fbpx

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Digunakan Main Game

November 14, 2021

WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Jika sebelumnya kita membahas penyebab laptop tidak bisa digunakan untuk bermain game, maka pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa cara untuk menangani masalah tersebut.

Perlu diketahui, tidak semua laptop cocok untuk digunakan main game. Terutama game yang berukuran besar dan berat. Sebab, masing-masing perangkat memiliki fungsi yang berbeda jika dilihat dari spesifikasi utamanya.

Saran dari kami, jika Anda ingin bermain game tanpa kendala, maka carilah laptop gaming terbaik dengan spesifikasi yang gahar.

Nah, di bawah ini adalah cara mengatasi laptop tidak bisa digunakan untuk main game.

  • Tutup Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Untuk mengatasi laptop nge-lag dan tidak bisa digunakan untuk bermain game adalah dengan menutup aplikasi aktif atau background yang dirasa tidak penting dan mengganggu performa laptop. Anda bisa melihat aplikasi-aplikasi tersebut dengan cara klik kanan di taskbar dan klik Task Manager. Kemudian klik kanan pada aplikasi yang tidak begitu penting, dan tekan tombol End Task.

  • Atur Grafis Game

Sama halnya seperti di Android, Anda juga bisa mengatur grafis dasar dari game yang ingin dimainkan. Beberapa pengaturan yang bisa disesuaikan seperti FPS, grafis, resolusi, windowed mode, dan lainnya. Seluruh pengaturan tersebut bisa Anda kelola untuk mendapatkan hasil performa terbaik.

Saran dari kami, apabila ada mode grafis, maka gunakanlah pengaturan Low atau Medium jika laptop Anda cukup kuat.

  • Batasi Waktu Penggunaan

Terkadang, ketika Anda terlalu lama menggunakan laptop, maka performa laptop akan menurun dan cenderung nge-lag. Ketika Anda menggunakan laptop untuk main game, maka ada baiknya memberikan waktu jeda kepada laptop sekitar 30 menit. Hal ini dilakukan agar laptop tidak mengalami overheat dan beban kerja yang berlebihan.

  • Gunakan Game Booster

Seperti halnya smartphone Android, laptop Anda pun bisa dipasangkan dengan aplikasi Game Booster. Aplikasi ini berguna untuk mempercepat performa gaming dengan menutup berbagai aplikasi background yang tidak perlu secara otomatis.

Aplikasi semacam Game Booster ini pun biasanya memberikan berbagai opsi pengaturan dan tuning sistem otomatis. Beberapa aplikasi Game Booster yang bisa Anda coba antara lain: Game Mode bawaan Windows 10, Nvidia GeForce Experience, AMD OverDrive, Game Fire 6, Wise Game Booster, dan lainnya.

  • Update Sistem/ Driver

Perbarui sistem operasi ataupun driver dari hardware di laptop. Sebab, pembaruan biasanya dapat meningkatkan kinerja laptop dan agar OS tetap dapat berinteraksi secara sempurna dengan hardware terkait. Caranya, buka Settings > Update & Security. Kemudian masuk ke Windows Update.

Sementara untuk update driver, cari Device Manager melalui bar pencarian di samping logo Windows. Klik kanan pada hardware atau sistem terkait, dan tekan Update Driver.

  • Service Laptop

Apabila laptop Anda mengalami kerusakan pada hardware, sehingga tidak bisa digunakan untuk bermain game, sebaiknya bawa ke tempat atau toko service laptop terdekat yang terpercaya seperti Wefixit Service Center. Sebab, kemungkinan ada beberapa masalah yang mungkin saja bisa saja terjadi, seperti VGA dan BIOS. Jika keduanya rusak, maka performa laptop tidak akan bisa stabil seperti sebelumnya.

Wefixit Service Center adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri lama untuk melakukan service laptop. Kami mengerti bahwa laptop Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.

Hal ini semakin lengkap dengan adanya fitur dan layanan khusus yang dimiliki Wefixit Service Center, yaitu service panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Jadi, untuk service panggilan unit ini, laptop tidak perlu kami bawa, tetapi teknisi kami yang akan datang ke tempat Anda untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di sana. Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut.

Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?

Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.

Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.

Kriteria Kerusakan Laptop Yang Bisa Diselesaikan di Tempat

Umumnya, jenis kerusakan laptop itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?

Berikut tabel kriteria kerusakan laptop yang bisa diselesaikan di tempat :

Service HardwareService Software
1. Bluescreen1. Install Ulang Laptop
2. LCD laptop2. Lupa Password Windows
3. Keyboard3. Upgrade Windows 7/8 to 10
4. Wifi Ethernet4. Kena Virus/Cleaning Virus
5. Speaker5. Migrasi Data/Backup Data
6. Harddisk Problem6. Laptop Lambat
7. Upgrade Ram/SSD7. Install Aplikasi Desain
8. Bersihin Total8. Install Aplikasi Keuangan
9. Tambah Pasta9. Setting Data Sharing
10. Webcam Problem10. Setting Email

Jadi, tunggu apa lagi? Segera konsultasikan masalah laptop Anda pada kami di nomor telepon Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!

      Wefixit
      Logo
      Enable registration in settings - general