Analis: iPhone 2019 Tidak Beda Dengan iPhone Sekarang

WEFIXIT.id – Seorang analis dari Nomura, Anne Lee, baru-baru ini mengatakan bahwa generasi iPhone 2019 tidak akan terlalu berbeda dibandingkan iPhone yang ada sekarang.

Ini artinya, varian baru iPhone versi 2019 kemungkinan akan mirip dengan trio iPhone 2018 saat ini.

“Menurut kami, tiga varian iPhone semester II tahun fiskal 2019 kemungkinan akan mirip (ukuran bodi dan layar) dengan versi tahun ini (iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max) dengan penambahan fitur terkait Augmented Reality (AR).”, ungkap analis tersebut.

Dikutip dari Softpedia, Kamis (25/7/2019), Lee mengungkapkan bahwa di tahun 2019 ini, kemungkinan akan menjadi tahun terakhir Apple menggunakan arsitektur desain iPhone X.

“Sebagai persiapan spesifikasi hardware awal untuk 5G dan AR, sebelum upgrade arsitektur yang lebih hebat pada tahun fiskal 2020 dan sistem AR lain yang lebih komprehensif.”, jelasnya.

Adapun Apple di tahun 2019 ini diperkirakan akan merilis tiga varian iPhone baru, sama seperti tahun lalu. Salah satunya dikabarkan akan memiliki layar berukuran 5,8 inchi, kemudian ada varian Max, dan LCD berukuran 6,1 inchi.

Meski demikian, sejauh ini pihak Apple sendiri masih enggan mengomentari berbagai rumor tentang iPhone 2019.

Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu memang dikenal enggan berkomentar terkait produk yang belum diumumkan.

Apple Bakal Luncurkan iPhone 5G Tahun 2020

Terlepas dari iPhone 2019, Apple juga disebut-sebut baru akan meluncurkan iPhone dengan konektivitas 5G pada tahun 2020 mendatang.

Konon, perusahaan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat, itu baru akan melepas iPhone dengan jaringan 5G belakangan lantaran ingin menunggu jaringan 5G agar matang terlebih dulu.

Apple memang dikenal cenderung telat mengadopsi teknologi seluler terkini. iPhone 3G misalnya, yang baru hadir pada tahun 2008. Sementara untuk jaringan 3G telah mulai digelar pada 2007.

Kemudian, Apple juga baru menerapkan 4G LTE pada iPhone 5 di tahun 2012, atau dua tahun setelah smartphone 4G lainnya mulai bermunculan.

Selain itu, Apple juga sedang terlibat konflik dengan Qualcomm, salah satu pengembang jaringan 5G dan penyedia chip modem yang diperlukan untuk tersambung ke 5G.

Sengketa dengan Qualcomm ini mengakibatkan Apple beralih ke chip modem Intel untuk sebagian iPhone.

Namun masalahnya, chip modem 5G Intel ini kabarnya baru akan siap pada tahun 2020.

Apabila nanti berdamai, mungkin Apple akan dapat menggunakan modem Qualcomm untuk lebih cepat menghadirkan 5G di produk-produknya.

Ada juga spekulasi bahwa Apple sedang coba-coba mengembangkan chip modem sendiri, agar nantinya tidak tergantung dengan pihak lain.

Wefixit
Register New Account
Reset Password
WhatsApp chat