fbpx

Jangan Lakukan 10 Hal Ini Ketika Menggunakan Laptop

WEFIXIT.ID – Memiliki dan menggunakan laptop dengan performa optimal guna mendukung selesainya pekerjaan tepat waktu, rasanya sudah jadi hal ideal yang didambakan banyak orang. Laptop yang bermasalah sering kali membuat Anda emosi karena menghambat kegiatan Anda.

Biasanya, laptop dengan usia pemakaian 2 tahun atau lebih, rata-rata mulai mengalami penurunan performa. Turunnya performa ini bisa ditandai dengan beberapa indikasi, yaitu :

Pertama, laptop semakin lama semakin malas (lemot) jika digunakan, terutama saat membuka banyak aplikasi sekaligus (multitasking) sehingga pada akhirnya laptop berhenti bekerja (hang).

Umumnya yang akan dilakukan ketika laptop nge-hang adalah mematikannya secara paksa dengan menekan tombol power. Jika hal ini sering dilakukan, maka yang menjadi korban pertama adalah hardisk.

Sebagai informasi bahwa kerja hardisk tidak boleh dihentikan secara mendadak, karena akan merusak komponen-komponen hardisk di dalamnya.

Kedua, laptop mengeluarkan panas yang berlebihan (overheating) di bagian bawah, atau tepatnya di bawahnya prosesor (letaknya di sekitar kipas). Jika overheating ini mencapai batas maksimalnya, maka laptop akan mati sendiri secara mendadak. Akibatnya, pada hardisk dan bisa merusak komponen-komponen motherboard laptop. Dua indikasi ini yang sering terjadi pada laptop yang frekuensi penggunaanya cukup tinggi.

Nah, untuk menjaga peforma laptop, Anda harus memahami hal-hal yang dilarang saat menggunakan laptop. Berikut ini adalah 10 hal yang dilarang saat menggunakan laptop.

1. Jauhkan Dari Sesuatu Yang Basah

Laptop itu barang elektronik, jadi sangat anti dengan yang namanya air. Terlebih lagi pada air yang mengandung mineral. Sebeb, jika terkena air yang ada kandungan mineralnya bisa mengakibatkan korosi pada bagian-bagian tertentu. Kalau tingkat korosinya banyak, maka laptop Anda akan rusak.

2. Jauhkan Dari Sinar Matahari

Tak hanya laptop, semua perangkat elektronik sebenarnya tidak disarankan digunakan di bawah terik sinar Matahari, apalagi di siang hari. Alasannya, agar tidak merusak hardware. Untuk itu, hindari sinar Matahari langsung.

3. Jangan Langsung Menutup LCD Setelah Dimatikan dan Pada Saat Laptop ON

Setelah laptop dimatikan, sebaiknya layarnya jangan langsung ditutup. Biarkan dulu selama beberapa menit. Mengapa? Sebab, layar rentang terkena suhu panas yang menguap dari hardware laptop.

Ketika laptop baru dimatikan, maka panas yang dihasilkan dari laptop tersebut baru belum hilang. Dan jika langsung menutup layar laptop setelah mematikan laptop tanpa ada jeda waktu, maka panasnya akan membakar layar laptop secara kecil dan perlahan.

Selain itu, ketika laptop Anda sedang menyala pun Anda jangan langsung menutup layar pada laptop Anda. Itu juga berbahaya bagi laptop Anda.

4. Jangan Digunakan Ketika Dicharging

Hal yang paling sering dilakukan oleh sebagian besar orang saat bekerja adalah menggunakan laptop sambil di-charging. Kebiasaan ini akan berakibat buruk pada baterai laptop. Baterai laptop sendiri memiliki durasi pemakaian. Semakin sering dia digunakan, maka durasinya akan semakin banyak berkurang.

Jadi, jika laptop sedang di-charging, lebih baik dimatikan saja sampai baterainya penuh. Setelah penuh, baru digunakan lagi.

5. Jangan Bermain Game Berat Terlalu Lama

Bermain game berat secara terus-terusan merupakan penyebab paling banyak dari kerusakan laptop. Misalnya, laptop digunakan untuk bermain game-game berat seperti GTA V, Watch Dogs, dan lainnya, dalam interval yang cukup lama.

Bermain game-game berat di laptop, akan mengalami overheat. Dimana jika hal ini dibiarkan terus-menerus, maka akan mengakibatkan kerusakan pada hardware laptop.

6. Jangan Digunakan Di Atas Kasur

Menggunakan laptop di atas kasur dapat menghambat sirkulasi udara di dalam laptop. Akibatnya, hardware akan overheat dan bisa berakibat kerusakan. Hal itu karena ketika laptop digunakan di atas kasur akan menghambat keluarnya udara. Dimana udara panas yang dihasilkan oleh laptop tidak bisa keluar dan mengganggu kinerja perangkat keras dari laptop itu sendiri, dan bisa membuat perangkat rusak.

7. Jangan Menaruh Barang Berat di Atas Laptop

Sebagian orang terbiasa menaruh barang di atas laptop. Mulai dari kertas, pensil, buku, handphone, tablet, dll. Kebiasaan menaruh barang ini, kemungkinan besar akan mempengaruhi layar.

8. Jangan Memindahkan Laptop Sewaktu Nyala

Tanpa disadari, kita sering memindahkan laptop dengan kondisi yang masih menyala. Laptop yang menyala, sudah pasti harddisk-nya tetap menyala juga. Harddisk-nya berputar.

Nah, ketika piringan harddisk berputar, kalau digerakkan, maka piringannya juga akan berubah kemiringannya. Dan pastinya akan terjadi goresan pada piringan harddisk. Akibatnya, harddisk akan mengalami bad sector, yaitu penurunan speed read/write secara signifikan. Dan jika Anda rutin melakukan hal seperti itu, maka tinggal menunggu waktu saja laptop Anda bakalan rusak.

9. Jangan Browsing dan Download Sembarangan

Tahukah Anda bahwa virus-virus yang ada di komputer itu sebagian besar berasal dari situs-situs tidak jelas yang kita akses. Situs-situs tersebut akan melakukan transfer file (virus) ke komputer pengunjungnya secara tidak kasat mata.

10. Jangan Sampai Baterai 0 Persen

Menggunakan laptop hingga mati karena 0 persen akan mengurangi daya tahan baterai. Yang biasanya bisa tahan sampai 4 jam, karena terlau sering digunakan maka hanya tahan hingga 1 jam saja.

Untuk itu, hindari penggunaan laptop hingga 0 persen. Usahakan segera mematikannya sebelum daya baterai mencapai 20 persen, agar baterai lebih awet.

Itulah beberapa hal yang dilarang saat menggunakan laptop. Nah, jika saat ini laptop kesayangan milik Anda sedang mengalami masalah atau kerusakan, segera bawa ke Service Center terdekat yang terpercaya dan aman.

Daripada Anda coba-coba perbaiki sendiri laptop yang bermasalah tersebut, tetapi malah jadi tambah rusak, lebih baik langsung bawa saja Service Center laptop terdekat yang ada di wilayah Anda. Semoga bermanfaat!

      Wefixit
      Register New Account
      Reset Password