fbpx

Yang Perlu Anda Ketahui Ketika Membeli Laptop Second

WEFIXIT.ID – Transaksi jual beli laptop second terkadang sangat merugikan bagi Anda yang awam alias gaptek jika tidak berhati-hati dalam memilih penjual atau toko laptop second. Faktanya, beberapa orang merasa kecewa dan merasa rugi ketika membeli laptop second, karena tidak sesuai ekspektasi dan tidak sesuai promosi iklan yang dia dapatkan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak terlalu mengerti tentang barang elektronik, pastinya akan kesulitan bila ingin membeli barang elektronik second atau bekas yang masih bagus. Selain itu, Anda juga rentan terkena tipu penjual nakal ketika ingin membeli sebuah barang elektronik yang berteknologi canggih. Salah satunya adalah laptop.

Laptop, barang elektronik yang satu ini memang menjadi perburuan semua kalangan. Tak jarang, kebanyakan orang memilih membeli laptop second atau bekas untuk dibeli dengan alasan harganya yang lebih murah. Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberikan tips membeli laptop second agar Anda tidak tertipu.

Banyak aspek yang perlu Anda perhatikan di saat ingin membeli laptop second. Jangan sampai uang Anda nantinya terbuang percuma. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika membeli laptop second, di antaranya adalah :

1. Pilih Yang Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah, tentukan dahulu apa tujuan Anda membeli laptop, apakah untuk kerja di kantor, kuliah, main game, dan lain sebagainya.

Setelah tujuan Anda memilih laptop sudah ditentukan, maka Anda tidak akan bingung ketika membelinya. Karena pada dasarnya laptop itu ada banyak jenis dan sesuai kebutuhanya juga. Anda bisa cari di internet yang mengulas tentang spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan laptop yang Anda inginkan.

2. Pastikan Kelengkapannya

Anda bisa memeriksa kelengkapan laptop second yang akan Anda beli seperti memeriksa dos, nota pembelian, kartu garansi, CD/ DVD driver, charger, baterai dan lain sebagainya. Sebab, semakin banyak kelengkapannya, maka akan semakin baik pula nilai laptop yang akan Anda beli.

Selain itu, yang lebih penting adalah jika laptop bekas yang Anda beli memiliki dos dan nota pembelian, maka itu sebagai bukti bahwa laptop tersebut bukanlah barang curian.

Selain itu, kelengkapan yang dibawa laptop yang akan Anda beli tersebut, juga menjadi nilai lebih jika Anda ingin menjualnya kembali nantinya.

3. Pastikan Laptop Bukanlah Barang Service-an

Caranya cukup mudah, Anda bisa mengetahui laptop tersebut bukan atau pernah di-service dengan melihat segelnya masih ada atau tidak. Kalau masih ada, berarti laptop tersebut belum pernah dibongkar. Segel tersebut biasanya ada di bagian belakang laptop ataupun di sekitar layar laptop.

Jika seandainya penjual bilang pernah dibuka dengan alasan harddisknya pernah diganti, Anda bisa memperhatikan di area body. Jika laptop tersebut ada bekas seperti dibuka, maka berarti sudah pernah di-service.

4. Pastikan Software dan Hardware Berfungsi Dengan Baik 

Anda bisa mencoba terlebih dahulu laptop yang akan Anda beli dengan cara menghidupkan dan melihat semua aplikasi dan perangkat tersebut bekerja. Anda harus periksa antara lain LCD-nya, apakah bisa menampilkan gambar dengan baik, kondisi kesehatan harddisk, ketahanan baterai, memeriksa optical disk, suhu laptop, kestabilan laptop, memeriksa semua port pada laptop, memeriksa semua device pada laptop bekerja dengan baik dan memeriksa Webcam.

Itulah hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli laptop second atau bekas. Memang, banyak aspek yang perlu diperhatikan di saat Anda ingin membeli laptop second. Apalagi membeli laptop second sekarang ini adalah salah satu trend transaksi yang disukai oleh banyak kalangan.

Laptop merupakan salah satu barang yang sekarang ini menjadi kebutuhan primer. Tren zaman yang semakin canggih, membuat hampir setiap orang berkeinginan sekali memiliki laptop untuk membantu pekerjaan sehari-hari atau bahkan hanya sekedar untuk keperluan browsing dan menonton.

Seperti kita ketahui, laptop jelas lebih diminati anak-anak muda milenial dibanding komputer, karena laptop lebih simple dan dapat digunakan kapanpun dan di manapun. Hampir rata-rata setiap orang saat ini memiliki laptop yang bisa menunjang semua kebutuhan dan pekerjaan mereka sehari-harinya.

Namun, tidak semua orang mampu membeli laptop baru yang dari segi harga memang jauh lebih mahal, terutama bagi mereka yang menginginkan laptop dengan spesifikasi tinggi namun terkendala dengan budget minim.

Nah, oleh sebab itu, maka tak heran bila sebagian orang lebih memilih untuk mencari laptop second atau bekas dengan kualitas yang dia inginkan dan pastinya ramah di kantong. Membeli laptop second jelas menjadi pilihan terbaik saat ini.

      Wefixit
      Register New Account
      Reset Password