fbpx

Review iPhone X: Smartphone Fullscreen Dengan Layar AMOLED

WEFIXIT.id – Apple telah menggelar event besar dengan meluncurkan tiga lini smartphone terbaru miliknya ke publik pada 2017 lalu. Namun dari ketiga smartphone yang dirilisnya itu, iPhone X-lah yang menjadi perangkat paling menarik publik.

Bukan tanpa sebab, pasalnya smartphone fullscreen ini belum pernah dirumorkan sebelumnya. Sehingga menjadi semacam kejutan untuk menandai hari jadi iPhone yang ke-10.

Tak hanya dari namanya saja yang terlihat berbeda dari seri iPhone lainnya, iPhone X juga begitu istimewa. Sebab, Apple telah menyematkan inovasi dan berbagai teknologi terbaru yang membuatnya terlihat unik.

Salah satu yang dilakukan oleh Apple pada smartphone ini adalah dengan mengubah desainnya, dari ciri khas produk Apple pada umumnya.

Jika pada seri iPhone selama ini hadir dengan tombol fisik Home di bagian depannya, maka kali ini iPhone X membawa wajah yang sepenuhnya terisi oleh layar. Maka tak heran, jika seri terbaru iPhone ini mampu menawarkan tampilan yang begitu eksklusif.

Lantas, apa saja yang membuat smartphone fullscreen iPhone X ini menjadi istimewa?

Penasaran ingin tahu sisi menarik lainnya dari iPhone X? Yuk, kita simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Spesifikasi Detail iPhone X

DESAIN

Pada bagian fisik iPhone X memang menjadi hal yang sangat menarik untuk dibahas. Pasalnya, smartphone ini membawa tampilan yang terlihat sangat berbeda dari seri iPhone lainnya.

Jika seri iPhone pada umumnya hadir dengan tombol fisik Home di bagian depan, maka kali ini iPhone X hadir dengan keseluruhan bagian depannya tertutup oleh layar.

Begitu pula dengan sektor depan dan belakang yang juga dibuat dengan material gelas yang kuat serta ditawarkan dalam warna Space Grey dan Silver.

Perangkat ini juga semakin eksklusif dengan diaplikasikannya sensor pemindai wajah atau Face ID untuk menggantikan fungsi dari sensor Fingerprint.

Terkait dengan dimensinya, iPhone X memiliki panjang 143,6 mm, lebar 70,9 mm, dan ketebalan 7,7 mm. Sedangkan bobotnya sendiri sebesar 174 gram.

iPhone X

Apple juga menawarkan Display baru melalui perangkat ini dengan mengandalkan layar Super AMOLED berukuran 5,8 inchi. Dengan begitu, iPhone X menjadi seri iPhone pertama yang dibekali dengan layar OLED.

Resolusi layarnya pun telah mencapai 1125 x 2436 piksel dengan kerapatan 458ppi. Sehingga tampilan visual yang disuguhkan tidak hanya lebih maksimal, tetapi juga sangat jernih dan tajam.

Belum lagi bagian layar pada iPhone X ini juga sudah didukung dengan multitouch, serta dilengkapi pula dengan lapisan scratch resistant glass untuk melindungi layarnya saat tergores maupun benturan.

Ketangguhan bodinya pun telah mendapat sertifikasi IP67, yang membuatnya tak hanya tahan terhadap debu. Tetapi juga membuatnya mampu bertahan dalam ke dalaman air 1 meter selama 30 menit.

FITUR

Masuk ke pembahasan pada bagian konektivitas. Di sektor ini iPhone X juga telah dibekali dengan berbagai fitur yang tidak kalah canggih dari sektor sebelumnya.

Misalnya saja, ada slot SIM berjenis Nano yang sudah mendukung akses jaringan 4G LTE.

Dengan begitu, pengguna dapat menikmati koneksi internet berkecepatan tinggi pada iPhone X ini dengan download data mencapai kecepatan 150 Mbps dan upload data pada kecepatan 50 Mbps.

Selain 4G LTE sebagai jaringan utama, Apple juga masih menyediakan beberapa jaringan alternatif lain seperti GSM, CDMA, HSPA, dan juga EVDO.

Terdapat pula fitur konektivitas jarak dekat seperti Wi-Fi 802.11, Dual-Band, dan Hotspot untuk memenuhi kebutuhan koneksi secara Wireless.

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan aktivitas pertukaran data dengan mudah lewat dukungan Bluetooth 5.0, A2DP, LE, USB 3.0, dan Reversible Connector.

Kemampuan pemetaan lokasi dari spesifikasi iPhone X juga menawarkan keakuratan yang sangat tinggi. Dengan digunakannya beberapa jenis teknologi navigasi seperti A-GPS, GLONASS, BDS, dan juga GALILLEO.

