fbpx

Mengenal Istilah Kerusakan Pada Laptop

WEFIXIT.ID – Laptop, apapun merk dan serinya, pada akhirnya pasti akan mengalami kerusakan. Tak pandang bulu seberapa mahal harga laptop tersebut, suatu saat nanti pasti akan mengalami kerusakan juga.

Ketika laptop Anda rusak, kemudian Anda berinisiatif untuk melakukan check-up di toko reparasi atau tempat service laptop, pastinya Anda akan ditanya oleh teknisi toko service laptop tersebut tentang jenis kerusakan apa yang dialami.

Jika Anda tidak bisa menyebutkan jenis kerusakan apa yang Anda alami, maka secara otomatis teknisi toko service laptop tersebut akan bingung apa yang harus dilakukan.

Ketika tidak mengetahui istilah yang tepat untuk mendefinisikan kerusakan pada laptop, biasanya pemilik laptop cenderung menggunakan istilah yang asing, seperti baterai bocor atau mati total, padahal laptop masih hidup.

Hal-hal seperti itu justru dapat menyebabkan teknisi toko service laptop tersebut bingung, dan waktu yang diperlukan untuk trouble shooting jadi semakin lama.

Nah, dalam artikel kali ini, kami akan coba untuk menyebutkan beberapa istilah yang sering digunakan untuk menyebut kerusakan pada laptop, sehingga diharapkan untuk ke depannya pengguna laptop tidak bingung lagi untuk menyebut kerusakan pada laptop dengan istilah yang umum digunakan.

No Display atau Tidak Booting atau Blank

Istilah ini digunakan ketika laptop sudah dinyalakan, dan sudah menekan tombol Power, lampu indikator juga sudah menyala, serta kipas sudah berputar, namun layar tidak menampilkan apapun. Ditunggu sampai lama pun yang ada hanya tampilan kosong warna hitam atau warna tertentu lainnya.

No Power atau Mati Total

Istilah ini digunakan ketika kondisi laptop tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali. Bila ditekan tombol Power pun tidak ada reaksi. Bahkan dicolokkan kabel charger sekalipun, lampu indikator charging atau baterai tetap tidak mau menyala.

Blinking

Kondisi ini terjadi ketika laptop dinyalakan, namun hanya lampu indikator Led saja yang menyala kelap-kelip. Sebenarnya kerusakan ini mirip dengan No Display, namun Blinking juga bisa terjadi pada LCD. Dimana ketika laptop dinyalakan, maka LCD hanya menyala kelap-kelip dan tidak ada tampilan apapun.

Bootloop

Kondisi ini terjadi apabila laptop dinyalakan dan sudah melewati proses booting namun tiba-tiba mati sendiri, dan hidup kembali (restart), kemudian restart lagi, dan seterusnya. Bootloop bisa terjadi sebelum proses start-up maupun saat start-up Windows.

Beeping

Kondisi ini terjadi dimana ketika laptop dinyalakan mengeluarkan bunyi secara terus menerus. Bagi yang pertama mengalami hal ini, biasanya langsung panik. Kerusakan ini disebabkan oleh keyboard, dimana terdapat satu tombol atau lebih yang aktif secara terus menerus.

Fan Noise

Kondisi ini terjadi ketika laptop baru dinyalakan terdapat suara meraung keras. Atau bisa juga suara keras seperti kipas yang menggesek benda lain, sehingga menimbulkan suara berisik ketika kipas laptop sudah mulai berputar.

Overheat

Kondisi ini terjadi ketika suhu prosesor, VGA, chipset, ataupun komponen yang lainnya mengalami panas yang berlebih. Biasanya, overheat diikuti dengan laptop mati sendiri sebagai bentuk perlindungan dari terbakarnya komponen yang terlalu panas.

Blue Screen

Kondisi ini terjadi ketika laptop mengalami kesalahan atau kerusakan sistem yang bisa disebabkan oleh driver crash dan rusaknya file sistem, sehingga mengakibatkan Windows macet dan muncul tampilan warna biru yang diikuti dengan huruf warna putih.

Biasanya, laptop akan mati sendiri setelah itu. Oleh karena itu, kerusakan ini disebut juga dengan istilah BSD atau Blue Screen of Death.

Display Flicker dan Arifact

Flicker adalah suatu kondisi dimana layar LCD bergetar. Biasanya, pada satu saat normal dan berapa saat kemudian bergetar lagi, disertai dengan garis-garis.

