fbpx

Cara Mengatasi Brightness Yang Tidak Berfungsi di Windows 10

November 22, 2021

WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Kecerahan menjadi bagian penting yang ada di PC atau laptop yang terkadang harus diatur secara manual. Tujuannya adalah agar mata tetap nyaman dan tidak cepat lelah ketika memandang layar dalam waktu yang cukup lama. Pengaturan kecerahan atau brightness ini sudah disediakan oleh Windows 10 sebagai fitur dasar yang dapat diatur di halaman tertentu.

Namun, terkadang ada juga yang memiliki masalah terkait fitur ini. Seperti, brightness yang tidak dapat diatur. Tentunya masalah brightness yang tidak dapat diatur akan cukup mengganggu pengguna. Terutama bagi mereka yang pekerjaannya memang harus melihat layar monitor dalam waktu lama.

Penyebab brigtness tidak berfungsi sangat beragam. Bisa terjadi karena adanya bug pada driver, bug pada sistem, virus, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi kecerahan laptop Windows 10 yang tidak berfungsi (brightness).

1. Aktifkan Ulang Driver VGA

Nyalakan ulang driver VGA yang ada di Device Manager laptop Anda. Caranya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Buka Device Manager dengan cara mencarinya di pencarian.
  • Klik pada Display Adapters. Lalu klik kanan pada driver VGA (Intel, NVIDIA, AMD). Klik Disable, kemudian tunggu beberapa saat sampai monitor berkedip hitam.
  • Jika sudah berkedip, klik kanan kembali pada driver VGA. Lalu klik Enable.
  • Kemudian coba Anda atur brigtness-nya. Jika belum bisa, Anda bisa restart terlebih dahulu.

2. Roll Back Driver VGA

Cara berikutnya adalah dengan melakukan roll back pada driver VGA di device manager. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan driver versi baru ke versi yang lama. Tujuannya adalah untuk menghilangkan bug atau error yang terjadi ketika adanya pembaruan. Karena bisa saja pembaruan belum berjalan sempurna sehingga mendatangkan error.

Dengan mengembalikannya ke versi yang lama, diharapkan bug atau error bisa hilang dan driver berjalan normal kembali. Simak langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Buka Device Manager. Anda bisa melihat pada cara sebelumnya.
  • Klik pada Display Adapter. Lalu klik kanan pada driver VGA. Kemudian klik Properties.
  • Akan muncul jendela baru. Pada jendela tersebut klik tab menu Driver. Kemudian klik Roll Back Driver. Jika tombol tidak bisa diklik, berarti driver Anda belum pernah mengalami pembaruan.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Dan jika sudah selesai, silahkan Anda restart terlebih dahulu.

3. Update Versi Windows Anda

Jika Anda termasuk orang yang sering mematikan update Windows, maka secara tidak langsung akan membuat versi update yang tersedia menjadi menumpuk. Jika sudah seperti itu, biasanya saat update Windows bisa saja terdapat bug.

Nah, untuk mengatasi bug tersebut, Anda perlu meng-update kembali Windows Anda. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Buka Setting.
  • Klik Update & Security.
  • Klik Windows Update pada menu bagian kanan.
  • Kemudian cek apakah ada update pada Windows Anda. Jika ada, segera lakukan update.

4. Enable Generic PnP Monitor

Pada dasarnya, masalah brigthness tidak selalu berasal dari driver VGA, karena monitor juga dapat berpengaruh pada pengaturan brightness.

Terkadang, generic PnP monitor bisa berubah menjadi disabled. Hal itu dikarenakan adanya bug atau error pada driver VGA atau faktor yang lainnya. Berikut cara mengatur enable pada generic PnP monitor.

  • Buka Device Manager.
  • Klik pada monitor. Lalu klik kanan pada Generic PnP Monitor. Kemudian klik Enable.

5. Atur Registry Pada Sistem Windows

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur registry pada sistem Windows. Registry adalah kumpulan ‘catatan’ yang tersimpan pada Windows, yang berfungsi untuk menyimpan konfigurasi tertentu, baik itu dari aplikasi maupun sistem. Ada juga registry yang dapat mengatur konfigurasi brightness.

Berikut cara mengatur Registry :

  • Tekan Windows + R, lalu ketik Regedit, dan klik OK.
  • Klik HIKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM.
  • Lalu klik ControlSet001 > Control.
  • Klik Class > {4d36e968-e325-11ce-bfc1-08002be10318} > 0000.
  • Lalu pada menu bagian kanan cari KMD_EnableBrightnessInterface2, kemudian klik 2 kali.
  • Terakhir, ubah value data menjadi 0, dan base menjadi Hexadesimal. Lalu klik OK.

Itulah cara mengatasi brightness yang tidak berfungsi pada Windows 10. Semoga dengan cara di atas masalah pada kecerahan laptop Anda bisa teratasi. Terimakasih telah berkunjung ke website Wefixit Service Center. Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri lama untuk melakukan service laptop.

Salah satu fitur menarik yang coba kami tawarkan di sini adalah service laptop panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Jadi, untuk service panggilan unit ini, laptop tidak perlu kami bawa, tetapi teknisi kami yang akan datang ke tempat Anda. Melakukan pengecekan dan perbaikan di sana. Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut.

Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?

Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.

Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.

Kriteria Kerusakan Laptop Yang Bisa Diselesaikan di Tempat

Umumnya, jenis kerusakan laptop itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?

Berikut tabel kriteria kerusakan laptop yang bisa diselesaikan di tempat :

Service HardwareService Software
1. Bluescreen1. Install Ulang Laptop
2. LCD laptop2. Lupa Password Windows
3. Keyboard3. Upgrade Windows 7/8 to 10
4. Wifi Ethernet4. Kena Virus/Cleaning Virus
5. Speaker5. Migrasi Data/Backup Data
6. Harddisk Problem6. Laptop Lambat
7. Upgrade Ram/SSD7. Install Aplikasi Desain
8. Bersihin Total8. Install Aplikasi Keuangan
9. Tambah Pasta9. Setting Data Sharing
10. Webcam Problem10. Setting Email

Segera konsultasikan masalah laptop Anda pada kami di nomor telepon Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan tempat service laptop lainnya. Dijamin!

      Wefixit
      Logo
      Enable registration in settings - general