fbpx

Speaker Laptop Rusak? Begini Cara Mengatasinya

WEFIXIT.ID – Hai sobat Wefixit! Pernahkah Anda mengalami speaker laptop Anda mendadak tidak berfungsi alias suaranya hilang? Padahal di layar laptop, sound speaker-nya sudah mencapai angka 100 persen.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mengalaminya, pastinya akan merasa terganggu. Apalagi jika masalah tersebut sudah lama terjadi, tetapi Anda tidak memiliki waktu untuk datang ke toko reparasi atau tempat service komputer.

Efek dari suara laptop yang hilang tentunya sangat meresahkan, terutama jika Anda sedang melakukan hal-hal darurat seperti pekerjaan kantor yang mengharuskan Anda untuk meeting zoom, dimana perlu menggunakan speaker. Termasuk juga ketika Anda ingin memutar video atau musik di kala waktu senggang.

Lantas, apa penyebab terjadinya hilang suara pada laptop?

Laptop yang suaranya mendadak hilang atau tidak keluar sama sekali, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun yang paling utama biasanya terjadi karena masalah driver, sistem dan komponen yang ada di dalam laptop.

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Ada Suara

Sebelum masuk ke cara memperbaikinya, sebelumnya perlu diketahui bahwa error yang terjadi pada suara laptop yang tidak keluar bisa dibagi menjadi dua, yaitu sistem dan komponen.

Satu hal yang perlu ditekankan di sini adalah, apabila penyebabnya dari sistem, maka kerusakan tersebut masih dapat diperbaiki sendiri. Namun, apabila masalah yang datang dari komponen, maka kemungkinan besar Anda harus membawanya ke toko reparasi atau tempat service laptop.

Di bawah ini beberapa cara mengatasi masalah pada suara laptop yang tidak keluar sama sekali. Yuk, simak!

1. Install Ulang Driver Audio Laptop

Umumnya, laptop bisa mengeluarkan suara tanpa driver sekalipun. Inilah alasan mengapa suara laptop bisa terdengar di BIOS atau diproses instalasi Windows. Meskipun suara bisa berjalan tanpa driver, namun masih banyak orang yang tetap menginstall driver audio laptop mereka. Alasannya, karena kompabilitas aplikasi dengan driver memang lebih tinggi.

Bicara soal driver audio, terkadang juga bisa menyebabkan beberapa masalah suara pada laptop. Contohnya, ada beberapa kasus dimana saat sebuah driver audio laptop yang terinstall mengalami kerusakan. Hal ini menyebabkan suara laptop menjadi tidak keluar.

Ada juga kasus dimana pengguna yang tidak sengaja me-mute suara laptopnya, dan tidak bisa dikembalikan akibat error. Meski sudah dikembalikan pun hasilnya tetap sama.

Selain itu, ada juga masalah bug hingga crash pada driver, sehingga menyebabkan suara laptop menjadi tidak keluar sama sekali.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simpel, Anda hanya perlu meng-install ulang driver audio laptop. Karena kemungkinan, masalah driver audio tadi akan hilang, dan suara laptop akan muncul lagi.

Dan jangan lupa pula, pastikan driver yang Anda install ulang tersebut sudah sesuai agar tidak terjadi crash.

2. Reinstall Driver Audio Bawaan Windows

Bagi Anda yang menggunakan laptop, tetapi tidak ada driver audio-nya, maka sudah pasti Anda tidak bisa mengikuti langkah pertama sebelumnya. Untuk itu, cara selanjutnya adalah, Anda bisa melakukan re-install driver audio pada laptop.

Driver yang dimaksud di sini adalah driver yang otomatis terinstall pada Device Manager di Windows, yang mendeteksi otomatis speaker pada laptop, bahkan mic. Caranya :

  • Klik Start, lalu masuk ke Device Manager. Atau klik Start pada kotak Search, masukkan Device Manager.
  • Buka Sub kategori Sounds, Video, and Game Controllers.
  • Klik kanan audio yang terinstall, kemudian klik Update Driver Software.
  • Setelah itu, ikuti petunjuk peng-installannya.

Apabila suara pada laptop masih belum terdengar juga, maka Anda bisa menggunakan cara berikut ini :

  • Buka Device Manager.
  • Masih di sub kategori yang sama, pilih Audio yang terinstall, lalu klik kanan Audio tersebut.
  • Kemudian klik Uninstall.

Selanjutnya, Anda bisa ikuti petunjuk Uninstall sampai selesai. Kemudian restart laptop, maka otomatis Windows akan melakukan peng-installan ulang atau re-installing driver.

3. Periksa Setting Speaker

Pastikan kondisi speaker pada laptop Anda tidak dalam kondisi Mute. Untuk mengeceknya, Anda bisa melihat shortcut yang ada di bagian kanan taskbar Windows. Atau untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihatnya melalui Setting Sound pada Control Panel.

Berikut cara mengatasi suara di laptop yang tidak keluar melalui pengaturan Mute pada Control Panel :

  • Buka Control Panel.
  • Buka Hardware And Sound.
  • Lalu klik Sound. Di sini, silakan Anda atur secara lengkap seluruh device audio-nya.

4. Mengganti Posisi Default Pada Speaker

Di langkah ini, berfungsi jika Anda tidak sengaja mengganti posisi Default pada audio, tetapi lupa mengembalikannya ke posisi awal. Caranya :

  • Masuk ke Hardware and Sound > Sound.
  • Kemudian klik kanan speaker yang digunakan.
  • Lalu klik Set As Default Device untuk mengaktifkan speaker.