Sedangkan Artifact adalah kondisi layar yang hanya menampilkan kotak-kotak atau karakter yang tidak beraturan pada layar. Pada kasus kondisi Artifact ini biasanya laptop mengalami stuck atau hang, sehingga tidak bisa dioperasikan sama sekali.

Baterai Drop atau Not Charging

Kondisi ini terjadi dimana kapasitas penyimpanan daya baterai sudah sangat berkurang dari kemampuan aslinya, atau bahkan sudah tidak bisa menyimpan sama sekali.

Biasanya, kondisi ini diikuti dengan tanda silang pada icon baterai di Windows, dan terdapat keterangan Consider Replacing Battery.

Stack atau Hang

Kondisi dimana sistem yang sedang berjalan tiba-tiba macet dan tidak bisa dioperasikan. Satu-satunya jalan adalah dengan mematikan paksa laptop. Bisa dengan mencabut baterai atau dengan menahan tombol Power selama beberapa detik.

System Corrupt

Kondisi ini terjadi dimana terdapat file-file sistem yang hilang, sehingga menyebabkan sistem menjadi tidak stabil dan menyebabkan hang atau stack seperti pada kasus sebelumnya. Biasanya, sistem corrupt ini terjadi tanpa disadari pemilik laptop.

Bad Sector

Kondisi ini terjadi ketika terdapat satu sektor atau lebih pada hardisk yang rusak, sehingga tidak dapat lagi dibaca maupun ditulis. Biasanya, hardisk yang sudah terkena bad sector akan menjadi sangat lambat, bahkan setelah diinstall ulang sistem operasi sekalipun.

Hardisk Noise

Kondisi ini terjadi karena terdapat bunyi seperti benda patah yang bila ditelusuri bunyi tersebut berasal dari hardisk. Bunyi tersebut seperti bunyi benda patah yang berulang-ulang. Biasanya, bunyi ini terdengar ketika laptop baru dinyalakan.

Itulah beberapa istilah yang sering digunakan untuk menyebut kerusakan pada laptop. Nah, di Jakarta kini telah hadir Wefixit Service Center. Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri untuk melakukan service laptop.

Kami mengerti bahwa laptop Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.

Ada beberapa kelebihan dari Wefixit Service Center. Beberapa kelebihan tersebut adalah :

  • Ramah

Dari salah satu review yang diberikan konsumen service center, diketahui bahwa Wefixit Service Center memiliki tim yang baik. Setiap konsumen merasa puas karena layanan yang kami diberikan cukup ramah. Saat tiba di service center, konsumen akan dilayani dengan ramah. Dimulai dengan pertanyaan terkait kerusakan, hingga akhirnya informasi tentang perbaikan produk lainnya.

  • Cepat

Berbeda dengan layanan brand lain, Wefixit Service Center memiliki layanan yang cepat. Kerusakan produk pun akan diselesaikan dalam waktu cepat, dan akan diselesaikan dalam waktu seminggu.

  • Teknisi Handal

Apakah Anda masih tidak yakin dengan service center Wefixit Service Center? Hilangkan keraguan tersebut. Karena kami telah melakukan seleksi maksimal untuk setiap teknisinya. Di sisi lain, kami juga melakukan pelatihan pada setiap teknisi, sehingga teknisi yang melakukan perbaikan sudah dipastikan teknisi handal.

  • Fasilitas Memadai

Untuk menjaga kenyamanan konsumen, kami berupaya menjaga fasilitas service center. Untuk itu, pada service center kami, diupayakan untuk menjaga kenyamanan ruangan. Sedangkan selama di masa pandemi, service center kami akan ditambahkan dengan handsanitizer dan pengecekan suhu, sesuai protokol kesehatan anjuran pemerintah.

Kelebihan-kelebihan inilah yang membuat konsumen merasa nyaman ketika menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding yang lainnya.

Hal ini semakin dilengkapi dengan adanya fitur dan layanan khusus yang dimiliki Wefixit Service Center, yaitu pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Namun, untuk dapat menggunakan fitur pick-up service ini, Anda harus melakukan panggilan ke 081290085435.

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!

Jadi, tunggu apal lagi? Segera konsultasikan masalah laptop Anda pada kami di nomor telepon Customer Service kami di atas sekarang juga. Promo hingga 10% khusus hari ini!

      Wefixit
      Register New Account
      Reset Password