4 Solusi Laptop Layar Blank Install Software

layar blank install software

Pernahkan hal ini terjadi pada Anda, sesaat setelah menginstall Software (misalnya : Games), tiba-tiba layar blank install software, hanya cahaya tanpa tampilan sedikitpun

Perkiraan permasalahan

Kegagalan Installasi suatu Software bisa sampai mengantarkan Anda pada permasalahan ini, jadi silakan lepas Memory RAM dan bersihkan dengan kain halus, sekalian Slot tempat memasang RAM lebih bagus, semuanya lakukan dengan perlahan dan hati-hati supaya tidak sampai merusak perangkat ini. Hidupkan kembali Laptop, semoga dapat normal kembali. Pada permasalahan ini Laptop meminta restart pada bagian Memory RAM

4 Solusi Layar Blank Install Software

Solusi Poin 1

Masuklah pada Safe Mode, caranya teka F8 secara berulang sesaat setelah komputer melakukan booting. Maka akan tampil seperti ini:

Masuk ke Control Panel – Administrative Tools – Computer Management – Device Manager, lalu lihat apakah ada driver yang double, jika ada maka uninstall salah satu driver dan biarkan driver yg sesuai dengan hardware anda.

Jika driver tidak double, maka berarti driver anda tidak update, maka uninstall semua driver mulai dari display, sound, dan network. Setelah itu, restart komputer dan seharusnya computer sudah bisa masuk kedalam windows dengan normal.

Solusi Poin 2

Seperti dengan cara nomor 1, masuk kedalam safe mode, lalu klik Start – Run… – msconfig. Lihat pada bagian tab Startup, hilangkan tanda centang pada program – program yang tidak perlu. Atau pada bagian tab general pilih selective startup, tetapi jangan pilih opsi paling bawah yaitu Load Startup Items, lalu klik Apply – OK – Restart.

Solusi 3

Jika sumber masalah adalah virus, maka sudah jelas penyelesaiannya yaitu dengan cara scanning dengan antivirus yg up-to-date. Jika virus sudah menginfeksi file explorer.exe yang ada di folder C:\Windows, maka solusinya yaitu, lepas harddisk dan jadikan harddisk terinfeksi sebagai slave atau jadikan sebagai eksternal, lalu scan dengan antivirus di komputer yang bersih dan bebas virus. Lalu copy file explorer.exe (2 file) dari komputer yang bersih ke harddisk, lalu pasang kembali harddisk.

Solusi Poin 4

Jika masalah belum teratasi, maka kemungkinan terakhir yaitu pada hardware yang sudah tidak layak pakai lagi. Coba cek vga card, jika vga anda onboard, maka pasanglah vga addon ke motherboard anda. Jika dari awal anda memasang vga addon, coba lepas vga dan pasanglah monitor ke vga onboard anda. Yang kedua, masuklah kedalam BIOS anda dan coba cek suhu prosesor anda, jika suhu melebihi 40˚C maka prosesor anda terlalu panas.

Matikan computer anda, cek apakah kipas prosesor berjalan dengan baik, apakah heatsink terpasang dengan benar, lihat juga apakah dudukan kipas prosesor tidak patah, terakhir bersihkan prosesor anda dang anti thermal paste dengan yang baru. Lalu pasang kembali prosesor dan kabel – kabel. Nyalakan komputer anda dan masuk kembali kedalam BIOS, lihat apakah suhu prosesor sudah normal kembali.

Jika masih bermasalah?

Konsultasikan segera dengan Wefixit dengan menghubungi 0812-9008-5435.

Wefixit
Register New Account
Reset Password
WhatsApp chat