fbpx

5 Masalah Yang Sering Dialami Pengguna iPhone Beserta Solusinya

WEFIXIT.id – Biasanya, semakin tinggi harga dari sebuah smartphone, maka akan semakin besar pula kualitas dan performa yang bisa dirasakan. Namun sepertinya hal tersebut tidak berlaku pada perangkat iPhone.

Pasalnya, meski dipatok dengan harga selangit, pasti ada saja masalah yang sering terjadi pada iPhone secara tiba-tiba.

Lebih menjengkelkannya lagi, masalah yang terjadi pada iPhone ini bisa terjadi setiap hari.

Meski demikian, sebagaimana dilansir dari MacWorld, Jumat (30/8/2019), dari banyaknya masalah yang sering terjadi pada iPhone, hanya ada 5 masalah yang dinilainya paling menganggu.

Berikut paparan masalah paling mengganggu yang sering dialami pengguna iPhone, beserta solusinya.

1. iPhone Panas Saat Di-charge

Ilustrasi

Kebanyakan masalah yang sering terjadi pada iPhone adalah panas saat di-charge.

Biasanya, iPhone yang panas ketika diisi baterai ini disebabkan oleh charging portiPhone yang memang sudah tidak berfungsi dengan baik. Misalnya saja, harus ditekan ke kanan atau ke kiri agar bisa berfungsi.

Atau bisa juga disebabkan penggunaan kabel atau kepala charger pihak ketiga yang tidak mendapatkan sertifikasi resmi atau rekomendasi dari Apple.

Oleh sebab itu, usahakan mencari aksesori kabel atau kepala charger yang memiliki logo tertentu yang resmi atau original.

2. Sinyal Lemah

Ilustrasi

Tidak sedikit dari pengguna iPhone mengeluhkan perkara sinyal yang begitu lemah. Namun sebenarnya ini bukan salah operator, melainkan dari cara pengguna memakai perangkat iPhone dengan benar.

Seperti diketahui, bahwa cara menggunakan iPhone seharusnya mengikuti prosedur yang benar.

Jika menggunakan iPhone 6 ke atas (yang memiliki garis panel antena di belakang smartphone), usahakan jangan menutupi garis tersebut saat menelepon. Jika tidak, maka sinyal pun akan terganggu.

3. Pengunduhan/ Update Aplikasi Lemot

Ilustrasi

Masalah yang sering terjadi pada iPhone berikutnya adalah, seringkali pengguna iPhone mengalami masalah dimana saat mengunduh atau meng-update aplikasi melalui App Store sangat lama.

Dan yang paling sering terlihat di layar adalah ikon loading yang lama berputar.

Sebenarnya, ada cara sederhana untuk memperbaiki masalah ini. Di mana Anda bisa melakukan “Force Restart”, mematikan “Low Power Mode” ataupun melakukan “Reset Network Settings”.

Namun, jika beberapa cara di atas masih tidak bisa memperbaiki masalah gagal mengunduh update aplikasi dari App Store, Anda bisa me-restore perangkat iPhone via iTunes.

4. iPhone Panas dan Mendadak Mati

Ilustrasi

Masalah ini juga kerap terjadi pada iPhone. Ketika hal ini terjadi, solusinya adalah Anda harus melakukan kalibrasi terhadap baterai iPhone dengan membiarkannya habis secara total, lalu mengisi daya kembali hingga 100 persen.

Namun bila masalah masih terjadi, ada baiknya Anda mengecek, apakah ada pembaruan software yang Apple gulirkan baru-baru ini atau tidak.

Dan untuk melakukannya, Anda bisa masuk ke menu Settings > Software Update.

Jika sudah menggunakan iOS terkini, mungkin tidak ada salahnya untuk me-reset iPhone Anda dan memulainya kembali dari awal.

Jangan khawatir, Anda bisa me-restore iPhone yang di-reset seperti semula bila sudah melakukan back-up data via iTunes atau iCloud.

Untuk me-reset iPhone, Anda bisa masuk ke menu Settings General > Reset > kemudian tap “Erase All Content and Settings”.

5. Baterai Boros dan Cepat Habis

Ilustrasi

Masalah lain yang juga kerap ditemui pengguna iPhone adalah baterai yang cepat habis.

Ada banyak penyebab mengapa daya baterai iPhone bisa cepat tersedot habis. Salah satunya adalah “masa hidup” atau life time baterai.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, di antaranya adalah, Anda bisa masuk ke Settings > Battery.

Di bawah Battery Usage, Anda bisa melihat daftar aplikasi apa saja yang menyedot baterai iPhone selama 24 jam atau 7 hari.

Cari aplikasi apa yang paling boros daya baterai. Dan jika dirasa tidak perlu, Anda bisa langsung hapus aplikasi tersebut.

Namun sebelum menghapusnya, ada baiknya Anda mengecek, apakah aplikasi tersebut memiliki pemberitahuan “Background Activity” atau “Background Location”. Sebab, kebanyakan aplikasi yang menyedot daya baterai lebih banyak karena selalu up-date informasi atau melacak lokasi.

Untuk mematikan up-date informasi aplikasi, Anda bisa masuk ke Settings General > Background App Refresh.

Sementara untuk menonaktifkan lokasi GPS, Anda bisa masuk ke Settings > Privacy > Location Services.

Beberapa pihak menyebutkan, daya pakai baterai lebih awet ketika fitur “Hey Siri” dimatikan. Dengan begitu, iPhone tidak harus selalu “mendengar” ketika dua kata ajaib itu terucap.

Dan untuk mematikannya, Anda bisa masuk ke menu Setting > Siri dan geser tombol Allow “Hey Siri”.

Selain itu, jangan mengisi daya baterai iPhone Anda di bawah 20 persen. Alangkah baiknya jika Anda selalu mengisi baterai iPhone ketika persentasenya menunjukkan angka 21 persen hingga 28 persen. Itulah saat yang pas untuk mengisi daya baterai iPhone.

Jika kamu mengisi iPhone di bawah kondisi 20 persen, atau bahkan mengisi daya saat kondisi baterai 5 persen ke bawah, sebenarnya boleh-boleh saja. Namun hal tersebut akan mempengaruhi umur baterai iPhone.

Jika cara-cara di atas tidak dapat menyelesaikan masalah, sebaiknya cek iPhone Anda ke toko service iPhone.

Kemudian buatlah janji terlebih dahulu jika Anda ingin datang langsung ke toko service iPhone tersebut.

Keunggulan datang ke toko langsung adalah, Anda dapat bertanya langsung ke teknisi untuk mengetahui kondisi iPhone Anda beserta solusi alternatifnya.

*Sinyaliti.com dan Wefixit.id melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Semua Type iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original serta bergaransi.

 

(Wefixit – service iphone jakarta, service iphone terbaik di Jabodetabek)

      Wefixit
      Logo