterai laptop rusak, sehingga membuat baterai laptop bocor. Lalu bagaimana cara mengatasi baterai yang nge-drop pada laptop?

Pada dasarnya, untuk memperbaiki baterai laptop yang cepat habis tidaklah begitu sulit asalkan kondisi baterai sesuai dengan spesifikasi laptop yang kita miliki. Maka dari itu, layaknya sebuah smartphone, kita perlu merawat laptop agar masalah yang tidak kita inginkan terjadi.

Penyebab laptop cepat panas dan baterai sering habis memang sangat beragam. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi dan memperbaiki baterai laptop yang cepat habis.

Penyebab Baterai Laptop Bocor

  • Menggunakan laptop saat di-charger sangat berisiko baterai laptop akan cepat rusak. Jadi, jangan terlalu sering. Charger terlalu lama juga harus dihindari.
  • Membiarkan laptop mati dalam keadaan baterai kosong juga sangat berpotensi membuat baterai laptop cepat rusak.
  • Penggunaan laptop yang berlebihan. Pada dasarnya, laptop diciptakan untuk pekerjaan yang ringan dan tidak digunakan untuk bekerja seharian. Jadi, laptop bukanlah untuk kegiatan seperti bermain game berat dan aplikasi dengan grafis tinggi, kecuali memang laptop gaming.
  • Peletakan laptop yang salah juga sangat berpotensi membuat baterai laptop cepat rusak. Laptop mengeluarkan hawa panas, dan kebanyakan para pengguna laptop kurang mengerti bahwa meletakkan laptop di atas bahan yang empuk, seperti bantal atau kasur, dapat menyebabkan aliran hawa panas terganggu.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Bocor

Jika baterai laptop yang cepat habis terjadi karena nge-drop, maka solusi untuk mengatasinya adalah dengan melakukan kalibrasi baterai laptop. Cara melakukan kalibrasi baterai laptop ini tidaklah terlalu sulit.

Nah, untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut :

1. Isi Penuh Baterai Laptop

  • Pertama, cara mengatasi baterai laptop yang bocor pertama adalah charger baterai laptop Anda hingga penuh 100 persen. 
  • Kalau baru sebentar saja sudah penuh, maka untuk memastikan baterai laptop benar-benar sudah penuh, Anda bisa melanjutkannya hingga 2 jam.

2. Mengatur Daya

Cara selanjutnya memperbaiki baterai laptop yang cepat habis adalah dengan mengatur opsi daya di laptop Windows. Berikut caranya :

  • Klik tanda baterai, dan aktifkan ke modus Balance.
  • Setelah itu atur Turn off the Display di baterai Never dan Put the Computer to Sleep menjadi Never. 
  • Anda juga dapat menemui pengaturan power melalui Control Panel.

3. Menyiapkan Hibernate & Low Battery Option

Cara memperbaiki baterai laptop yang rusak selanjutnya adalah dengan konfigurasi pilihan Hibernate dengan langkah-langkah: Power Options > Change Plan Settings > Advance Settings > Battery > Set it to hibernate > Lalu, atur Low battery level 5 persen.

4. Biarkan Sampai Baterai Laptop Habis

Proses kalibrasi ini memerlukan siklus menghabiskan isi baterai dari penuh sampai habis, dan mengisinya kembali hingga penuh. Sehingga butuh waktu beberapa jam untuk menyelesaikannya.

Setelah proses kalibrasi selesai, maka indikator baterai laptop akan menunjukkan kapasitas power baterai yang lebih akurat. Untuk melakukan kalibrasi tersebut, ikuti cara berikut ini :

  • Biarkan laptop menyala hingga baterai terpakai habis dan laptop mati dengan sendirinya. 
  • Setelah itu, tancapkan lagi charger dan nyalakan laptop. 
  • Isi baterai hingga penuh lagi 100 persen. 
  • Selama proses kalibrasi, pastikan Anda tidak menggunakan laptop sama sekali. 
  • Sekarang proses kalibrasi baterai telah selesai dan kita dapat mengembalikan lagi Power Plan ke pilihan yang semula.

Perlu diketahui, bahwa hasil dari kalibrasi ini berbeda-beda pada setiap laptop, Tapi biasanya dapat meningkatkan kemampuan baterai laptop hingga 30 – 40 persen.

5. Install Smarter Battery

Jika sudah melakukan kalibrasi, namun kondisi baterai laptop masih nge-drop atau cepat habis, maka kemungkinan penyebab baterai cepat habis karena adanya masalah pada perangkat lunak. Untuk itu, setelah melakukan kalibrasi, tidak ada salahnya jika Anda menginstal software Smarter Battery.

Smarter Battery adalah utilitas pemantauan baterai untuk komputer portabel yang dimaksudkan untuk memberikan semua data baterai kepada si pengguna. Selain dapat digunakan untuk membantu memperpanjang hidup dan menghemat baterai, Smarter Battery juga berfungsi untuk memberikan gambaran yang sangat lengkap tentang kehidupan baterai laptop. Nah, agar data ini akurat, utilitas ini harus terus berjalan sepanjang waktu pada laptop.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi dan memperbaiki baterai laptop yang cepat habis atau nge-drop. Terimakasih telah berkunjung ke website Wefixit Service Center. Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri lama untuk melakukan service laptop.

Salah satu fitur menarik yang coba kami tawarkan di sini adalah service laptop panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Jadi, untuk service panggilan unit ini, laptop tidak perlu kami bawa, tetapi teknisi kami yang akan datang ke tempat Anda. Melakukan pengecekan dan perbaikan di sana. Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut.

Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?

Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.

Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.

Kriteria Kerusakan Laptop Yang Bisa Diselesaikan di Tempat

Umumnya, jenis kerusakan laptop itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?

Berikut tabel kriteria kerusakan laptop yang bisa diselesaikan di tempat :

Service HardwareService Software
1. Bluescreen1. Install Ulang Laptop
2. LCD laptop2. Lupa Password Windows
3. Keyboard3. Upgrade Windows 7/8 to 10
4. Wifi Ethernet4. Kena Virus/Cleaning Virus
5. Speaker5. Migrasi Data/Backup Data
6. Harddisk Problem6. Laptop Lambat
7. Upgrade Ram/SSD7. Install Aplikasi Desain
8. Bersihin Total8. Install Aplikasi Keuangan
9. Tambah Pasta9. Setting Data Sharing
10. Webcam Problem10. Setting Email

Segera konsultasikan masalah laptop Anda pada kami di nomor telepon Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!

      Wefixit
      Logo
      Enable registration in settings - general