PERFORMA

Spesifikasi iPhone X juga menawarkan kelebihan untuk urusan performa. Pada bagian permesinan, iPhone X telah mengandalkan chipset yang paling powerfull dan pintar untuk smartphone, yakni A11 Bionic.

Chipset ini memungkinkan 600 miliar pengoperasian dalam satu detiknya, serta memberikan dukungan pada teknologi Augmented Reality (AR).

Chipset yang dibawa smartphone fullscreen ini juga membawa prosesor berinti enam dengan empat inti hemat daya serta dua inti untuk pengoperasian tinggi. Sehingga performa dari smartphone ini begitu cepat.

Kehadiran RAM berkapasitas 3 GB juga turut membuat seluruh aktivitas multitasking bisa berjalan dengan mulus dan responsif.

Belum lagi, smartphone ini juga sudah dibekali dengan kartu grafis buatan Apple sendiri yang diklaim 30 persen mampu lebih cepat dari Fusion.

Dengan dijalankannya sistem operasi terbaru iOS 11 pun turut membuat performa dari kinerja komponen iPhone X semakin lengkap.

Namun memiliki performa yang powerfull tentu akan terasa kurang lengkap jika tidak didukung dengan ruang penyimpanan yang memadai.

Untuk itu, Apple membekali perangkat barunya ini dengan dua varian memori internal berbeda yang berkapasitas 64 GB atau 256 GB.

Dengan adanya kapasitas yang berbeda itu, pengguna bisa memilih memori mana saja yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Sayangnya, seperti seri iPhone yang lain, Apple masih terus mempertahankan tradisinya untuk tidak melengkapi perangkat ini dengan slot memori eksternal. Sehingga ruang penyimpanannya tidak bisa diperluas.

Namun hal ini tampaknya tidak akan menjadi masalah yang besar. Sebab, jika ingin menyimpan file-file jumbo yang banyak jumlahnya, pengguna bisa memilih varian memori internal 256 GB untuk mengakomodasinya.

KAMERA

Sementara di sektor kamera, iPhone X telah dibekali dengan kamera belakang ganda 12 MP dengan aperture masing-masing f/1.8 dan f/2.4, yang disusun secara vertikal.

Kamera utama yang digunakan iPhone X juga sudah dilengkapi dengan teknologi phase detection autofocus (PDAF), OIS, 2x optical zoom, dan dual LED Flash, yang dapat menghasilkan gambar menakjubkan, meski dalam kondisi low-light sekalipun.

Kamera ini juga mampu menghasilkan berbagai macam video, yakni [email protected]/30/60 fps dan [email protected]/60/120 fps.

Sejumlah fitur pendukung fotografi juga tersemat pada perangkat iPhone X ini seperti Geo-tagging, Simultaneous 4k and 8 MP image recording, Touch Focus, Face and Smile Detection, dan HDR.

Sementara itu, kamera depannya memiliki resolusi 7 MP dengan bukaan f/2.2 yang juga sudah dilengkapi dengan fitur Face Detection, HDR, dan Panorama yang mampu menghasilkan foto selfie berkualitas.

Kamera depan ini juga bisa merekam video [email protected] dan [email protected], sehingga mumpuni untuk mendukung aktivitas video call.

BATERAI

Hadir dengan membawa spesifikasi tinggi serta berbagai macam komponen baru untuk menawarkan kinerja yang nge-top, tentu bisa dipastikan jika kebutuhan daya iPhone X sangat besar.

Eddy Cue, selaku Senior Vice President Apple, mengatakan bahwa iPhone X memiliki tambahan dua jam masa pemakaian baterai.

Dilansir dari Techcrunch, Sabtu (31/8/2019), bahwa iPhone X lebih hemat baterai berkat adanya prosesor A11 Bionic, dan juga tentunya pengaruh dari pembaruan lainnya.

Pihak Apple sendiri mengklaim bahwa baterai iPhone X mampu mendukung kebutuhan talk time selama 21 jam dan mendengarkan musik hingga 60 jam.

Yang menarik adalah sektor ini telah dilengkapi dengan Qi Wireless Charging. Di mana pengguna bisa mengisi daya secara lebih fleksibel serta fitur Fast Charging yang membuat daya bisa diisi hingga 50 persen hanya dalam 30 menit saja.

Untuk harganya sendiri, iPhone X dijual dengan harga 999 Dollar AS atau sekitar Rp 13,5 juta untuk model 64 GB.

Sedangkan untuk model 256 GB, dijual seharga 1.149 Dollar AS, atau sekitar Rp 16 jutaan.

*Sinyaliti.com dan Wefixit.id melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk iPhone X, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original serta bergaransi.

 

(Wefixit – service iphone jakarta, service iphone terbaik di Jabodetabek)

      Wefixit
      Logo