fbpx

Bluetooth Laptop Tidak Bisa Menerima File?

WEFIXIT.ID – Bluetooth merupakan sebuah sistem nirkabel yang memungkinkan pengguna melakukan transfer data antara satu buah perangkat dan yang lainnya. Meski sudah dianggap “jadul” karena kecepatannya yang rendah serta keterbatasan jangkauan, namun teknologi ini hingga saat ini masih tetap digunakan untuk berbagai perangkat wireless. Termasuk juga laptop yang masih menyediakan fitur Bluetooth untuk penggunanya.

Namun, terkadang Bluetooth juga bisa bermasalah, seperti tidak bisa menerima file dari perangkat lain. Dan masalah ini sering sekali dialami oleh para pengguna laptop yang menggunakan sistem Windows 10.

Meski menjadi sistem operasi terbaru dan terpopuler, namun banyak pula pengguna yang mengeluh akibat konektivitas Bluetooth yang sulit. Tapi jangan khawatir! Karena masalah ini bisa Anda atasi sendiri tanpa harus membawanya ke toko service laptop.

Sebab-Sebab Bluetooth Laptop Tidak Dapat Menerima File

Biasanya, masalah Bluetooth laptop yang tidak bisa transfer file karena memang ada masalah pada perangkat lunak. Entah itu driver atau setelan dari Bluetooth itu sendiri.

Untuk itu, sebelum mengatasinya, Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja penyebabnya.

1. Cek Pengaturan Bluetooth.

Terkadang penyebab Bluetooth laptop tidak bisa menerima file karena pengaturan yang berubah atau tidak sengaja berubah. Di sini ada dua pengaturan yang mungkin membuat Bluetooth menjadi tidak berfungsi.

Yang pertama, ada pada pengaturan hidup dan mati Bluetooth. Dan yang kedua, ada pada pengaturan device Bluetooth yang disable dan enable.

Jika salah satu dari kedua setelan ini statusnya OFF atau Disable, maka Bluetooth tidak bisa menerima file dan juga mengirim file.

2. Driver Bluetooth Bermasalah.

Penyebab yang kedua mengapa Bluetooth laptop tidak bisa menerima file ada pada driver yang bermasalah. Driver sendiri memiliki peran penting terhadap hardware yang memiliki fungsi untuk mengontrol.

Jadi, ketika driver Bluetooth pada laptop Anda tidak cocok atau sudah usang, maka Anda harus memperbaiki driver software tersebut agar sesuai dengan hardware. Driver juga sangat berpengaruh terhadap fungsi Bluetooth pada laptop itu sendiri.

3. Tidak Ada Device Bluetooth di Laptop.

Penyebab lainnya mengapa laptop tidak bisa digunakan untuk menerima ataupun mengirim file adalah tidak adanya Bluetooth device bawaan laptop. Memang, tidak semua laptop dibekali oleh perangkat Bluetooth.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa cek di device manager untuk mengetahui ada tidaknya perangkat Bluetooth. Karena bisa jadi laptop Anda memang tidak dibekali device ini.

4. Jarak Perangkat Terlalu Jauh.

Penyebab Bluetooth pada laptop tidak bisa menerima file juga bisa disebabkan jarak antar perangkat yang terlalu jauh. Umumnya, Bluetooth bisa berfungsi dengan baik di jarak maksimal 10 meter.

Jika lebih dari 10 meter, biasanya koneksi Bluetooth akan terputus dengan sendirinya, karena sudah di luar jangkauan.

Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Yang Tidak Dapat Menerima File

Nah, untuk mengatasi masalah Bluetooth laptop yang tidak dapat menerima file ini, Anda dapat mencoba beberapa cara di bawah ini.

1. Instal Ulang Driver Bluetooth.

Cara pertama untuk mengatasi masalah Bluetooth laptop yang tidak bisa mentransfer file adalah dengan install ulang driver. Namun sebelum menghapus driver yang lama, pastikan dulu Anda sudah punya driver master-nya. Driver yang Anda instal ini harus kompatible dengan laptop agar device dapat berfungsi.

Biasanya, driver bawaan laptop akan disertakan pada paket pembelian dalam bentuk compact disk (CD). Atau Anda juga bisa men-download di website resmi produsen yang memproduksi laptop tersebut.