Namun, pastikan juga laptop Anda tidak ada headset yang dalam posisi tersambung. Karena secara default, maka laptop akan me-mute speaker ketika headset dicolok.

5. Pastikan Speaker Tidak Terdisable

Masih di bagian yang sama, yakni Hardware and Sound > Sound. Di setting-an ini, ada satu pengaturan yang bernama Disable Speaker, yaitu apabila pengaturan ini aktif, maka speaker laptop tidak akan mengeluarkan suara, dan deteksi speaker otomatis juga menghilang.

Nah, untuk mengembalikan suara yang hilang sangat mudah. Caranya :

  • Anda hanya perlu klik kanan pada speaker laptop Anda.
  • Kemudian klik Show Disable Device.
  • Lalu Enable speaker yang ter-disable tadi.

Mungkin terlihat sepele, tetapi jangan lupa untuk mengeceknya kembali. Karena kadang posisi default speaker ini juga bisa berubah tanpa disengaja. Cara ini juga biasa digunakan untuk memperbaiki suara laptop yang hilang di Windows 7.

6. Jalankan Troubleshoot Audio

Ketika ada suatu masalah di sistem Windows laptop, maka salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah menjalankan Trouble Shooter. Melalui fitur ini, maka Windows akan mendeteksi sekaligus memperbaiki secara otomatis audio yang bermasalah. Caranya :

  • Buka Settings, lalu masuk ke menu System.
  • Pilih Sounds, lalu klik tombol Troubleshoot.
  • Tunggu prosesnya beberapa saat. Lalu pilih Speaker yang ingin Anda perbaiki.
  • Tunggu sampai Windows selesai melakukan perbaikan secara otomatis.

7. Update Windows

Melakukan update Windows punya banyak keuntungan. Selain mendapatkan fitur baru, dengan cara ini pula Anda dapat memperbaiki masalah tertentu. Salah satunya, suara laptop yang tidak bisa keluar. Caranya :

  • Ketik Windows Update pada kolom pencarian Windows.
  • Klik menu Check for Updates.
  • Tunggu prosesnya, dan lakukan update kalau tersedia.

8. Bawa Laptop Ke Toko Reparasi atau Tempat Service

Lalu, bagaimana kalau speaker internal laptop masih tetap rusak? Nah, solusinya mau tidak mau laptop Anda harus dibawa ke toko reparasi laptop atau tempat service untuk diperbaiki. Kerusakan komponen ini bisa terdapat pada speaker atau komponen Audio Card di motherboard.

Untuk perbaikannya, akan diganti komponen audio atau speaker internal-nya. Soal biaya, tergantung dari tipe laptop Anda.

Itulah cara mengatasi masalah pada suara laptop yang tidak keluar sama sekali. Nah, di Jakarta kini telah hadir Wefixit Service Center. Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri untuk melakukan service laptop.

Kami mengerti bahwa laptop Anda merupakan salah satu barang vital yang diperlukan bagi kehidupan bisnis atau keseharian Anda.

Ada beberapa kelebihan dari Wefixit Service Center. Beberapa kelebihan tersebut adalah :

  • Ramah

Dari salah satu review yang diberikan konsumen service center, diketahui bahwa Wefixit Service Center memiliki tim yang baik. Setiap konsumen merasa puas karena layanan yang kami diberikan cukup ramah. Saat tiba di service center, konsumen akan dilayani dengan ramah. Dimulai dengan pertanyaan terkait kerusakan, hingga akhirnya informasi tentang perbaikan produk lainnya.

  • Cepat

Berbeda dengan layanan brand lain, Wefixit Service Center memiliki layanan yang cepat. Kerusakan produk pun akan diselesaikan dalam waktu cepat, dan akan diselesaikan dalam waktu seminggu.

  • Teknisi Handal

Apakah Anda masih tidak yakin dengan service center Wefixit Service Center? Hilangkan keraguan tersebut. Karena kami telah melakukan seleksi maksimal untuk setiap teknisinya. Di sisi lain, kami juga melakukan pelatihan pada setiap teknisi, sehingga teknisi yang melakukan perbaikan sudah dipastikan teknisi handal.

  • Fasilitas Memadai

Untuk menjaga kenyamanan konsumen, kami berupaya menjaga fasilitas service center. Untuk itu, pada service center kami, diupayakan untuk menjaga kenyamanan ruangan. Sedangkan selama di masa pandemi, service center kami akan ditambahkan dengan handsanitizer dan pengecekan suhu, sesuai protokol kesehatan anjuran pemerintah.

Kelebihan-kelebihan inilah yang membuat konsumen merasa nyaman ketika menggunakan jasa Wefixit Service Center dibanding yang lainnya.

Hal ini semakin dilengkapi dengan adanya fitur dan layanan khusus yang dimiliki Wefixit Service Center, yaitu pick-up service selama 24 jam. Fitur ini dihadirkan untuk membantu Anda yang berada jauh dari lokasi kami, sehingga dapat melakukan perbaikan dengan mudah.

Namun, untuk dapat menggunakan fitur pick-up service ini, Anda harus melakukan panggilan ke 081290085435.

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!

Jadi, tunggu apal lagi? Segera konsultasikan masalah laptop Anda pada kami di nomor telepon Customer Service kami di atas sekarang juga. Promo hingga 10% khusus hari ini!

      Wefixit
      Register New Account
      Reset Password