fbpx

Perbedaan Chromebook dan Laptop Windows

November 21, 2021

WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Di tahun 2021 ini, pemerintah Indonesia mencanangkan program pengadaan laptop untuk pendidikan. Namun dikabarkan laptop tersebut tidak menggunakan sistem operasi Windows, melainkan Chromebook.

Chromebook sendiri diluncurkan pada 2011, dan semakin populer di berbagai penjuru dunia meski tetap belum bisa mengalahkan pamor Windows. Nah, berikut beberapa poin perbedaan antara Chromebook dengan laptop Windows.

  • Antarmuka

Baik Windows maupun ChromeOS, sama-sama menghadirkan sisi antarmuka yang mencakup desktop yang menampilkan shortcut pada beragam aplikasi.

Pada Windows, di bagian pojok kanan bawah terdapat informasi waktu, notifikasi, dan System Tray. Windows juga mengizinkan pengguna untuk meng-klik tombol Start yang akan menampilkan jendela untuk pencarian Cortana, mengetahui daftar aplikasi dan file yang bisa diakses, dan mengakses menu Power, Setting, ataupun mengakses gambar dan dokumen.

Sedangkan pada Chromebook, antarmuka sistem operasinya lebih mirip seperti Android pada ponsel atau tablet. Saat melakukan klik atau tap pada tombol di pojok kiri bawah, yang muncul adalah daftar aplikasi-aplikasi yang ditampilkan secara grid.

  • Dukungan Aplikasi

Bagi pengguna Chromebook yang gunakan ChromeOS, Anda tidak bisa menginstal aplikasi yang tersedia untuk Windows. Namun, aplikasi-aplikasi terkenal yang ada di Windows biasanya sudah dibuatkan versi Android-nya. Contoh, Microsoft Office, aplikasi-aplikasi VPN, pembaca PDF, atau yang lainnya.

Hanya saja, tidak semua aplikasi versi Android memiliki yang fungsi sama persis dengan versi Windows. Chromebook hanya dapat menginstal aplikasi-aplikasi yang tersedia pada Google Play Store saja. Atau jika aplikasi yang diinginkan tidak tersedia, maka pengguna dapat menginstal file .apk yang didapat dari sumber lain.

  • Chromebook Bukan Untuk Gaming

Mengingat ChromeOS hanya dapat menginstal aplikasi dari Google Play Store, maka pengguna pun tidak dapat menginstal game-game yang tersedia via Steam ataupun Epic Store. Bagi pengguna Chromebook, game yang bisa dimainkan hanyalah yang ada di Google Play Store saja.

Solusi yang paling feasible untuk gaming di Chromebook adalah dengan mengakses game-game berbasiskan web browser.

  • Chromebook Lebih Aman

Sistem operasi Windows rentan menjadi sasaran empuk hacker untuk mencari mangsanya. Sedangkan ChromeOS pada Chromebook memiliki sistem keamanan yang lebih baik dan tidak mudah dibobol dibandingkan Windows.

  • Spesifikasi Hardware Chromebook Lebih Sederhana

Jika Anda sering melakukan kegiatan mengetik atau riset di browser, pastinya membutuhkan besaran RAM dan prosesor yang mumpuni. Itu mengapa, rata-rata laptop Windows menghadirkan spesifikasi yang tinggi untuk membuatnya lancar dalam melaksanakan perintah pengguna.

Hal ini tentunya berbeda dengan Chromebook, yang memiliki spesifikasi lebih sederhana untuk melakukan tugasnya. Hal ini terjadi karena ChromeOS adalah sistem operasi berbasiskan Linux yang sangat ringan dibandingkan Windows.

Selain itu, ChromeOS juga memiliki fungsionalitas yang lebih sederhana, tidak seperti Windows yang merupakan sistem operasi lebih rumit. Hampir semua yang dilakukan pada Chromebook berbasiskan online. Itulah mengapa Chromebook umumnya hanya memiliki storage lebih kecil, di kisaran 32 GB hingga 160 GB.

  • Fungsionalitas Chromebook Bergantung Pada Online

Jika Anda memutuskan untuk memiliki Chromebook, bersiaplah untuk selalu terkoneksi ke internet. Pasalnya, fungsionalitas Chromebook mayoritas bergantung pada browser dan internet. Mengingat memorinya yang kecil, Anda tidak akan bisa menginstal banyak aplikasi dan perlu bergantung pada browser untuk melakukan banyak pekerjaan.

Berbeda dengan laptop Windows yang masih bisa produktif sekalipun tidak ada jaringan internet. Sebab, Anda masih bisa menggunakan aplikasi yang sebelumnya telah diinstal untuk lakukan pekerjaan.

  • Harga Chromebook Relatif Lebih Murah

Chromebook memang tidak sefungsional Windows karena kapabilitas yang terbatas pada hal-hal yang berbau online saja. Maka spesifikasi Chromebook yang cenderung lebih ringan ini juga berimbas pada harganya yang jauh lebih terjangkau dibanding laptop Windows biasa.

Itulah perbedaan antara laptop dengan sistem operasi Windows dan Chromebook berbasiskan ChromeOS. Kini pilihan ada di tangan Anda. Terimakasih telah berkunjung ke website Wefixit Service Center. Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri lama untuk melakukan service laptop.

Salah satu fitur menarik yang coba kami tawarkan di sini adalah service laptop panggilan atau pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Jadi, untuk service panggilan unit ini, laptop tidak perlu kami bawa, tetapi teknisi kami yang akan datang ke tempat Anda. Melakukan pengecekan dan perbaikan di sana. Untuk itu, bila Anda berada di Jakarta dan terdapat kendala produk, maka Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut.

Lalu, bagaimana bila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan di tempat Anda?

Nah, apabila teknisi kami tidak bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bisa dikatakan cukup parah, bila Anda setuju maka akan dicek lebih lanjut di tempat kami secara intensif. Maka unit akan kami bawa ke tempat kami, dan akan kami berikan bukti tanda terima barang.

Maka dari itu, beberapa kerusakan ada yang bisa kami selesaikan langsung di tempat, namun ada pula yang perlu dibawa ke tempat kami.

Kriteria Kerusakan Laptop Yang Bisa Diselesaikan di Tempat

Umumnya, jenis kerusakan laptop itu ada dua, yaitu dari hardware dan dari software. Lalu, jenis kerusakan yang bagaimana diantara hardware dan software yang dapat diselesaikan di tempat?

Berikut tabel kriteria kerusakan laptop yang bisa diselesaikan di tempat :

Service HardwareService Software
1. Bluescreen1. Install Ulang Laptop
2. LCD laptop2. Lupa Password Windows
3. Keyboard3. Upgrade Windows 7/8 to 10
4. Wifi Ethernet4. Kena Virus/Cleaning Virus
5. Speaker5. Migrasi Data/Backup Data
6. Harddisk Problem6. Laptop Lambat
7. Upgrade Ram/SSD7. Install Aplikasi Desain
8. Bersihin Total8. Install Aplikasi Keuangan
9. Tambah Pasta9. Setting Data Sharing
10. Webcam Problem10. Setting Email

Segera konsultasikan masalah laptop Anda pada kami di nomor telepon Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan tempat service laptop lainnya. Dijamin!

      Wefixit
      Logo
      Enable registration in settings - general