2. Lakukan Update Driver Bluetooth.

Masalah Bluetooth laptop yang tidak bisa menerima file juga bisa disebabkan oleh driver yang sudah usang. Artinya, driver yang kamu gunakan saat ini mungkin sudah tidak mendukung dengan software yang berlaku saat ini.

Untuk itu, Anda perlu melakukan update. Caranya, buka Device Manager dengan meng-klik Start, lalu ketik kata kunci Device Manager. Kemudian cari logo dan tulisa Bluetooth. Lalu klik kanan, kemudian pilih Update Driver.

3. Tambah Perangkat Baru.

Solusi lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menyandingkan perangkat tersebut dengan Bluetooth laptop terlebih dahulu. Caranya, klik Start, lalu Setelan. Kemudian pilih bagian Device. Pada Bluetooth & Other Device lalu klik Add Bluetooth or Other Device, lalu pilih Bluetooth.

Terakhir, pilih nama perangkat yang ingin disandingkan. Kemudian masukkan kata sandi sesuai dengan yang tertera pada laptop.

4. Menggunakan Bluetooth USB Dongle.

Anda dapat menggunakan Bluetooth USB Dongle atau biasa dikenal dengan modem Bluetooth USB. Dengan alat ini, Anda akan memiliki device Bluetooth secara eksternal yang bisa Anda gunakan untuk transfer file dengan perangkat lain di luar laptop. Dan Anda bisa membelinya di toko komputer.

5. Mendekatkan Jarak Perangkat.

Solusi terakhir untuk mengatasi masalah Bluetooth laptop yang tidak bisa menerima file adalah dengan mendekatkan jarak perangkat. Jarak paling ideal agar koneksi bluetooth bisa bekerja secara maksimal adalah 5 meter, meskipun jarak bisa dijangkau hingga 10 meter. Dengan asumsi bahwa setengah jarang maksimal akan membuat koneksi menjadi lebih kuat.

Itulah beberapa cara mengatasi Bluetooth laptop yang tidak bisa menerima file dari perangkat lain. Umumnya, masalah pada Bluetooth laptop ini terjadi karena setelan atau perangkat lunak kurang kompatibel. Dengan sedikit perbaikan, Anda sudah dapat menggunakannya kembali secara normal.

Nah, jika saat ini laptop kesayangan Anda mengalami kerusakan atau bermasalah, jangan khawatir, karena kini ada solusinya! Kini telah hadir Wefixit Service Center.

Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri untuk melakukan service laptop. Kami mengerti bahwa laptop Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.

Ada beberapa kelebihan dari Wefixit Service Center. Beberapa kelebihan tersebut ada di bawah ini.

  • Ramah

Dari salah satu review yang diberikan konsumen service center, diketahui bahwa Wefixit Service Center memiliki tim yang baik. Setiap konsumen merasa puas karena layanan yang kami diberikan cukup ramah. Saat tiba di service center, konsumen akan dilayani dengan ramah. Dimulai dengan pertanyaan terkait kerusakan, hingga akhirnya informasi tentang perbaikan produk lainnya.

  • Cepat

Berbeda dengan layanan brand lain, Wefixit Service Center memiliki layanan yang cepat. Kerusakan produk pun akan diselesaikan dalam waktu cepat, dan akan diselesaikan dalam waktu seminggu.

  • Teknisi Handal

Apakah Anda masih tidak yakin dengan service center Wefixit Service Center? Hilangkan keraguan tersebut. Karena kami telah melakukan seleksi maksimal untuk setiap teknisinya. Di sisi lain, kami juga melakukan pelatihan pada setiap teknisi, sehingga teknisi yang melakukan perbaikan sudah dipastikan teknisi handal.

  • Fasilitas Memadai

Untuk menjaga kenyamanan konsumen, kami berupaya menjaga fasilitas service center. Untuk itu, pada service center kami, diupayakan untuk menjaga kenyamanan ruangan. Sedangkan selama di masa pandemi, service center kami akan ditambahkan dengan handsanitizer dan pengecekan suhu, sesuai protokol kesehatan anjuran pemerintah.

Kelebihan inilah yang membuat konsumen nyaman menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding yang lainnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera konsultasikan masalah laptop Anda pada kami di nomor telepon Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!

      Wefixit
      Register New Account
      Reset Password